Akhirnya Nonton Konser Lagi, Bagian Pertama

September 04, 2016





Yo, lama juga nggak nulis blog. Kata artikel-artikel yang gue baca sih, kalau mau eksis blog-nya nggak boleh nggak di update selama sebulan. Sebodo amat, lagian laptop gue juga rusak, ini boleh minjem laptop bokap. Gue nulis ini pas lagi nemenin bokap di rumah sakit Fatmawati loooh, tapi ngetiknya di rumah.

Sebenernya udah ngetik dari sekitar dua minggu yang lalu, tapi karena sok sibuk jadinya baru sempet bener-bener post sekarang.

Dalam rangka hidupnya kembali blog ini, gue mau menceritakan pengalaman abis nonton festival konser We The Fest yang diadain di Parkir Timur Senayan. Sebelumnya, gue mau ngasih tau kalo ini bakal dibagi jadi dua post. Karena setelah gue nulis di buku catetan kemaren, sampe ngabisin 3 lembar. Post yang ini tentang pengalaman gue ke WTF, yang satunya tentang performance beberapa band yang gue tonton. Biarlah telat secara ni acara tanggal 14 Agustus, harusnya seenggaknya gue nulis seminggu setelah acara kali ya supaya nggak basi. Tapi apa mau dikata, gue berkehendak lain.

Sesuai dengan judul, WTF adalah konser pertama gue lagi setelah 2 tahun lamanya. Gue lupa kapan pertama kali mereka ngeluarin line up yang ngumumin The 1975 bakalan dateng. Wah, kesempatan emas nih soalnya gue lagi getol-getolnya waktu itu muterin The Sound. Tapi berhubung gue belom kerja, gue nggak langsung beli tiketnya. Lagian acaranya 2 hari, gue nggak mau nonton full, pengennya yang ada The 1975 nya doang.

Beberapa bulan berlalu, akhirnya gue udah kerja dan bisa beli tiketnya seminggu sebelum hari H. Ternyata tiket hari kedua itu sold out, nggak kayak hari pertama. Pas gue dateng aja ke venue banyak banget calo nyari dan nawar. Untung waktu gue beli masih ada yang pre-sale, belinya di Pizza e Birra Gandaria City.

Gue tuh mau nonton The 1975 bukan gara-gara nge-fans banget, tapi lebih ke penasaran. Penasaran sama live-nya mereka yang meriah pake lampu pink kelap-kelip kayak odong-odong pasar malem. Jadi gue ngapalin lirik juga mendadak, 2 mingguan sebelum acara. Biasanya gue kalo mau nonton konser seenggaknya 1 bulan ngapalin, biar puas tereak-tereak.

Tanggal 14 tepatnya hari minggu,  paginya gue jagain bokap dulu di ICU sampe siang. Jam 12 balik trus mandi makan segala macem. Tadinya pengen berangkat lebih awal soalnya mau nonton Barasuara, eh tapi ujan. Jadinya berangkat sekitar jam setengah 4 pake Grab Bike trus nyampe di venue sekitar setengah 5-an, langsung nuker e-ticket sama wristband buat masuk ke tempatnya. Pas lagi nuker, ada kru lagi ribet entah ngurusin apaan. Setelah nguping, gue baru ngeh ternyata ada orang yang beli 2-day pass tapi wristband-nya dicopot. Padahal aturannya tuh nggak boleh dicopot sama sekali. Trus mas hipster yang komplen mendramatisir sambil ngangkat-ngangkat tangannya ke atas dan mengusap muka bilang, "ini nggak ada omongan sama sekaliii, nggak ada yang bilang nggak boleh dicopooooot." Lha wong di e-ticket WTF ada aturannya kok,  gue aja sampe ngeri minta tolong pakein kru yang ada di situ soalnya kalo pas dipasang nggak bener, tu wristband nggak berlaku aka nggak bisa masuk aka wassalam.

Apakah saya sudah gaul?

Ya sudah kita tinggalkan orang-orang itu dan mulai ngantri. Wanjir ternyata jarak ngantri ke gerbang ada kali 15-20 meter, tapi itu adalah hal biasa jadi no komplen. Yang nyebelin adalah, dedek-dedek anak bapak tajir depan gue ngajak gabung temennya yang baru dateng buat langsung ngantri bareng mereka. Jadinya pas mau masuk gerbang yang tadinya cuman ada 4 orangan, depan gue nambah jadi sekitar 9 orang. Hiks kesel tapi karena gue pacifist (apaan lagi) jadinya gue diemin aja, orang belakang gue juga sebel kayaknya, tapi menggerutu doang nggak bilang apa-apa. Pelajarannya adalah, nggak semua orang kaya itu terpelajar dan punya tata krama yang baik.

Ujan udah mulai turun, tapi untungnya gue udah nyampe gerbang. Karena liat di internet hari pertama ujan terus-terusan, gue beli jas ujan model poncho di Alfamidi pas balik dari RS Fatmawati, jadinya cus langsung pake. Yang gue sesali adalah, tas nggak diperiksa sama sekali karena ujan, cuma nge-scan wristband trus masuk. Tau gitu gue bawa minum. 

Kesan pertama pas masuk, ternyata venue-nya nggak terlalu luas. Sejujurnya agak terkesan sempit, beda sama festival yang pernah gue datengin yaitu Javarockin'land pas 2011 lalu (ah, jadi kangen) cuma bentuknya memanjang dengan berbagai macam booth di sisi kanan-kiri. Yang asik sih emang dekorasinya, banyak payung warna-warni dan segala embel-embel meriah.

Hal pertama yang gue lakukan bukanlah nonton siapa gitu atau nyari makanan (secara ini acaranya Ismaya, jadi isinya banyak restoran doi), tapi ngacir ke booth yang jual merchandise-nya The 1975. Gue udah ngincer pas tau mereka bawa official merchandise, yang gue nggak tau adalah betapa kampret harganya. Harganya hampir sama ama kaos Four Year Strong dari Peter Says Denim, sekitaran 400 ribuan, tapi itu juga plus tiket konser. Walah dalah yaudah lah jarang-jarang juga beli ginian, mungkin dikonversi dari pound sterling jadinya sekampret itu harganya. 

Hayo ini apa

Abis beli, gue ngambil duit takut nggak bisa makan dan ke kamar mandi (baca: porta potty). Norak juga gue nggak pernah pake toilet model ginian, pas abis pipis bingung nyiramnya gimana. Setelah celingak-celinguk dan hampir menyerah mau langsung keluar aja (jorok), ternyata nyiramnya nginjek tombol di bawah trus keluar lah itu cairan biru-biru.

Abis itu, meluncurlah gue dan adik ke main/WTF stage mau liat Sheila on 7. Ya ya ya pasti banyak yang mikir, ngapain ke WTF nonton Sheila? Nonton aja di pensi. Tapi gue dari dulu emang pengen nonton mereka tapi nggak pernah kesampaian,berhubung momennya pas ya kenapa tidak? Sayangnya Sheila belum mulai pas gue kesana, yaudah kita memutuskan buat makan dulu.

Di WTF sistem makan-minum itu cashless alias nggak pake duit tunai. Caranya beli token yang tersedia di booth, ntar di program ke wristband kita, iiiih canggih ya maaaak. Maklum gue orang Ciputat, yang kayak begituan nggak ada di sini.

Jadi, 1 token itu harganya 30 ribu, dan sodara-sodara, 1 botol air mineral itu kena-nya 1 token. Ha ha ha kami hanya bisa tertawa melihatnya. Akhirnya kita memutuskan makan pake nasi goreng @ 2.5 token, lumayan mengisi perut sampe akhir acara.

Makan nasi goreng spesial air ujan

Sayangnya pas abis makan gue dateng ke main stage dan Sheila udah mau selesai set-nya, udah tinggal 3 lagu terakhir. Yang gue bingung mereka mainnya telat, dan gue makan nggak lama-lama banget, tapi kok udah mau selesai aja. Yowes yang penting udah nonton mereka walau pun nggak full.

Kelar Sheila on 7, adik gue nyuruh diem aja di tempat biar dapet depan pas nonton The 1975. Jadi urutannya begini, Sheila on 7 – Break Bot  – The Temper Trap – The 1975 – Mark Ronson. Karena gue juga kan mau sekalian nonton The Temper Trap, liat Bang Dougy yang gondrong, jadi ya ayok aja. Dan sepertinya banyak juga yang kayak gitu, ntar gue certain lagi di post selanjutnya. Hahaa najong sok iye banget kayak blogger kelas kakap.

Kalo di total, gue berdiri full hampir 6 jam, gile bener dan baru sadar kalau gue nggak se-tangguh pas umur masih belasan. Saran sih kalo sempet minum air putih sebelum berdiri mau nonton konser, tapi jangan kebanyakan ntar kebelet pipis, secukupnya aja. Dan itu salah gue, pas The 1975 nongol, gue nggak konsen saking sakitnya ini pinggang (plus ternyata 2 hari kemudian gue dateng bulan).

Secara keseluruhan gue sih puas (kecuali pas encok), lumayan mengurangi dahaga gue akan konser. Kalo yang sering nonton konser musik, pasti sering banget kena post-concert blues atau kekangenan akan momen-momen bahagia tersebut, dan ini kejadian juga sama gue. Gue mulai mengulangi saat-saat sebelum hari H, pertanda bahwa gue cukup gembira dan into sama konsernya. Gue juga dengerin The 1975 mulu di kantor hampir 2 minggu berturut-turut, baru sekarang ini mulai bosen. Tapi ga separah PCB waktu abis nonton My Chemical Romance, sampe setengah tahun. Karena faktor konser pertama kali ya.

Satu perbedaan besar yang gue rasain nonton konser di umur 20-an dibandingkan pas masih belasan, sensasi nya beda, nggak se-antusias dulu. Nggak tau juga sih kalo yang lain, bisa jadi karena gue nggak segitu nge-fans nya sama yang gue tonton di WTF, kalo Foo Fighters atau Jack’s Mannequin mungkin beda cerita.

Oh ya satu lagi, sepanjang konser bener-bener diguyur ujan. Gue sih nggak masalah nonton konser ujan-ujanan, buktinya gue sehat walafiat besoknya. Tapi untuk festival musik jadinya nggak bisa bener-bener menikmati suguhan sampingan yang seru. Kan kasian itu sponsor dan partner yang udah buka booth, orang-orang males eksplor jadinya. Tapi itu sih dari pandangan gue aja, penonton yang lain mungkin berbeda. Entah lah, mungkin Ismaya anti pawang hujan atau emang pengen nyamain festival-festival besar di dunia yang pasrah mengikuti kondisi alam. Contohnya festival-festival di Inggris yang becek melulu, atau kayak Rock am Ring di mana orang sampe kesamber petir. 

Wah asli beneran panjang, yasudah gue stop sampe sini. Ntar gue nulis post ke-2 kalo nggak males. Bhai.

Nih gue kasih lagu yang memotivasi nonton WTF:




Sumber Foto:
Wristband: Sendokir
Baju Kampret: Sendokir
Ujan Pakai Poncho: Laras Adinda Nabila (Adik Kandung)


You Might Also Like

1 comments

  1. wah saya hampir ga pernah nonton konser, pernah cuman karena waktu lg ikut acara event jepang ada artist jepang yang dateng langsung n perform (ga perlu nambah biaya lagi selain tiket 20rb), salam kuper :p

    ReplyDelete