I'm Losing My Memory, Therefore I Go to The Museum

June 10, 2023

Tanggal 26 Mei 2023 kemarin gue memutuskan untuk cuti setengah hari dan pergi ke Museum Macan sendirian.

Back story, jadi seminggu sebelumnya gue ketemu sama salah satu temen untuk WFC (work from cafe). Setelah kerja, ya pastinya kita catch-up cerita tentang kehidupan masing-masing. Sampai di suatu titik dia nanya "Gimana pas pulang kampung, gimana Jogja?" terus gue bener-bener blank, sekosong itu pikiran gue, nggak inget ngapain aja padahal pulang kampung yah paling sebulanan yang lalu. Terus gue bilang sama dia, "Sumpah akhir-akhir ini gue sering lupa deh." Terus gue inget kalau waktu itu malah pernah mengalami kejadian yang lebih parah. Gue nggak inget sehari sebelumnya ngapain aja.

Sesungguhnya gue agak worry sama hal ini, but I always brushed it off. Pun abis gue balik dari WFC sama temen, gue nggak terlalu mikirin tentang kepikunan ini. Sampai pas malemnya temen gue ini ngirim link TikTok ini.

Yah inti yang gue bisa ambil adalah, seringnya kehilangan memori yang gue alami karena bagian otak gue yang dulu biasa dipakai untuk belajar sekarang menjadi mengecil dan tidak terlatih. Kenapa bisa kayak gini? Karena semakin tua kita pasti punya kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari demi kenyamanan. Dulu, pas kita masih sekolah atau kuliah, pasti kita "dipaksa" untuk belajar hal-hal baru sehingga bagian otak kita itu terus kepake. Sekarang karena udah kerja, ya ngapain gue melakukan hal-hal yang nggak mau gue lakuin, istilahnya begitu. Tapi ternyata ini tidak baik, ya akibatnya itu tadi jadi sering pikun karena otak kita nggak lagi di-challenge.

Maka dari itu, gue memutuskan untuk pergi ke Museum Macan untuk melihat instalasi Ghost Nets: Awakening the Drifting Giants. Pameran ini bekerjasama dengan Kedutaan Australian dan dibuat oleh Erub Arts. Karena lagi gratis dan gue tinggal book tiketnya dan dateng aja.

Satu hal lagi yang gue mau cerita adalah gue ke sana naik TransJakarta. Udah lama banget gue nggak naik TJ karena emang gue nggak suka naik bis, terutama yang ber-AC (emang norak) karena bikin mual dan pusing. Apalagi jalanan Jakarta yang macetnya afafafdsgfsgwjkhrkjabfkje bikin emosi. Cuma karena gue pergi juga siang jam 2, gue mikir pasti jalanan nggak terlalu padat dan yang naik nggak terlalu banyak.

Oke lah setelah menyelesaikan pekerjaan di pagi hari menjelang siang gue siap-siap untuk berangkat. Sebelumnya gue udah book tiket untuk dateng ke Museum Macan, tapi entah kenapa error terus. Pas ketiga kalinya baru masuk ke e-mail. Gue naik TJ di halte Lebak Bulus yang juga terintegrasi sama MRT lalu turun di halte Kebon Jeruk. Perjalanannya juga nggak terlalu lama kok, gue nyampe Lebak Bulus sekitar jam 3 kurang terus sampe di Kebon Jeruk jam setengah 4. Oiya, untuk pameran ini karena mungkin gratis jadinya jamnya dibagi tiga, gue pilih yang jam 4-6 sore. Karena masih setengah jam lagi, gue agak bingung juga mau ngapain. Alhasil ya duduk aja di halte TJ sambil main HP. Mana tempat duduk di halte kan yang dari metal ya, terus gue pake celana bahan gitu jadinya gue merosot terus wkwkwwk sungguh tidak nyaman. Sampai akhirnya gue pengen pipis dan mampir ke Indomaret deket situ. Tadinya gue mau naik ojol, tapi pas gue liat maps kok deket banget ini kalau naik motor, akhirnya ya gue memutuskan untuk jalan kaki dari Indomaret ke Museum Macan. Untungnya pedestriannya enak dan lebar, jadinya cukup nyaman.

Museum Macan terletak di gedung perkantoran. Gue sempet bingung dan akhirnya nanya ke satpam situ. Pas gue mau menuju ke sana, kesan gue adalah kok banyak banget eskalator 😆😆. Pas sampai, gue cuma disuruh scan tiket yang udah gue book. Gue cukup kaget karena lumayan banyak orang, padahal itu masih jam 4 sore. Tapi kebanyakan yang ke sana kayaknya anak kuliahan sih. Terus ternyata arena pameran yang mau gue lihat cuma sepetak gitu, kecil banget wkwkw. Mana rame pula. Akhirnya gue cuma liat-liat sebentar, ambil foto, dan baca deskripsi sebentar. Justru bagian yang paling menarik adalah tokonya, banyak barang-barang yang gemes banget. Kalau nggak gue tahan mungkin gue udah beli kali.

Karena gue udah selesai sekitar jam 4:40 sore, gue bingung dong mau ngapain. Mau eksplor daerah Jakarta Barat tapi gue nggak familiar dan sedikit anxious hehe, mau ke mall bosen banget. Akhirnya setelah cari-cari gue memutuskan untuk pergi ke Big Bad Wolf (BBW) di BSD. Tadinya gue mau pergi besoknya atau hari Sabtu cuma mungkin kalau besok gue mikir kayaknya bakal lebih hectic. Ya udah deh gue naik Maxim ke stasiun Tanah Abang, lalu naik kereta dan turun di stasiun Cisauk, lalu naik shuttle menuju depan ICE BSD.

Sampai sana ternyata masih banyak atribut konsernya SUGA tapi udah nggak terlalu rame karena gue sampe sana juga udah jam 7 malem. Yaudah lah gue muter-muter book window-shopping, walaupun jujur gue cuma bisa muter-muter sekitar 1.5 jam saja karena pinggang gue encok. Gue nggak nemu buku yang pengen banget gue beli, tapi malah beli kayak card game wkwk. Udah deh setelah makan batagor yang adem gue pulang. Gue dateng waktu itu pas hari pertama buka dan surprisingly nggak begitu rame.

Itu lah segelintir petualangan yang gue lakukan pada hari itu yang nggak adventure-adventure amat 😁