Masa ke Semasa Piknik 2024

June 01, 2024


  • Bakso Goreng Bogi - food market A
  • Alive Jewelry 
  • Acaii Tea : brulee - food market A
  • Macanria: soya - food market B
  • Seroja: bread - food market C
  • Mamilana Kitchen: chili noodle - food market C  
  • Tasogan: photobox gambar
  • Numami: onigiri - food market B
  • Bogana: nasi daun - food market C
  • Futago: food market A
  • RM Fariz: food market  B

Di atas adalah list makanan atau booth yang mau gue kunjungi di Semasa. Did I get to all of them? Let's find out.


Sebelum gue cerita, buat yang belum tau, Semasa adalah creative market berisi ratusan UMKM lokal yang jualan parfum, baju, pernak-pernik, perhiasan, kopi, dan pastinya F&B. Mereka biasanya ngadain 2 kali event dalam setahun, tapi belum tentu juga. Untuk lebih lengkapnya bisa cek IG mereka @semasa_di.

Untuk kali ini adalah acara annual mereka yang paling rame: Semasa Piknik. Diadakan dari tanggal 31 Mei sampai 2 Juni 2024, pukul 10 pagi sampe 8 malam di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Masuknya FREE!

Sebelumnya gue pernah dateng acara Semasa pas tahun 2022 di bulan puasa dan IDEAFEST 2023 di Jakarta Convention Center. 

Salah satu yang bikin event ini unik adalah konsep pikniknya sendiri. Mereka udah nyediain tikar piknik, meja kecil, bahkan bean bag. Terbatas yaa jadi harus dulu-duluan sama orang.  


Sebelumnya gue minta maaf dengan kurangnya foto-foto wkwkw karena lagi haid hari kedua ditambah cuaca yang panas banget bikin pala pusing dan pengen cepet-cepet neduh di bawah pohon aja bawaannya. At one point gue bahkan ngerasa hampir mau pingsan.

Gue kesana bareng nyokap sama temen kantornya. Karena Semasa Piknik ini free entry, gue memutuskan untuk ambil cuti di hari Jum'at. Berdasarkan pengalaman, pasti weekend bakal rame banget (dan berdasarkan komen orang-orang, tahun ini jauh lebih rame daripada tahun kemarin).

Gue sampai sana sekitar pukul 10 lewat, yang gue datengin pastinya tenant makanan dulu karena emang gue pengen nyobain banyak makanan dibanding ke tenant barang heheh.


Sayangnya pas gue dateng kesana, masih cukup banyak booth F&B yang belum siap. Untungnya gue menemukan  Futago yang sudah ready. Futago ini restoran Jepang di Blok M, cuma setiap gue ke sana selalu ngantri, eh malah nyoba di sini. Tapi di Semasa ini mereka cuma siapin menu onigiri sama gorengan. Gue pesen paket onigiri yang isinya telur barendo ala Padang, gorengan ayam, udang, dan dipping sauce tamago seharga Rp58.000. Enak kok buat ganjel perut atau snacking. 



Ada salah satu minuman yang mau gue coba yaitu Macanria, campuran susu kedelai sama teh yang packaging-nya eye-catching. Cuma pas gue sampe gue belum nemu mereka ada dimana, eh pas lagi nunggu Futago, ada mas-mas lagi minum Macanria, ya udah gue tanya aja dan menuju ke sana. Kata masnya disuruh buruan karena ngantri banget. Alhamdulillah pas gue sampe booth cuma ada dua orang di depan gue mungkin karena masih pagi. Gue pesen Earl Grey yang direkomendasiin sama penjualnya. Surprisingly gue suka! Nggak terlalu manis terus susu kedelainya nggak ganggu karena jujur gue kurang suka soya. Untuk harga Rp35.000 ini terbilang worth-to-buy euy. Cuma emang bener, nggak lama gue beli antriannya makin panjang dan nggak abis-abis. Satu nice touch dari tenant Macanria ini, mereka nyediain payung buat orang yang ngantri karena cuaca yang blazing hawt 🔥


Nyokap gue tadinya pengen beli mie ayam, cuma gue sneakily suggest untuk beli nasi aja yaitu RM Fariz. Satu karena lebih ngenyangin, dua karena gue emang pengen nyobain wkwkw. RM Fariz ini bisa dibilang adeknya Warpopski (yang akhirnya pernah gue cobain waktu ke Joyland Jakarta, bukan ke Tebet). Menu mereka semuanya nasi dan makanan Indonesia, ada Lidah / Ayam / Cumi Saus Madura dan Lidah / Ayam / Cumi Semur. Pas gue mau beli untungnya nggak ada yang ngantri sama sekali dan gue memutuskan untuk milih Ayam Semur karena terbilang aman buat nyokap. Ayamnya itu dipotong dadu plus ada tambahan pangsit kecil-kecil kayak buat mie ayam. Overall semurnya berasa rempah-rempahnya dan pastinya ngenyangin karena nasi. Sebenernya RM Fariz ini letaknya nggak jauh dari rumah gue, tapi gue mager aja kalau kesana sendirian hehe. Gapapa lah mumpung di sini sekalian nyoba.



Setelah makan, gue memutuskan untuk keliling liat creative marketnya. Nyokap dan temennya stay duduk di tiker yang gue bawa, piknik di bawah pohon. 



Sebenernya gue menemukan barang-barang yang gue cari di list kayak Tasogan dan Alive Jewelry. Tasogan sendiri adalah jasa gambar ilustrasi by hand tapi tema-nya photobooth, super lucu tapi pas gue kesana kayaknya batch pertama udah penuh dan gue nggak kuat sama panasnya jadi gue cuma ngelewatin aja malah sampe lupa foto hehe. Nah untuk Alive Jewelry gue sempet liat-liat juga, entah kenapa gue suka sama design produk-produk mereka karena terbuat dari campuran logam sama limbah kayu. Tapi setelah gue pikir-pikir belum butuh-butuh amat hehe again, maybe next yaa.   




Gue malah beli tas kecil dari Hibi di pile defect seharga Rp100.000 karena model dan warnanya lucu dan karena cici yang jaga boothnya baik, enerjik, serta ceria 🤸🏻‍♀. Terus gue beli sticker, pembatas buku, dan kartu ucapan dari salah satu ilustrator favorit gue Sherchle, total 60 ribuan kalau ga salah, ini juga karena udah menahan diri 🙏🏻.



Untuk makanan lainnya di list, beberapa gue liat kayak Acaii Tea, Mamilana Kitchen, sama Bakso Goreng Bogi. Sisanya gue nggak liat sama sekali. Dan nggak berniat untuk nyari juga karena badan yang lagi nggak fit ditambah cuaca yang panas (berapa kali gue ngomong panas ya 🤣 tapi memang iya). Kayaknya ketiga makanan itu masih possible untuk gue samperin kapan-kapan.  




Yang agak susah untuk disamperin adalah Seroja Bake, makanan terakhir yang gue beli buat dibawa pulang. Bakery asal Bandung yang katanya ngantri terus ini punya menu khusus buat di Semasa, gue beli madeline jeruk, bolu kukus, brownies ketan, donat-donat kecil, sama sagumisu (sagu tiramisu). Yang kecil-kecil itu harganya @ Rp6.000 sedangkan sagumisu Rp45.000 per kotak. Seroja Bake ini gluten-free karena pake tepung singkong. 




Udah deh abis itu jam 2 gue pulang karena semakin rame dan menghindari macet.

Salah satu alesan gue dateng ke Semasa (selain emang suka dateng ke event kayak gini) adalah gue bisa tau brand-brand lokal yang bisa dijadiin rekomendasi kalau nyari kado buat keluarga atau temen plus itung-itung bantu UMKM juga kaan.

Tips dateng ke Semasa Piknik:

  • Kalau emang mau niat, lebih baik datang di hari Jum'atnya karena tidak seramai weekend
  • Bikin list tenant / booth yang mau didatengin, bisa dilihat di Instagram Semasa. Why? Karena siang tuh panas banget jadi biar menghemat waktu 
  • Bawa kipas, kacamata hitam, dan topi 
  • Wear something comfy dan adem, sayang kalau udah fashun tapi gobyos keringetan
  • Meskipun disediain tiker, tapi bawa sendiri aja jaga-jaga nggak kebagian. Pun begitu, masih banyak tempat lain buat duduk kok
  • Ini personal sebenernya, bawa uang minimal Rp200.000 kalau mau nyobain beberapa makanan dan belanja sedikit printilan.


Sumber foto:

Semasa Map: https://www.instagram.com/p/C7f8qMLPqfh/?img_index=1

Semasa: https://www.instagram.com/p/C7eHE2jP58S/?img_index=1

Area Piknik: https://www.instagram.com/p/C7n1X6lvUL8/?img_index=1

RM Fariz: https://www.instagram.com/p/C6-821ty08F/?img_index=1

Tasogan: https://www.instagram.com/p/C7Q14UGy0Hl/?img_index=3

Alive Jewelry: https://www.instagram.com/p/CjsNlADP2sw/

Acaii Tea: https://www.instagram.com/p/C7i_5QIvm1x/?img_index=3

Mami Lana Kitchen: https://www.instagram.com/p/C7Ls93nvUL3/

Bakso Goreng Bogi: https://www.instagram.com/p/C7buMxRJjkO/


You Might Also Like

0 comments