I Just Won My First Ticket War: Ghibli Orchestra Jakarta

August 13, 2023

I hate ticket war, but this was the only way for me to get it so I had to do it.

Flashback sedikit, waktu itu gue lagi ketemuan sama temen, terus dia ngasih info tentang Ghibli orchestra ini cuma emang udah lewat. Gue kayak yaaah kok gue nggak tau. Sampai akhirnya penyelenggaranya, TRUST Orchestra mengumumkan kalau bakal menyelenggarakan another Ghibli orchestra. Tentu saja saya tidak akan melewatkan kesempatan emas ini.

Ketika hari H war (8 Agustus jam 20:00), gue udah pasang alarm jam 19:30 in case gue masih kerja atau lupa. Gue tadinya ngajak beberapa temen tapi karena kebanyakan pada nggak bisa, gue mengajak adik dan dia juga excited. Jam 19:40an gue masuk ke kamar adik gue buat ngajak war bareng plus sebagai support juga karena gue orangnya panikan dan emang nggak suka banget ticket war kayak gini huhuuu. 

Selain stand-by buka link untuk ticketing, gue iseng-iseng buka Twitter juga dan search keyword  'Ghibli'. Nggak sengaja liat orang ngepost kok kayak ada antrian gitu padahal belum jam 8. Laman yang gue buka kok beda cuma deskripsi aja, oh ternyata untuk masuk ke web-nya harus di-klik lagi dan bener aja gue langsung masuk ke antrian. Kayaknya gue masuk sekitar jam 19:45-an hampir bersamaan bareng adik gue. Dia aja nggak ngeh kalau udah bisa masuk antrian dan bilang "Kayaknya orang-orang pada nggak tau deh ada queue ini" (this turned out to be true, banyak orang yang ngamuk karena masalah ini). Awalnya cuma nunggu belasan menit, terus pas udah jam 20:00 makin lama jadi sejam lebih karena traffic orang-orang juga baru pada masuk. Gue kayak yailah ini kebagian apa nggak 🗿. Tapi semakin lama durasi antriannya jadi berkurang, mungkin karena kita masuknya duluan. Sumpah kalau nggak buka Twitter gue nggak bakal tau juga kalau ada queue. Sekitar jam 20:30, di layar countdown mulai turun dan turun, dari 10 menit, 5 menit, 3 menit... Gue yang emang duduk di lantai langsung tengkurep karena gue deg-degan parah aseli kayak mau ulangan matematika. Ketika "less than a minute" terpampang di layar laptop dan handphone (oiya gue pake 2 device btw), gue sama adik teriak-teriak kayak orgil, Ya Allah deg-degannya itu loh. Dan nggak berapa lama masuk lah gue ke website.

Show mereka itu ada tiga: 9 September dua show dan 10 September satu show. Ketika masuk ternyata setiap kali gue klik ketiga show itu semuanya unavailable. Kata adik gue udah klik aja terus, kalau abis ya back, klik lagi, masih abis, back lagi, gitu aja ulang-ulang sampe gila. Sempet bisa pilih kuota tiket, eh pas mau pilih seat ternyata nggak ada satu pun yang available atau istilahnya nyala. Untuk seat ada 4 kategori, ranging from Rp200.000 - Rp1.125.000. Semua seatnya nggak ada yang nyala, bahkan yang 1 jutaan sekali pun. Gue sebenernya ngincer yang Rp200.000, cuma karena kejadiannya kayak gini yaudah nggak apa-apa yang mahalan dikit, Rp350.000. Sempet juga udah bisa dipilih seatnya ternyata orphan seat, yaitu nggak boleh nyisain 1 kursi. Contohnya kalau ada 3 seat yang nyala, harus beli 3 nggak boleh 2, karena bakal nyisain 1 seat. INI BERKALI-KALI KEJADIAN, tapi dari pihak penyelenggara nggak ada info apa-apa. Ketika lagi sibuk berjuang, adik gue teriak "ANJIR GUE DAPET" tapi dia panik soal pembayaran wkwk. Akhirnya dia yang lagi duduk di atas kasur turun nyamperin gue, gue yang udah mulai pasrah malah nggak panik sama sekali. Gue bisa dengan tenang nge-guide dia buat bayar, dan Alhamdulillahnya dapet walaupun cuma satu seat. Gue semakin pasrah dengan semua situasi ini, mana maag gue abis kambuh siangnya, banyak kerjaan, terus migren pula. Gue sampe nge-cancel janji pijet buat war ini. Dengan berat hati gue close semua tab baik di laptop dan handphone dengan sedih tapi tetap misuh-misuh. Tapi kata adik gue jangan nyerah dulu, seenggaknya sampe jam 9 malem lah. Tapi gue pikir kan gue udah close semua tab, apa nggak balik in line lagi? Eh ternyata nggak dong, langsung masuk ke websitenya. Ya gue ngikut aja apa kata adik karena dia lebih berpengalaman dalam per-war tiket-an. Tapi tetep aja, malah makin parah. Nggak ada sama sekali yang available. Ketika pukul 21:10 gue benar-benar menyerah 🏳🏳. 

Abis itu gue langsung ke Instagramnya TRUST Orchestra yang dibanjiri oleh keluhan (bahkan caci makian) di kolom komentar. Ini mah gue bukan menjilat ya, tapi dari awal gue emang menyalahkan jastiper dan calo yang bikin web jadi penuh. Dah lah gue nggak mau membahas mereka karena bikin emosi. Plus sistem BookMyShow yang emang kureng, tapi ya pasti ini kesalahan dari pihak penyelenggara juga baik sengaja atau nggak disengaja. Protes banyak orang adalah nggak ada info apa-apa kalau bisa masuk antrian sebelum jam 20:00, dari gue pribadi adalah sistem orphan seat tadi. Katanya dulu yang pas show pertama di bulan Mei, mereka pakai Loket.com. Entah kenapa berubah jadi BookMyShow. 

Tapi gue juga nggak sepenuhnya menyerah sih, karena yang tanggal 8 Agustus ini pre-sale khusus pembayaran menggunakan BCA. Yang general sale untuk umum tanggal 10 Agustus (which is my birthday!), jadi gue masih ada kesempatan. Lagian, adik gue bilang misalkan pas general sale ini gue nggak dapet, tiket dia buat gue aja (terhura 🥹). Mungkin dia tau kalau gue pengen banget ditambah emang gue kan lagi ulang tahun. Cuma karena gue nggak enak, gue bilang liat nanti atau gue berniat beli aja dari dia dan gue tambahin dikit dari harga asli (dia dapet yang Rp200.000). Mendengar itu gue agak lebih tenang.

Hari berikutnya karena gue hectic kerjaan akibat mau cuti jadinya segala kehebohan Ghibli orchestra ini agak sedikit terlupakan. 

Nah di tanggal 10 malem menjelang war, karena gue cuti dan lagi makan malem di luar sendirian, gue mencoba untuk mengisi perut dulu sebelumnya takut maag kambuh. Walaupun gue nggak tau ini sebenernya keputusan bijak atau nggak karena malah pengen pupita dan muntah bercampur jadi satu ketika momen war makin dekat, mana gue lagi di sendirian jadi yah tahan-tahan aja lah. Gue akhirnya ngechat adik gue buat support system supaya nggak stres. Yang tadinya gue kira temen gue nggak ada yang nonton, ternyata ada 2 orang mau nonton juga, satu temen kantor yang sekarang, satu lagi temen ex-kantor yang lama. Sama temen kantor yang sekarang, kita sampe nitip-nitipan, dia beli 3 tiket dan gue juga sama. Tapi sayangnya, yang tadinya satu orang bisa book 4 tiket, untuk war tanggal 10 jadinya cuma bisa 2 tiket aja. Kayaknya untuk mengurangi calo. So, in the end every man for himself ✊🏻. Sistemnya juga udah berubah, yang tadinya link bisa dibuka sebelum jam 20:00, sekarang nggak bisa. Begitu juga dengan sistem orphan seat yang hilang. Walaupun gue udah ngerasa cukup aman karena tawaran tiket dari adik gue, gue tetep mau coba berjuang sendiri, jadinya ya tetep deg-degan. Menjelang jam 20:00 gue stop makan-makan gue dan bolak-balik buka Chrome sama app BCA (biar gampang nggak usah masukin password dan langsung copas virtual account). Gue duduk udah nggak nyaman, goyang-goyang sendiri, menghela napas berkali-kali. Untungnya di sepanjang waktu war ini waiternya nggak nyamperin gue karena emang menu yang gue pesen udah keluar semua. Kalau sampe dia nyamperin pas lagi war, waduh takut emosi bisa-bisa gue selengkat abangnya. JAM MENUNJUKKAN TEPAT PUKUL 20:00. Tapi kok ini nggak bisa diklik ya link general sale-nya woy??! Jir gue yang udah geter sampe ke ginjal ini berusaha tetep napas dan pelan-pelan refresh dan klik. Setelah 3 kali, akhirnya link bisa di-klik! Alhamdulillaaah. Gue emang cuma ngincer yang hari Minggu tanggal 10 September. Oh iya lupa info, karena demand yang begitu tinggi, TRUST Orchestra akhirnya ngadain satu show tambahan di hari Minggu 10 September jam 18:30. Total jadinya ada 4 show. Ya udah gue cuma ngincer 2 show itu untuk kategori Kiki (Rp200.000) atau Ponyo (Rp350.000). Btw gue masuk dari antrian ke website itu nggak lama, paling cuma 12-15 menitan. Emang bener sih untuk orphan seat-nya udah nggak ada, tapi ya permasalahan pas war sebelumnya tetep ada. Bisa pilih jumlah tiket, tapi pas masuk ternyata nggak ada seat yang available. Belajar dari pengalaman kemarin, gue tetep klik-back-klik-back kalau emang tulisannya habis atau seat unavailable. Yang kocak adalah walaupun ada seat yang nyala, tapi ketika diklik itu nggak bisa sama sekali. Bukan habis ya, tapi nggak bisa. Gue nggak tau ini terjadi pas tanggal 8 kemarin apa nggak kalau buka pakai handphone soalnya gue pas pre-sale mostly pakai laptop. Aduh mulai frustrasi. TAPI ada momen ketika mau pilih seat, yang available banyak banget, mungkin ada kali 10 untuk kategori Kiki. Sebelumnya paling cuma nyala 2 atau 3 seat. Nggak pake mikir panjang gue klik aja random, toh cuma 1 tiket ini. TERUS BISA DONG sampe page isi data. Gue diajarin sama adik gue juga pake smart keyboard, jadi pas isi data tinggal copas aja nggak usah ngetik lagi. Ini adalah step di mana banyak orang yang gagal, karena kelamaan isi data. Udah isi data terus confirm, anehnya KOK ISI DATA LAGI? Jadi ada dua kali step buat ngisi data doang ettt dah. Udah selesai klik confirm, berhasil sampe di page payment dan gue pilih BCA virtual account. Karena app BCA itu nggak bisa terlalu lama di close atau didiemin, jadi pas buka app gue harus masukin password lagi. Di sini semua badan gue udah gemeter hebat sampe ke jari telunjuk jadinya susah banget buat mencet tombol 😭 mana gue salah masukin password sekali astaga tapi harus tetep waras dan mindful akhirnya setelah mengambil napas dan membaca Bismillah gue berhasil masukin password, klik payment virtual account, copas, dan masukin PIN. ALHAMDULILLAH gue nggak pernah selega itu liat pengumuman "pembayaran berhasil". Adik gue yang gue cuekin selama proses ini sampe nanya berkali-kali dapet apa nggak. Gue screenshot aja bukti pembayaran BCA gue. Wow gila banget ini ticket war. Gue sampe inget waktu dimana ini semua berakhir, yaitu pukul 20:17. Setelah berhasil, tentu saja badanku lemas seperti sisa lalapan kemaren. Mana kekenyangan lagi wkwkw. Gue sampe minta bungkusin Panacotta yang gue pesen karena nggak sanggup. 

Ketika udah balik ke penginapan, gue buka lagi lah tuh Twitter dan Instagram yang isinya keluhan serta komplen orang-orang. Banyak yang bilang kalau bener kan linknya nggak bisa dibuka pas jam 20:00 teng, kebuka pas mendekati 20:01. War tiket begini kan setiap detik berharga yes. Terus ada yang komen juga kalau link yang mereka klik malah kebuka websitenya Ciputra atau mau payment pilihan paymentnya nggak bisa sama sekali malah balik ke antrian lagi. Termasuk temen kantor gue dia juga begitu. Temen ex-kantor gue gue tanya juga ternyata dia nggak dapet karena masuk antrian pas 20:20 dan udah nggak ada yang available katanya. Ada satu komen kocak: war-nya itu sampe 4 stage: war antrian, war pilih seat, war masukin data, sama war payment wkwkwwk. Tapi emang ini kayaknya ticket partnernya aja yang kureng sih. Karena banyak yang error walaupun gue Alhamdulillah nggak mengalami itu. Mungkin ini hadiah buat gue kali karena lagi ulang tahun hehe who knows. Gue juga sadar bahwa ini peminatnya banyak banget, ada kali belasan ribu (kalau dilihat dari jumlah like di IG). Bahkan yang war ada orang Malaysia juga. Tapi Ciputra Artpreneur ini kapasitasnya cuma 1.157 seats, jadinya sudah pasti nggak memadai. Mungkin bisa kalau acaranya seminggu full 😬.

Sebenernya sih agak kasihan sama TRUST Orchestra juga ya, mungkin mereka nggak nyangka bakal semembludak ini. Gue baca-baca kalau mereka ini non-profit jadi bukan yang profesional orkestra. Yang ngurusin juga volunteer gitu, bahkan ada orangtua dari pemain yang memutuskan nggak nonton anaknya perform, ngasih kesempatan untuk masyarakat umum. Jadi untuk ukuran non-profit menurut gue mereka udah cukup oke kok menghadapi segala kehebohan ini. Dari nambahin show sampe memperbaiki sistem ticketing. Terus, banyak member mereka tuh anak-anak juga. Jangan sampe mereka jadi nggak mau main lagi cuma gara-gara ini sih. Karena aseli coy, galak-galak banget itu komennya. Paham sih gue kalau di posisi mereka juga gue pasti emosi, tapi dibalik itu semua artinya mereka sangat antusias.

Segitu saja pengalaman war tiket pertama gue yang kata orang-orang melebihi K-Pop bahkan ada yang menyamakan dengan Coldplay. But in some miraculous way, I managed to snatch one. Beginner's luck I guess.



Photo source:

TRUST Orchestra's Instagram

 

You Might Also Like

0 comments