Short Staycation in Bogor (Found a Really Great Hostel!)

February 04, 2023

Semua ini terjadi karena kegabutan gue yang tiba-tiba buka app Traveloka pas abis tahun baru. Terus gue mikir, apa staycation aja ya? Tapi gue nggak mau di Jakarta atau yang terlalu deket tapi nggak terlalu jauh juga wkwkwk RIBET. Ya udah gue putuskan untuk ke Bogor aja karena masih bisa dijangkau dengan Commuter Line yang murah meriah dan gue udah beberapa kali kesana naik KRL jadi udah cukup paham. So I decided to go by myself, I booked my stay for January 31st - February 1st.

Sebelum gue spill hostelnya dimana, gue pasti browsing dulu. Cari sana-sini dari semua app travelling (Tiket, Pegi-Pegi, Reddoorz, dll) mana yang oke plus di Google juga. Dan ketemu namanya Rion Hostel dari Google. I will explain the details later on why I chose this hostel.

Fast forward to D-day, gue ternyata harus WFO dan akhirnya gue berangkat dari BSD sekitar jam 5an. Padahal gue udah planning berangkat pas makan siang jam 12 hehe tapi ya nggak apa-apa nama juga lyfe. Tapi kayaknya gue nggak lagi-lagi deh begini, karena gue bawa laptop dan segala perintilan plus udah capek juga karena WFO, akhirnya gue cukup tepar. Apalagi sekarang kereta ke Bogor harus transit ke St. Manggarai dulu jadinya makin lama aja. Dulu terakhir gue ke Bogor masih ada kereta langsung dari St. Tanah Abang. Mana dari St. Manggarai ke St. Bojonggede berdiri lagi dengan membawa beban mungkin hampir 10 kilogram?? Nggak tau deh sumpah tas gue berat banget. Untung nggak pingsan.

Gue sampai di St. Bogor sekitar jam 20.30. Dengan tergopoh-gopoh dan mengumpulkan tenaga yang tinggal 20%, gue berhasil turun dan berjalan menuju restoran yang ada di sana. Gue putuskan untuk makan bakso sama minum es teh manis biar pas sampai hostel gue bisa langsung istirahat. Hal yang gue pikirkan pas keluar dari kereta adalah: udaranya enak bangeeet, adem.

Setelah naik Grab Bike yang rate-nya Rp 25.000 dari St. Bogor, gue sampai di Rion Hostel sekitar jam 9 malem, masih ada yang jaga buat check-in, dan ada yang check-in jam segitu juga. Gue diminta KTP buat difoto terus sama deposit Rp50.000. Gue jujur ga tau sih bakal ada deposit, tapi nggak apa-apa karena untungnya bawa cash. Abis itu udah deh, gue dikasih kartu dan dianter ke kamar yang ada di lantai 2.

Oke langsung ke inti kenapa gue milih Rion Hostel ini karena harganya murah banget, semalem gue cuma kena Rp217.939 di Traveloka. Tadinya gue udah bandingin harga juga di app lainnya, dan Traveloka paling murah. Entah ini cuma gue doang apa yang lain mengalami juga, nyari budget hotel yang oke di Bogor tuh agak sulit. Kalau yang mahal dan bagus mah banyak. So I feel like I hit a jackpot with this one. Biasanya gue nggak terlalu rewel soal penginapan, yang penting 'decent' aja. Tapi gue mau cari yang sedikit lebih oke dari biasanya karena awalnya gue pikir kan sekalian mau buat kerja juga ya, jadinya harus nyaman. Balik lagi, selain dari harga gue juga harus nyari tempat yang strategis. Yang paling penting deket sama St. Bogor, nah Rion Hostel cukup dekat dari stasiun. Alasan lainnya adalah mereka nyediain kamar yang ada balkonnya, lengkap dengan meja dan kursi. Walaupun sederhana, tapi ini lumayan banget buat kamar harga 200 ribuan. Alasan selanjutnya adalah hostel ini punya rooftop yang juga difungsikan sebagai restoran, dan nggak harus nginep kalau mau ke restorannya. Terakhir yang paling mengejutkan adalah ada kolam renangnya! Nggak terlalu besar sih, tapi gue jarang/hampir nggak pernah nemu hostel yang ada kolam renangnya.

Dari St. Bogor ke Rion Hostel

Salah satu tujuan gue kesini tuh sebenernya pengen nongkrong di rooftop/restorannya. Gue akui yang design rooftop ini knows what's up. Karena viewnya bener-bener bagus. Tapi sayang banget pas gue kesana lagi mendung. Gue sampe dua kali ke rooftop, jam 6.30 pagi sama 8.30. Tapi tetep aja mendung. Meskipun begitu, gue berhasil mengabadikan pemandangan gunung walau lumayan ketutup awan. Untuk lebih jelasnya kalau lagi cerah pemandangannya kayak apa, gue lampirin aja foto orang dari Google review ya hehe.

Foto orang di Google review

Rooftop jam 6.30

Sekarang lanjut ngomongin kamarnya. Kesan pertama pas masuk cukup homey dan bersih. Kamar gue berada di lantai 2, yang untuk pribadi. Kalau nggak salah lantai 3 dan 4 itu modelnya dorm. Dan amenitiesnya cukup lengkap, ada sikat gigi dan odol, walaupun nggak ada sampo dan sabun tapi aman karena perlengkapan mandi bawa sendiri. Disiapin juga handuk, gelas, tisu, sama kopi. Ada dua bantal dan selimut. Oh ya dan pastinya ada AC dan WiFi-nya cukup kenceng. Di kamar nggak disediain air mineral tapi ada dispenser di setiap lantai dan bisa ngambil sepuasnya hohoho. Untuk balkon gue nggak berani ngecek, secara udah jam 9 malem ya bund.

Untuk kamar mandinya surprisingly luas dengan design yang cukup modern didominasi ubin warna abu-abu. Jadi nggak cuma warna putih aja, entah kenapa gue kalau sama kamar mandi yang putih semua gitu suka parno sendiri wkwk. Air panasnya berfungsi dengan baik dan cepet keluarnya (??). Karena ada kan kamar mandi yang provide air panas cuma lama banget panasnya, kadang udah telanjang terus nungguin air nggak panas-panas kan takut masuk angin begitu. Ada suatu kejadian yang cukup bodoh kalau diinget-inget, pas gue mandi gue denger suara nangis. Sumpah gue udah ngomong aja dalem ati "maaf ya numpang-numpang, cuma mau liburan doang ini sekejap." Taunya pas gue keluar, itu suara anjing yang nangis gitu huhu lega walaupun kepikiran juga itu anjing nangis karena apa. Untungnya seberang gue ada satu keluarga yang nginep juga, punya anak kecil jadinya lumayan rame dan nggak sepi-sepi amat secara gue nginep weekdays. Terus satu hostel juga lumayan banyak lah yang nginep, mungkin belasan.

So overall gue kasih review hostel ini 4.8 out of 5. Karena ada satu hal yang membuat gue ganggu walaupun nggak fatal sama sekali. Ini dia list hal-hal minus yang buat gue pribadi masih sangat bisa ditolerir, but probably would be an issue for some.

1. Remote TV ada dua tapi nggak berfungsi dengan baik. Susah banget dipencetnya, padahal gue mau matiin. Terus pas udah berhasil matiin TVnya, ketika gue keluar kamar dan bawa kartu, saat balik lagi dan masukin kartu ke dalam soketnya (buat nyalain listrik), eh TVnya nyala lagi😓. Yaudah akhirnya gue biarin aja TV nyala cuma suara gue kecilin. Oiya di kamar gue channelnya cuma ada NET TV, nggak bisa diganti. Buat gue ya nggak apa-apa soalnya gue bawa laptop.
  2. Kasurnya itu dua kasur dijadiin satu, jadi bukan queen bed.
  3. Di kamar mandi kayak ada sekilas bau tikus mati, tapi gue nggak tau ini gue yang halu karena kecapean apa bukan.
  4. Letak hostel ini ada di perumahan, dan di depannya ada lapangan bola. Jadi kemungkinan kalau stay weekend bisa keberisikan bocah-bocah pada main.
  5. Ini yang agak sedikit ngagetin, pas gue mau buka selimut yang dilipet, ada gulungan rambut panjang gitu wkwk tapi nggak banyak sih jadi ya tinggal gue sentil aja ke lantai.
Gelap karena mendung, jam 6.30

Begitu lah penjelasan gue tentang Rion Hostel. Gue sangat merekomendasikan nginep di sini kalau nyari budget hostel di Bogor yang nyaman dan deket dari mana-mana 👍

Sejujurnya gue nggak tau mau ngapain di Bogor, gue sampe nanya temen-temen gue kira-kira enaknya ngapain. Ada yang merekomendasikan buat nyari restoran sama tempat makan di Baranangsiang (thanks Nyai! In case you read this 💕). Dan kebetulan Rion Hostel letaknya di Baranangsiang, ya sudah gue searching lah beberapa restoran, sampai akhirnya nemu restoran Jepang namanya Yūjō. Dari review dan foto-foto di Google sangat menarik perhatian saya heheh. Tapi sayang kan kalau cuma ke restoran doang, jadi gue putuskan sebelumnya ke Museum Zoologi yang ada di Kebun Raya Bogor.

Keesokan hari atau hari Rabunya gue bangun cukup pagi jam 6.30 (considering gue baru tidur jam 12 malem dan kebangun setiap 2 jam sekali). Seperti yang gue bilang sebelumnya, gue mau liat view di rooftop yang ternyata mendung/gerimis. Ya sudah gue kembali ke kamar dan main handphone sambil tidur-tiduran. Pas gue pikir-pikir kenapa gue nggak nongkrong aja di balkon ya? Walaupun pemandangan depan kamar gue cuma genteng belaka. Jam 8.30 gue udah mulai laper, akhirnya pesan sarapan ke resepsionis dan bilang mau makan di rooftop. Gue pesan nasi goreng yang harganya lumayan pricey sih Rp 30.000, rasanya enak kok tapi agak berminyak aja. Karena gue bosen nunggu gunung yang selalu ketutupan awan (buat difoto), gue balik ke kamar jam setengah 10 pagi buat tidur lagi karena kepala agak pusing akibat kurang tidur. Jam setengah 11 bangun dan siap-siap buat checkout.

Detail rooftopnya

The food, menu, dan pemandangan sekitar

Gue memutuskan untuk ke Museum Zoologi dulu karena gue masih belum lapar. Berangkat ke Kebun Raya naik Grab, sekitar Rp12.000 karena gue dapet diskon. Masuk Kebun Raya bayar Rp16.500, tenang dia ada semua kok kayak debit, GoPay, QRIS, dan lainnya kalau nggak punya cash, kalau mau pakai cash katanya harus uang pas. Ternyata dari pintu masuk Kebun Raya ke Museum Zoologi masih harus jalan lagi, gue udah menghela napas aja karena bawa barang-barang tapi nggak apa-apa karena udah terlanjur. Gue jalan sekitar ada kali 500 meter lebih dan melihat banyak juga yang wisata ya walaupun itu hari Rabu. Ada juga adik-adik lagi study tour, pas gue melewati mereka gue mencium semeriwing masa muda (literally and figuratively 😆), gue sedikit senyum di balik masker yang gue pakai karena jadi kangen jaman-jaman sekolah. Gue udah diingetin sama bapak sekuriti depan Kebun Raya kalau masuk museum bayar lagi, dan memang kena Rp15.000. Mereka juga ada mesin EDC dan QRIS.

Pintu masuk Kebun Raya Bogor

Pas masuk ternyata cuma gue doang sendiri, walaupun banyak anak-anak sekolah tadi tapi mereka ada di depan. Gue agak jiper juga soalnya ini museum tua banget, udah ada dari tahun 1600an tapi gas lah karena udah bayar. Museumnya sendiri nggak terlalu besar, kebanyakan koleksinya juga udah cukup lama. Gue tuh mau baca-baca sebenernya karena banyak hewan yang mejik, cuma sumpah gue cemas karena museumnya gelap dan gue cuma sendirian. Ada sudut-sudut yang bikin gue uneasy dan agak pusing/mual jadinya gue skimming aja liat oh ini bagian reptil, ini burung, ini seafood, dll. Menariknya, di sini ada kerangka Paus Biru atau Blue Whale yang terdampar di Garut pada tahun 1916 dan jadi ikon museum ini. Beneran gede banget, lebih gede dari rumah tipe 36. Beberapa lama kemudian, untungnya ada couple yang masuk ke museum jadi gue nggak ngerasa takut-takut amat. Dan nggak berapa lama anak-anak sekolah yang tadi pada masuk, dan gue memutuskan untuk keluar. Gue di dalam museum cuma sebentar, nggak sampe 15 menit.

Pintu masuk museum, lorongnya, kerangka paus biru

Karena gue ngos-ngosan, gue melipir dulu duduk di tangga dekat pintu masuk museum buat minum dan karena ada kucing lucu hehe. Dan ternyata dia baik hati, gue noticed bahwa kuping kanannya kayak ada bekas guntingan, dan dia ngejilatin bagian badannya, pas gue cek ternyata dia habis dikebiri dan ngejilatin jahitan yang belum dilepas. Gue perhatiin kucing-kucing di Kebun Raya ini lucu-lucu, gembrot, dan subur. Ternyata memang dipelihara dan dikasih makan sama pekerja di sana.

Terus gue lihat kok banyak orang pada naik sepeda, skuter, dan sejenisnya. Gue pun tertarik karena nggak mungkin gue muterin Kebun Raya dengan beban seberat ini. Akhirnya gue lihat ada sejenis motor listrik tapi ada keranjangnya (yang ternyata kata abangnya namanya Antelop). Tapi pas gue tanya harganya Rp 60.000 / jam. Gue mikir lumayan juga ya, terus cuaca mendung juga kayak mau ujan. Akhirnya gue putuskan nggak jadi aja dan cabut ke Yūjō karena gue udah mulai laper dan waktu menunjukkan hampir jam 2 siang.

Yujo ini terletak di Jl. Pajajaran Indah V dan di sekitar sini ternyata memang banyak restoran juga. Pas gue sampe sana ternyata sepi betul, nggak tau karena gue dateng udah mendekati selesai jam makan siang atau ini weekdays. Karena gue expect seenggaknya ya ada 5 orang lah. Paling cuma ada 2 pelanggan sama gue, tapi nggak lama kemudian ada satu keluarga besar gitu yang dateng sih. Alasan gue kesini karena gue nggak tau atau nggak nemu restoran Jepang seperti ini di Jakarta/Tangerang Selatan. Pas masuk tempatnya nyaman banget, mewah, cukup cozy. Gue nggak bisa bilang otentik karena gue belum pernah ke Jepang wkwk. Pegawainya ramah dan nge-treat gue dengan baik walaupun dandanan gue gembel. Mungkin kalau ini tempat ada di Jakarta you have to dress-up extra. Gue perhatiin pelanggan lain juga dandanannya biasa aja hehe.

Fahncy Schmansy

Gue memesan Spicy Katsu Ramen dan Ice Ocha. Dan makanan gue dateng cukup cepet, mungkin karena lagi sepi kali ya. Ramennya walaupun spicy tapi ternyata nggak terlalu pedas, sesuai kata waiternya karena pakai saus Gochujang. Ramennya enak, kuahnya kental dan agak sedikit creamy. Ayam katsunya juga, crispy tapi kayak fluffy gitu dan tingkat kematangan ayamnya pas. Terus walaupun udah kerendem sama kuah tapi masih ada krenyesnya dong. Ice Ochanya ya standar aja kayak yang lain-lain. Mienya juga kenyal dan nggak terlalu licin, buat gue yang bodo makan pakai sumpit, ini sangat membantu. Porsinya juga banyak buat gue, jadi kalau mau makan kesini pastikan dalam keadaan perut yang lapar. Gue abis sekitar 95 ribuan. Yah kalau di Jakarta standar makan ramen di mall, tapi untuk tempat yang sebagus ini menurut gue cukup affordable.

Kenapa nggak landscape fotonya ya bodoh sekali saya ini 😪

Udah deh setelah selesai makan gue menuju St. Bogor sekitar jam setengah 3. Beli oleh-oleh strudel di stasiun karena bingung mau beli apa. Gue beli Strudel Apel harganya Rp 45.000 sama Strudel Se'i Sapi Rp 40.000. Sampai rumah sekitar jam setengah 7 malem karena agak sedikit lama nungggu kereta arah St. Tanah Abang dari St. Manggarai. Untungnya gue lebih banyak duduk jadinya nggak jompo kayak pas berangkat walaupun gue pulang juga di jam kerja.

All and all it was an okay experience, albeit exhausting but not as crazy as I did back in 2018 when I went to Cimory Riverside by myself. PP naik kereta, terus nyambung angkot 2 kali ke arah puncak, mind you naik angkot dari St. Bogor ke Cimory Riverside itu sekitar 1.5 - 2 jam WKWKWK. Semua gara-gara gue udah terlanjur ambil cuti tapi temen gue membatalkan last minute. So I went anyway.

I hope this post will be helpful to whoever planning to go to Bogor for a quick yet cheap getaway. Cheers!