Akhirnya Nonton Konser Lagi, Bagian Kedua

November 06, 2016




DEAAAAA INI UDAH BULAN NOVEMBEEEEER NGAPAIN NULIS POST KONSER YANG DITONTON BULAN AGUSTUS HAAAAAAAAA???

Yah begitulah yang ada di otak gue sekarang, nulis post kok yha telat berbulan-bulan lebih. Sambil ditemenin lagu-lagu dari Something Corporate, gue akan "mencoba" menulis tentang pengalaman nonton We The Fest 2016 pas tanggal 14 Agustus kemaren (tetep ini dongo loh).

Pertama-tama gue mau minta maaf kalo nggak bakal ada foto atawa dokumentasi konser-konser di sana. Pertama, gue males, kedua hape gue jelek banget. Ya gue ngaku, alasan kedua yang paling utama. Dokumentasi sih ada tapi nggak layak. Ha ha.

Baeklah langsung saja. Di WTF itu panggungnya terbagi tiga: Another Stage, This Stage is...B.A.N.A.N.AS, dan WTF Stage.

Hari Pertama 

Di Another Stage itu nampilin musisi-musisi indie Indonesia, kalau This Stage is...B.A.N.A.N.AS hmm apa ya lebih ke campursari, ada yang dari luar dan dalam negeri terus genre-nya juga macem-macem. Nah, kalo WTF Stage itu panggung utamanya yang nampilin headliners atau artis utama.

Hari Kedua

Sebenernya gue.. hmm duh gimana ya agak suka dan nggak suka sama festival musik. Sukanya tuh suasananya dan banyak yang mejik-mejik, kalau nggak sukanya jadi nggak konsen harus nonton artis yang mana.

Contohnya pas ngatri masuk, gue denger Kelompok Penerbang Roket lagi maen. Pas udah masuk venue, mereka masih on, pengen liat tapi ujan dan gue fokus mau beli ina-inu. Repot emang dasar emak-emak.

Loncat aja ke bagian konsernya karena cerita pengalaman udah gue tulis di part 1. Secara singkat gue sempet nonton Sheila on 7, asli gue lupa nyanyi lagu apaan aja mereka,  tapi yang jelas lagu terakhir itu Dan. Yang gue salut dari SO7 adalah musik mereka bisa masuk ke semua kalangan, alhasil hampir seluruh penonton nyanyi serempak. Keren lah pokoknya SO7, nggak ada tandingannya.

Abis kelar S07 saatnya Breakbot. Jujur awalnya gue nggak tau mereka tuh band apa, dari mana, dan genre-nya apaan. Yang paling kocak dan paling gue inget, penontonnya Breakbot tuh setengah-setengah: emang pengen nonton sama orang-orang yang nungguin The 1975 (termasuk saya dan adik). Jadi di sebelah gue ada yang tipsy joged-joged dan ada yang mukanya mengkeret kayak kismis kadaluarsa. Sedangkan gue? Gue hanya bisa melongo dan tepok tangan setiap lagu abis. Sekali-sekali ikutan joged karena kaki plus badan mulai pegel. 

Ternyata Breakbot itu adalah DJ dari Perancis, dan pas lagu terakhir gue baru ngeh kalo sering denger di radio. Gue belom pernah berada di tengah crowd dengan genre musik begini, dan di sebelah gue ada orang mabok bawa-bawa minuman yang hanya bisa dinikmati jika anda berumur 21 tahun ke atas, jadi gue agak norak dan terkesima liatnya. Dari perawakannya tu orang mungkin seumuran atau malah di bawah gue, tapi gayanya (maap) sok iye banget. Joged sana-sini sambil fist-pump ala Jersey Shore. Gue sama adik cuma bisa ketawa-tawa aja liatnya, ditambah lagi ada mas-mas di belakangnya ngeliatin juteeeeek banget. Sumpah muka mas-masnya beneran empet seakan pantatnya abis dicokot bencong. 

Lagu yang gue kenal ini doang, Breakbot ft Irfane - Baby I'm Yours

Waktu terasa berjalan lambat sekali, kaki gue udah mulai bawel pengen istirahat. Joged alay pun nggak membantu juga. Tapi akhirnya The Temper Trap mulai nongol di stage, horeee bisa liat bang Dougy Mandagi secara langsung. Bagi yang mungkin nggak familiar sama The Temper Trap, mereka itu band asal Australia dan vokalisnya si Dougy itu orang Indonesia asli Manado. Gue emang udah lama juga penasaran ama ni band dan Alhamdulillah ditaro barengan sama The 1975 harinya. Kebanyakan lagu yang mereka bawain emang dari album yang baru, wajar karena ini termasuk tur promo. Dari segi penampilan mereka cukup oke dan terbilang interaktif sama penonton, sayang penontonnya keseringan diam seribu bahasa. Untungnya penonton yang di belakang-belakang malah jauh lebih responsif daripada yang di depan. Ahem, lagi-lagi karena kebanyakan fans-nya The 1975. Oh iya sound mereka pas live juga nggak beda jauh sama di album, pertanda mereka adalah band yang tjempolan. Terbayar sudah rasa penasaranku.

JENG JENG saatnya tiba penampilan utama yang ditunggu-tunggu. Para kaum wanita mulai teriak-teriak beringas manggilin si Matty aka Matthew Healy yang jadi idola anak sekarang akibat pembawaannya yang penuh estetika (ehehe..). Ya Allaaah beneran di momen begini pinggang gue udah super encok, akibatnya mood gue nge-drop luar biasa. Gue juga jadi bingung sendiri, nonton konser kok bad mood.

Yaudah lah apa mau dikata masa gue pulang padahal acara utama baru dimulai. Gue fokus aja sama lampu kotak-kotak yang sarat akan estetika itu dan alhasil lumayan mengalihkan. Gue nggak cerita detail satu-satu tiap lagu penampilan mereka kayak gimana karena gue lupa hahahaha inilah akibatnya menunda nulis post sampe berbulan-bulan. Yang paling gue inget malah kenapa kok ini acaranya cepet banget nggak sampe 1 setengah jam apa malahan nggak sampe sejam?? Pokoknya singkat, padat, dan ringkas banget. Agak kecewa sih sebenernya soalnya gue nggak dapet feel nya, ibarat lo pengen boker, ke kamar mandi, boker, trus kelar sudah. Atau karena gue nggak segitu nge-fansnya? Gue masih bingung sampe sekarang. Karena jeda gue nonton konser itu emang udah lama sekitar 4 taunan, dan pas nonton lagi euforianya udah jauh berbeda. Bisa jadi karena mereka tampil di festival bukan konser tunggal jadinya yah begitu aje dah. Penampilan personil-personil The 1975 juga kayak orang kurang tidur, maklum emang mereka tur udah lama banget, mungkin jenuh dan jet lag.

Tapi walaupun begitu, We The Fest adalah salah satu festival terbaik di Indonesia menurut gue. Dari segi tema, pemilihan line-up, dan sound-nya profesional banget. Tapi nggak kuat crowd isinya anak-anak gaul semua ehehe. Mungkin gue akan dateng lagi taun depan kalau misalnya ada yang patut untuk ditonton. 

Sampai di sini untuk pengalaman nonton konser gue setelah bertahun-tahun lamanya. Semoga dalam waktu dekat ada band bagus yang dateng, atau nggak gue punya rejeki buat nonton konser di luar negeri. MARI SEMUANYA BERKATA AMIIIIIIIN.


Sumber Foto:
Line Up
The 1975

You Might Also Like

6 comments

  1. Bagaimana dengan jadwal konser bulan ini ya?
    thank

    ReplyDelete
    Replies
    1. konser di mana dulu nih :) kalau di lokal coba cek twitter.com/jakartaconcerts

      Delete
  2. bagi kontak ka, siapa tau mau nonton bareng hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. via twitter ajah ya hehe twitter.com/dijifortyel atau insta instagram.com/nuansa_denabila

      Delete