Three Concerts in a Week? Are You Insane??

May 14, 2024

Baru pertama kalinya gue begini seumur-umur, dalam kurun waktu seminggu gue nonton konser 3 kali 😅 Jarak nonton konser paling dekat sebelum ini adalah tahun lalu dimana gue nonton Boys Like Girls di Bandung terus minggu depannya ke Bali nonton Joyland. Lah ini cuma berbeda hari. Maafkan hamba Ya Allah 🙏🏻

All Time Low

Konser pertama adalah All Time Low (ATL) di hari Selasa, 30 April 2024. Merupakan konser band (bukan festival) pertama yang gue tonton lagi setelah sekian lama, terakhir konser band yang gue nonton itu Incubus di tahun 2018. Gue nonton bertiga sama temen SD dan temennya temen gue, jadi total bertiga. Karena venue-nya dikelilingi perkantoran (Tennis Indoor Senayan) dan itu hari kerja, jadi yang dateng banyak yang masih pake baju kerja. Gue sampe liat mas-mas pake pantofel 🤣 Temen yang bareng gue aja baru kelar interview jadi bajunya formal sekali. Lucu banget crowdnya sangat beragam kemarin. Satu hal yang bikin gue kaget adalah, gue nggak expect bakal sebanyak itu yang nonton. di page Instagram promotornya ditulis kalau festival hampir soldout. Gue kira akal-akalan buyung aja, taunya pas dateng emang hampir penuh sampai belakang. Begitu pun tribun. Mungkin banyak juga yang last minute kali ya, galau dateng apa nggak, yaudah deh akhirnya dateng walaupun gue liat di tribun pas setengah set baru pada dateng. 

Balik lagi ke penonton yang beragam, ATL ini termasuk band yang sukses merambah ke generasi setelah gue. Masih banyak penonton yang kuliahan ternyata sampe bapak-bapak umur 40an. Karena gue liat di front row kayaknya penontonnya seumuran gue atau bahkan di atas gue hehehe. ATL juga salah satu band yang konsisten menurut gue secara sound, terus mereka collab juga sama artis/band baru kayak Pale Waves supaya tetep relevan. Oh iya, terus jumlah penonton cewek dan cowok tuh seimbang, gue kira bakal lebih banyak cewek. Soalnya pas jaman gue SMA, kebanyakan yang suka ya gue sama temen-temen cewek gue. Mungkin ada hubungannya sama lagu-lagu mereka yang ada di FIFA dulu. 

Secara performance cukup memuaskan walaupun Time Bomb sama Remembering Sunday nggak dimainin 😞 (tapi tetep bersyukur karena di Singapore mereka cancel gara-gara Alex keracunan makanan). Ini yang gue lupa kalau nonton band non-festival, aside for the abundance of songs, is the intimacy. Mereka terus-terusan nyapa penonton, terus ada omongannya Alex yang intinya grateful mereka bisa konser kesini lagi yang memang terdengar tulus (trust me I can smell bullsh*t like a hound dog). Biasanya mah kan artis ngomong begitu karena lip service aje, tapi ini nggak. I can feel his sincerity. Terus yang gue takjub adalah suaranya Alex bagus banget, stabil dan terdengar mature. Karena biasanya band pop-punk tuh di rekaman sama live beda banget, ini malah bagusan live-nya. 

Salah satu alasan gue tetep mau nonton All Time Low adalah karena gue suka banget chemistry-nya Jack sama Alex. Dulu karena gue insom, gue sering dengerin siarannya mereka di Idobi Radio. They're such good MCs, terbukti waktu itu mereka jadi host Alternative Press Music Awards beberapa kali. Kalau disini kayak Vincent Desta kali ya. Pokoknya gue puas kemarin, yang kurang cuma big screen-nya yang mati-mati mulu sama kualitasnya kurang jernih.


Hammersonic 2024

Moving on to another concert yang adalah Hammersonic (HS). Tadinya gue nggak mau nonton walaupun gue nge-warin buat temen gue karena nggak ada artis atau band yang gue suka. Sebenernya ada We The Kings cuma sori banget WTK tidak worth untuk harga tiket yang segitu. Tapi gue goyah karena ada A Day to Remember. Mereka sebenernya sempet kesini waktu tahun 2012 dan belum sebesar sekarang. Tapi entah kenapa gue males nonton mereka waktu itu, lupa alesannya kenapa. Ya sudahlah gue akhirnya beli tiketnya dan habislah THR gue 🫠 Karena menjelang pengumuman ADTR itu gue lagi cukup sering dengerin mereka, jadi seperti manifesting. 

Tahun ini merupakan Hammersonic pertama gue dan mungkin juga bagi sebagian orang karena lineupnya sekarang campur sama emo dan hardcore. Hal ini menyebabkan perdebatan juga bagi orang-orang yang udah pernah atau beberapa kali ke HS. Gue nebak aja sih dari sisi bisnis Ravel ini pengen menggaet penonton lebih luas lagi karena nggak semua orang suka sama metal termasuk gue, jadi mereka ngambil band dari genre lain cuma tetep di dalam koridor musik rock. Senengnya adalah, last minute Saosin masuk ke lineup menggantikan Alesana, tentu ini adalah anugerah buat saya 🙌🏻 

Banyak banget yang mau gue tulis soal HS ini sebagai penonton perdana. Yang pertama adalah soal layout venuenya. Gue tahun 2022 kan dateng ke Soundrenaline, acaranya Ravel juga. Bedanya venue Soundrenaline lebih luas (Ecopark Ancol), beda banget sama HS (Pantai Carnaval) ini yang terkesan packed walaupun nggak yang sempit juga sih cuma rada sumpek aja rasanya. Terus soundnya juga kureng, masa We The Kings suaranya sember, pas ADTR juga sedikit. Hal lainnya adalah toilet cowok yang kurang banget. Gue bingung kan tadinya ini pada ngantri apaan, taunya ngantri toilet. Gue kayak punya fast-track dufan karena toilet cewek kosong 🤣 Dan yang paling disayangkan adalah BANYAK COPET. Puluhan, bahkan ratusan orang pada kehilangan barang berharganya kayak handphone, dompet, tas, dan lain-lainnya. Adik gue juga jadi korban, kamera digital peninggalan bapak gue juga diambil, walaupun kebanyakan foto udah di-backup, tapi tetep aja sedih karena itu kenang-kenangan dari bokap jadinya priceless. Yah cuma yaudah emang udah bukan milik gue dan adik gue lagi kali. 

Komplen gue sih itu doang kayaknya, sisanya aman-aman aja. Gue suka karena pembayaran booth F&B nggak harus pakai QRIS, masih bisa pake utun alias uang tunai. Terus kalau cewek mau nonton sendiri ke HS juga aman banget. Gue baca di Instagram banyak perempuan yang moshing terus dijagain sama cowok-cowok lainnya. Katanya penontonnya kefilter sama harga tiketnya hehe ya bisa jadi ya. Emang kita semua cuma pure mau nonton konser doang (kecuali para copet 👊🏻😤). 

Untuk performersnya, jujur gue cuma mau nonton tiga: We The Kings, Saosin, dan A Day to Remember. We The Kings main jam 4 sore pas lagi panas-panasnya, kasian liat Travis Clark sampe merah semerah newborn baby. Mana katanya kipas di bagian dia mati 😅 Terus pas sebelum Saosin main, ada kejadian kocak. Karena gue bilang tadi jarak dari satu panggung ke panggung lainnya lumayan deket, otomatis harus nunggu performer sebelumnya selesai. Di panggung Magnum ada Yngwie Malmsteen yang manggung nggak kelar-kelar. Gue yang berdiri di deket FOH liat kru-nya Saosin nge-fakyu-in panggung itu 🤣🤣 Ya gimana nggak bete, Saosin seharusnya tampil jam 20.55 tapi baru main sekitar 21.18. Mereka cuma bawa 6 atau 7 lagu, nggak sampe sepuluh, Nggak tau gara-gara kejadian ini apa emang mereka mainin lagunya cuma segitu. Tapi kalau dipikir-pikir apes mulu Saosin mau main di Jakarta. Waktu itu batal 2 kali, terus yang ini mainnya telat hadeh gue bilang mah konser sendiri aja lah. Untuk A Day to Remember sendiri fun-fun aja sih tidak ada komplenan sama sekali walaupun ada yang bilang performancenya mereka "textbook", Gue tonton lagi iya juga ya nggak ada yang special hehe cuma ya gapapa lah daripada nggak sama sekali. 

Yang gue sedih adalah ternyata hari kedua, di booth Magnum tuh Saosin ngadain signing, tapi gue telat dateng karena ketiduran. Terus malemnya si Cove Reber muter-muter venue sambil sekalian nonton Suicide Silence dan As I Lay Dying, tapi gue sama sekali nggak ketemu padahal gue di sekitaran situ juga. Belum rejeki aja mungkin 🥲

Sebenernya gue ke HS ini sedang dalam keadaan yang tidak baik-baik saja jadi nonton konser tidak terlalu terasa spesial. Tapi gue kayak ditampar pas baca komen-komen orang. Banyak dari mereka yang bilang kalau ke HS itu merupakan salah satu mimpi mereka. Banyak juga yang dateng dari luar kota atau harus nabung berbulan-bulan dulu. Jadi lagi-lagi gue harus bersyukur masih dikasih kesempatan untuk nonton HS dengan lancar.

Satu hal lagi, gue gedeg sama yang komen "taro itu hapenya" "kayak nonton wayang, diem aja" "mana moshingnya" kayak wei ini bukan taun 2004 ya. Pasti lah sekarang mau nonton konser apapun bakal ada yang ngerekam, kecuali emang ada regulasi atau peraturan dari artisnya yang ngelarang. So, who are you to tell me what to do 😤 Gue nggak ngerti sih orang-orang yang komen tuh pada trolling apa nggak, tapi gue tetep kepancing emosi juga huft. 

Again, sorry for the lack of pictures karena gue nggak ada niatan untuk nulis blog sebenernya hehe.


Photo Source:

All Time Low

Hammersonic

Pribadi


You Might Also Like

0 comments