Another Short Getaway in Bogor

August 20, 2023

Setelah memikirkan matang-matang akhirnya gue memutuskan untuk cuti pada hari ulang tahun gue selama 2 hari dan jalan-jalan ke Bogor.

Sebenernya waktu bulan Februari gue udah ke Bogor juga tapi waktu cuti gue rusak akibat lupa matiin notif email dan liat kerjaan yang bikin gue bad mood. Jadi bisa dibilang ini kayak bales dendam ya hehe. 

Gue nginep di tempat yang sama, Rion Hostel. Setelah searching penginapan lain kok nggak ada yang sreg gitu. Sebenernya gue tau hotel yang lumayan oke pas dulu nemenin bokap dinas di Bogor, cuma jujur agak creepy, mungkin kalau berdua gue berani, tapi ini gue cuma sendirian. Namun kali ini gue nggak bakal ceritain tentang hostel, but what I did and ate in Bogor.

Entah kenapa gue suka banget ke kota hujan ini, mungkin karena aksesnya gampang bisa dijangkau KRL dan langsung bisa merasakan vibe yang cukup berbeda dari kota Jakarta. Apalagi sekarang Jabodetabek polusinya lagi parah-parahnya. Di Bogor gue bisa menghirup udara yang statusnya "Moderate" bukan "Unhealthy".

Untuk staycation kali ini cukup simpel, gue berencana mau naik sepeda keliling Kebun Raya Bogor (KRB) karena sebelumnya gue kesiangan dan udah keburu bete akibat kerjaan plus capek juga bawa banyak barang. Karena ini lah gue nggak packing too much stuff supaya nggak keberatan ceritanya pas naik sepeda. Untungnya sepanjang perjalanan dari Tangerang Selatan sampe Stasiun Bogor, gue selalu duduk. Jadi pas sampe, badan gue masih segar bugar 💪🏻. Turun dari kereta gue makan dan sholat dulu, karena gue ke sana weekday jadinya keadaan nggak begitu ramai. Selesai isoma, gue tadinya berencana mau naik angkot tapi nggak jadi soalnya cuacanya cukup panas dan macet, jadinya gue naik Maxim aja.

Sampai di KRB, bayar tiket masuk seharga Rp16.500 dan gue langsung menuju ke tempat penyewaan sepeda. Tapi pas di sana kok sepeda yang gue mau nggak ada. Gue maunya sepeda keranjang gitu karena pendek dan lebih gampang dikendarainnya dan gue bawa ransel gede. Tapi yang ada malah sepeda gunung. Kata yang jaga, sepeda keranjangnya masih sekitar 20 menitan lagi. Karena nggak ada dan gue nggak mau nunggu selama itu, gue lihat ada sepeda listrik keranjang, akhirnya memutuskan sewa ini aja. Harga sewanya Rp50.000 untuk 1 jam, lumayan sih nggak terlalu mahal-mahal amat dan gue memang udah prepare duit juga. Setelah ngasih KTP buat jaminan, langsung deh gue meluncur naik sepeda keliling KRB, yeaaay!

Cuma karena belum pernah naik sepeda listrik, gue nanya gimana cara matiin biar jadi sepeda biasa tapi gue nggak bilang ke abangnya kalau gue belum pernah naik wkwkw. Tapi kayaknya abangnya tau deh, orang mereka ngeliatin gue pas gue bawa sepeda ke jalan utama sambil nuntun sepedanya 🤣. Berat juga ya ternyata. Gue diperbolehkan sewa sepeda sampai jam 14:20. 

Gue yang juga udah lama nggak naik sepeda awalnya agak kagok juga, tapi lama-lama bisa kok karena muscle memory kali ya. Terus pas udah agak jauh dan nggak keliatan abang tukang sewa, gue beraniin untuk nyalain jadi sepeda listrik. Tetep kagok dan gue kalau ngerem masih pakai kaki bukan rem sepeda. Keliatan banget masih pemula. Tapi karena gue nggak mau sepatu gue alasnya jadi rusak atau gampang aus, jadinya gue coba pakai rem sepedanya. Selama muterin KRB, ada momen ketika gue tiba-tiba ngerasa bahagiaaa banget. I feel like deserve this break akibat hampir seminggu hectic bekerja. Malah dua hari sebelumnya badan gue sampai meriang akibat maag kambuh, bukan karena telat makan tapi gara-gara stres. Untungnya setelah minum obat dan tidur sebentar udah sembuh. Bahkan sehari sebelum ke Bogor, jam 10 malem gue masih meeting padahal gue lagi ketemuan dan reuni sama temen-temen. Gue foto-foto sambil meeting onlen, nggak pernah terpikir dalam hidup gue akan mengalami hal ini wkwk. But it's part of life ya tidak boleh mengeluh hanya bercerita. Balik lagi ke KRB, gue keliling cukup jauh ke dalem bahkan sampe ujung yang nggak ada orang sama sekali. Gue agak jiper juga takut tiba-tiba kesambet di siang bolong. Setelah quick photo session gue kembali mengarah ke peradaban. Lagi-lagi kalau gue berdua mungkin gue berani untuk menjelajah lebih dalam, gue cuma takut nyasar aja. Selain sepeda, ada yang nyewain skuter listrik juga. Mungkin next gue akan mencoba itu. Pas jam 14:10 gue balik ke tempat penyewaan dan bisa dibilang gue sudah expert dalam mengendarai sepeda listrik 😎. 

Setelah selesai keliling-keliling, gue mampir dulu ke Suryakencana yang ada di seberang KRB. Rencananya mau kulineran tapi ternyata rame dan macet. Mana panasnya nyegat banget. Akhirnya gue cuma beli baso goreng sama es teh buat dimakan di hostel. Saking panasnya gue hampir kena heatstroke pas nunggu ojol. Untungnya aman dan gue menuju ke hostel jam 3 kurang. Sampai di hostel gue nyantai sambil ngadem dan tidur sebentar karena malemnya gue mau makan di restoran Italia, Padre. 

Abis mandi dan sholat Maghrib, jam setengah 7 malem gue berangkat ke restoran karena jam 8-nya mau war tiket Ghibli orchestra (full story here). Kenapa gue pilih restoran ini? Tadinya gue mau ke restoran lain, tapi liat komen di TikTok ada yang menyarankan ke Padre aja, setelah gue liat-liat ulasan sama Instagramnya, kayaknya restoran ini lebih cocok untuk birthday dinner hehe. Cuma restoran yang sebelumnya gue tetep mau coba kok, lain kali Insya Allah. Jarak dari hostel ke sana itu cuma 8 menit. Ini salah satu hal favorit gue kalau nginep di Rion, karena deket sama Jl. Baranangsiang. Di daerah sini banyak restoran yang oke plus nggak se-rame dan se-hectic tengah kota. 

Kesan pertama pas masuk emang gemes sih restorannya dengan interior khas Italia. Yang gue penasaran malah kamar mandinya karena kata orang-orang bagus. Tempatnya juga lumayan luas, ada indoor dan outdoor. Bagian outdoor ada air mancurnya, makin terlihat estetik. Gue langsung pesen Ragu, Zuppa di Funghi (mushroom soup), dan Panacotta inceran gue (tapi ujung-ujungnya gue cuma makan sedikit dan malah dibuang 😭). Minumnya cuma air putih aja soalnya siang tadi gue udah dua kali minum es teh manis. Untuk rasa sendiri sih nggak terlalu yang wow gitu ya, tapi tetep enak kok. Tapi dari semua menu yang paling gue suka Panacotta, nggak terlalu manis malah cenderung asem. Cuma itu tadi nggak sempet gue makan banyak huhuhuu. Tempat ini cocok banget buat dinner date atau sama keluarga atau sendirian kayak gue juga nggak masalah kan bayar. Dan bener aja dong, pas gue ke kamar mandinya emang bagus, cuma bodohnya gue nggak sampe masuk stallnya, cuma di wastafel ama depan stall doang. Overall ini tempat cukup recommended dan mungkin gue akan balik lagi someday.








Setelah lelah batiniah akibat nge-war tiket Ghibli orchestra, jam setengah 9 balik ke hostel tapi sebelumnya foto-foto dulu karena udah sepi. Di bagian belakang atau outdoor ada opa-opa yang juga lagi makan sendirian, kok aku somehow relate ya?

Udah deh sampai di penginapan gue main handphone doang sampe jam setengah 2 pagi wkwkwk.

Gue tadinya mau ke Museum Sejarah Nasional Indonesia (Munasain), cuma karena capek dan mau ketemuan sama temen gue juga di Bintaro akhirnya gue memutuskan langsung ke Kedai Es Teh Jaya Abadi. Gue berangkat sekitar jam setengah 11 naik Maxim. Abang Maximnya sama sekali nggak pake atribut ojol dan pake sendal sama celana pendek. Dia bilang "Maaf kak, saya pakai celana pendek. Abis pulang kerja". Ya saya mah nggak masalah yang penting nyampe tempat tujuan. Malahan dia tau jalan pintas yang sangat-sangat memotong durasi perjalanan. Saking nggak keliatan dia ojol, pas sampe tujuan, tukang parkir sampe bilang gini ke dia "Kalau mau parkir jangan di kunci stang ya" wkwwkw mungkin dikira bapaknya kita ini semacam couple. 

Pas sampe, kedai es tehnya lumayan rame, mungkin karena siang-siang. Gue kira tempatnya kecil, tapi ternyata menjorok ke dalem gitu dan kebanyakan to-go, nggak minum di situ. Mereka jualan makanan juga kayak gorengan dan jajanan pasar. Gue yang laper karena cuma sarapan Pop Mie akhirnya beli es teh susu, risol, sama nasi kucing 2 porsi. Itung-itung kalau nggak abis yang buat bekel perjalanan nanti. Es teh susunya enak nggak terlalu manis dan menyegarkan. Setelah 20 menit gue memutuskan untuk ke Stasiun Bogor supaya temen gue nggak terlalu lama nunggu. Tadinya gue mau jalan kaki aja orang cuma 7 menit dari situ, tapi pas gue jalan ke depan, ternyata ada angkot dan udah penuh juga jadinya nggak ngetem. Nggak taunya deket banget astaga, paling 2-3 menit lah dari kedai ke stasiun wkwk nggak apa-apa soalnya cuaca panas dan gue bawa ransel (alasan, padahal males jalan kaki). Sesampainya di stasiun gue langsung sholat Dzuhur dan abistu naik ke kereta. 

That's it! Short birthday vacation yang sangat menyenangkan secara pribadi buat gue karena itu tadi, I feel like I totally deserve it. Ditambah menang ticket war yang sangat sengit. Onto the next adventure!      

You Might Also Like

0 comments