Pengalaman Ikut Emo Night Jakarta

April 07, 2019


Ceritanya Sabtu tanggal 30 Maret kemarin gue ikut Emo Night untuk yang kedua kalinya.

Apa itu Emo Night? Pada dasarnya ini adalah acara di mana orang-orang berkumpul, bersenang-senang, bernyanyi, dan mendengarkan lagu-lagu semacam alternatif, punk, pop-punk, screamo, dan emo tentunya yang muncul di awal hingga pertengahan tahun 2000an. 

Gue nggak tau persis awal mulanya gimana, tapi kayaknya, kayaknya loh yaaa (males bet Google mon maap) dimulai di Los Angeles Amerika Serikat. Tapi kalo di sana bener-bener ngundang musisinya, macem Mark Hoppus sampe Post Malone.

Sebenernya keinginan gue untuk ikutan Emo Night ini timbul akibat kurangnya konser-konser band ciamik di Indonesia. Terus nggak sengaja liat Instagram eh ada Emo Night di Jakarta, yaudah gue telusuri lah itu. Ternyata yang ngadain nama EO-nya adalah Crowd Surfers. Gue awalnya ngajak ade gue buat ikut, tapi entah kenapa malah gue yang skeptis buat dateng, udah suudzon duluan mikir “ini acara apa sih?” atau “ah ntar orang-orangnya sok asik lagi.” Akhirnya ade gue duluan yang ikutan bareng temen-temennya dan kata dia seru banget.

Kenapa gue nulis ini pas pengalaman kedua dateng ke Emo Night bukannya yang pertama kali? Karena yang pas pertama kali gue lagi bad mood parah plus migren. Alhasil gue cuma diri di pojokan dan nggak pindah-pindah tempat selama hampir 3 jam. Ade gue mah seneng-seneng aja karena bareng temennya. Mungkin kali ini gue beneran have fun karena bareng temen-temen gue juga kali yaa.

Aku bersama adik dan teman-temanku
Kalo Crowd Surfers biasanya ngadain Emo Night di Miss Qi Panglima Polim dengan tiket dijual seharga Rp 50.000. Mereka di IG juga nawarin untuk book table di sana, tapi terbatas karena tempatnya emang rada sempit. Gue nyampe tempat sekitar jam 9an dan belum mulai. Baru ada band yang bawain lagu cover atau lagu mereka sendiri. Sekitar jam setengah 10 acara utama baru dimulai.

Ada yang bilang Emo Night itu hanyalah memutar playlist  di Spotify. Yaa bener juga kalo dipikir-pikir, paling cuma ada “DJ” yang memutar lagu-lagu di depan panggung. Tapi biasanya disediain beberapa mikrofon dan penonton bebas untuk nyanyi sambil megang mikrofon tersebut. Kalo kata pacar temen gue yang ikutan, mendingan ke sini daripada clubbing. Lagi-lagi bener juga karena konsepnya sebenernya sama.  Lo dateng, mesen minum, dan hang-out bareng temen-temen. Bedanya (selain di playlist tentunya) adalah kalo Emo Night nggak perlu dandan cakep-cakep kayak mau ngelenong (kalo dandan juga nggak masalah), lebih santai, bisa moshing, dan nggak perlu jaim. Tapi sejujurnya gue pun nggak tau-tau amat karena nggak pernah clubbing huehehe.

Emo Night kemarin mengusung tema My Chemical Romance dan yang dateng cukup banyak sampe tempatnya nggak muat dan harus dempet-dempetan. Lumayan juga karena hampir semua single MCR diputer. Temen-temen gue juga gue komporin buat dateng karena tema-nya MCR. Yang kocak adalah ada satu mas-mas setiap lagu MCR menggema, dia kelihatan khusyuk banget. Bahkan pas ‘I Don’t Love You’ dia sampe menitikkan air mata dan dipeluk temennya. Gue yang berdiri nggak jauh dari itu orang berusaha nggak liat supaya nggak ketawa 🤣.


Tapi gue senengnya acara kayak gini orang-orang pada cuek aja berekspresi. Dan crowd-nya juga macem-macem. Ada yang masih SMA sampe kerja. Masing-masing punya cara sendiri saat lagu favorit diputar.  Walaupun ada juga yang diem aja dan duduk cantik, ya nda apa-apa.

Alhasil temen gue sampe nggak mau pulang dan temen gue yang satu lagi bilang dia ngerasa ke-recharge abis dateng ke Emo Night. Kalo buat gue sendiri yang pada dasarnya doyan karaoke, ya rasanya kayak karaoke massal ditambah moshing aja.


Untungnya Emo Night ini cuma diadain setiap satu bulan sekali dan emang lebih baik begitu. Menurut gue, kalo keseringan juga orang-orang bakal bosen (tapi Crowd Surfers bulan ini ngadain lagi setelah 2 minggu). Secara kan lagu-lagu yang dimainin paling itu-itu aja.

Sebenernya ada beberapa keluhan dari gue. Pertama di depan/panggung nggak ada apa-apaan, nggak ada layar atau semacamnya, seenggaknya buat nayangin video atau lirik. Padahal yang Emo Night pertama kali gue datengin ada layarnya, tapi itu karena ada sponsor dari perusahaan rokok kali ya (yang beli tiket juga dikasih opsi mau bir atau soft drink). Terus kemarin audionya mati-mati terus, ada kali sampe 5 kali. Kan kesel yak lagi nyanyik enak-enak eh terus ditengah-tengah lagunya mati. Sungguh kentank.


Kemungkinan gue akan terus dateng ke Emo Night sampe bosen dan gue akan dateng ke Emo Night yang diadain sama beberapa EO lain. Pengen tau aja perbedaannya sih, plus kan walaupun genre dan tema sama, di setiap tempat pasti suasananya beda.

Saran gue, bagi yang mau ikut Emo Nght tapi masih ragu, ya dateng aja. Hilangkan rasa skeptismu! Tapi emang paling seru ya bareng temen, tapi kalo Anda tipikal yang bodo amat dan pede dateng sendiri, itu lebih bagus lagi. Jadi bagaimanapun juga, selamat bersenang-senang!


Sumber Foto & Video:
Poster Emo Night: Instagram Crowd Surfers
Bersama Adik & Teman: Facebook Crowd Surfers
Video: Pribadi

You Might Also Like

4 comments