Bernostalgia Bareng The Used dan Membuat Memori Baru Bersama State Champs

September 16, 2019



Hai! kali ini gue akan menceritakan pengalaman nonton Hodgepodge Superfest (HPSF) 2019. Jujur gue ke sini cuma mau nonton The Used, State Champs, sama Snow Patrol. Sebelum mulai sebaiknya kita membaca Basmallah..

Kadang gue bingung ya (ala stand up comedian), kalau nulis tentang festival musik tuh banyak banget, bisa lebih dari 2000 kata. Kalo dijadikan satu agak pusing tapi kalau dibuat jadi dua bagian nggak praktis. Tapi jadinya gue putuskan untuk disatukan saja agar tidak ribet.

Jadi tema post ini adalah membuat kenangan baru bersama State Champs dan bernostalgia bersama The Used. Tadinya mau baper bersama Snow Patrol tapi mereka batal manggung satu hari sebelumnya karena Gary Lightbody, vokalisnya kena infeksi saluran pernapasan. Jadi nggak cuma di Indonesia aja, mereka juga nggak jadi tampil di Singapura. Tadinya gue juga mau buat pake Bahasa Inggris tapi gue keburu napsu duluan dan sepertinya lebih enak pakai Bahasa Indonesia. Tujuan gue buat pake Bahasa Inggris sebenernya buat orang luar yang mau nonton juga gitu, siapa tau lagi cari-cari tentang HPSF terus keluar blog gue. Kan membantu mereka dan sekalian naikin traffic hehe tapi ah gue kadung males karena harus cek grammar dan proofread, jadinya dua kali proses. Mungkin lain kali yaa.

Untuk menjelaskan apa itu HPSF gue udah pernah nulis di post ini, soalnya tahun lalu gue juga dateng mau nonton Sundara Karma. Intinya HPSF adalah festival musik yang diinisiasi oleh Java Fest Production (yang bikin Java Jazz Festival) dan diadakan selama dua hari, acaranya selama dua tahun ini selalu di Allianz Ecopark, Ancol. Isinya musisi-musisi dari dalam dan luar negeri.

Kalau tahun lalu gue nonton cuma sehari, yang sekarang gue nonton dua hari karena The Used adanya di hari Sabtu dan State Champs pas hari Minggu.


Gue tadinya cuma nonton bareng ade gue si Laras tapi ternyata temen gue Amel mau ikut nonton juga karena ada The Used katanya. Dulu, gue nonton The Used juga sama Amel pas tahun 2008. Kalo nggak salah kelas 1 apa 2 SMA gitu (nah ketawan kan umur gue 😆). Buat HPSF, Amel udah berkali-kali ikut kuis namun sayang gagal, akhirnya dia memutuskan untuk tetep nonton tapi beli tiket haha, nemu tiket hari pertama seharga Rp200.000. 

Tiket The Used tahun 2008
Karena gue nonton 2 hari penuh, gue akhirnya memutuskan untuk nginep di Red Doorz lagi, namanya BI Executive Hotel 2 atau kalau di aplikasi Red Doorz namanya Red Doorz Near Dunia Fantasi Ancol. Ini hotel letaknya bener-bener pas di seberang pintu barat Ancol dan pintu barat ini deket sama Allianz Ecopark. Tapi gue ke sana juga tetep naik ojeg online soalnya takut nyebrangnya, isinya yang lewat truk semua bok. Mending bayar dikit lah tapi setidaknya lebih aman.

Gue nginep 3 hari 2 malam sekitar Rp450.000 (minus sarapan) dan kamar hotelnya bagus plus luas. Untuk harga segitu menurut gue lumayan banget. Mereka juga sedia sarapan kok, nggak mahal-mahal banget dan rasanya cukup enak. Gue pesen nasi goreng sama teh anget harganya Rp25.000. Intinya gue bakal balik nginep di sini semisal mau nonton HPSF lagi.     









Gue check-in sekitar jam 4 dan setelah beberes serta siap-siap, gue, Laras, dan Amel berangkat abis Maghrib.

Jadi gini, pas awal tau bakal ada The Used sama Snow Patrol, gue sama Laras buru-buru beli tiket pre-sale yang harganya Rp200.000 buat hari pertama. Dan sekitar sebulan setelahnya, pas State Champs masuk daftar penampil, kita berdua lebih napsu lagi buat beli dan waktu itu harganya masih Rp300.000. Semuanya kita beli di website-nya HPSF dan itu harga plek-plekan segitu, nggak ada pajak segala macem. Udah gitu kita dikasih barcode buat masuk Ancol GRATIS hehehe mantap bukan. Gue cuma ngabisin Rp500.000 buat nonton festival musik selama dua hari.

Nah, tiketnya itu berbentuk PDF yang harus kita cetak dan kita tuker wristband di venue. Untungnya sih pas kita ke sana nggak rame dan bisa langsung masuk tanpa antre. 

Gue harus akui, HPSF itu adalah festival musik yang nyaman dan membumi (karena diadainnya di taman juga sih). Rasanya nggak sumpek meskipun banyak juga kok booth sponsor tapi nggak terlalu ganggu. Dan Amel sama Laras yang pertama kali dateng pun mengakui itu.


Supermusic Stage

BNI Stage

Untuk tahun ini, penempatannya jadi lebih rapi dan tertata. Kayak dulu seinget gue booth makanan tuh nyebar di mana-mana, tapi sekarang cuma ditaro di satu area aja. Vendor makanannya juga banyak dan bervariasi dari Fish Street, Sushi Tei, Es Teler 77, Cha Time, dan lainnya.




Karena slot The Used jam 22:15 akhirnya kita muter-muter dan makan dulu. Setelah makan kita langsung ke venue dan nonton Iwak K & Sweet Martabak sambil duduk.

Iwa K & Sweet Martabak selesai, gue sama Amel langsung ke depan panggung dan dapet front row meskipun di depan speaker (asli pas awal mulai gue kira gendang telinga gue bakal pecah atau conge pada meleleh, kenceng bangeeeet). Sebelum mulai, ada sejenis video animasi yang diputer, gue mikir ini apaan cuma rumput-rumput bergoyang dan ada musik pengiring orkestra segala. Eh ternyata mengarah ke artwork album pertama mereka, In Love & Death. Sumpah merinding gue pas itu abis diputer dan mereka langsung keluar dan menggeber "Take It Away".

Gue nonton The Used karena ingin bernostalgia sama Amel sekaligus bales dendam karena pas kita nonton mereka tahun 2008, kita sebenernya dapet di tengah, tapi ternyata penontonnya lumayan liar sampe Amel jatoh dan kita pindah ke belakang. Kayaknya tempat paling bahaya itu adalah bagian tengah bukan front row. Dan sekarang kita berdua ada di paling depan yeeey.  

Untuk setlist, mereka bawain semua lagu-lagu lama mereka, nggak ada yang baru, macem "Buried Myself Alive", "All That I've Got", dan favorit gue "Blue & Yellow". Mungkin karena festival juga ya bukan konser sendiri. Penampilan mereka ternyata masih sekeren yang gue inget 11 tahun lalu, meskipun gitarisnya udah bukan Quinn Allman. Bert McCracken sebagai front man juga masih tengil dan bawel, kayaknya emang bawaan orok deh. Tadinya gue khawatir konsernya bakal agak kurang maksimal karena Bert punya masalah sama pita suara yang membuat dia nggak bisa teriak-teriak macem jaman dulu. Tapi ternyata konsernya masih menyenangkan. Pas bagian teriak, biasanya dia nyuruh penonton atau digantiin sama si basis Jeph Howard.

Yang membuat konser ini terasa spesial adalah Bert suka banget bawain puisi jadi sering di setiap jeda lagu dia berpuisi dan lumayan panjang. Karena posisi gue di depan speaker, gue nggak bisa videoin pas mereka bawain lagu, cuma bisa ngerekam saat Bert ngomong atau berinteraksi sama penonton karena sember banget kalo ngerekam musik.

Bert nanyain: siapa yang dulu nonton kita pas 2008?

Yang membuat penonton pada terkejoed adalah mereka bawain "Wonderwall"-nya Oasis terus pas lagunya abis dia ngomong: "I fucking hate Oasis!" penonton belum sempet bereaksi eh si Bert ngelanjutin, "That's the joke, that's the fucking joke." Heheheh bisa aje Abang, Eneng sampe kaget.

Kocaknya adalah si Bert itu entah kenapa selalu ngeliat ke arah kiri terus. Gue nggak tau sih dia ngeliatin apaan, kan gue jadi ge-er dan nggak enak pas gue nggak apal lirik 😁. Terus setelah selesai nonton, gue kira gue doang yang ngerasa, taunya Amel bilang "Eh, kok tadi si Bert ngeliat ke arah kita terus ya?" gue nimpalin "Iya, kan jadi salting." Terus kita ketawa-ketawa goblog, hahahah dasar  halu.

Pada akhirnya gue sih puas dengan penampilan mereka, puas nyanyi-nyanyi lagu-lagu yang menemani masa remaja gue, begitu juga dengan penonton lainnya. Amel bilang, ini adalah konser band dia pertama kalinya dalam 6 tahun karena dia tahun-tahun kemaren nontonnya K-Pop. Terus dia seneng juga karena festivalnya bagus dan akhirnya bales dendam front row 11 tahun lalu terbalaskan sudah.

***

Untuk hari kedua, Amel nggak nonton karena emang dia nggak tau State Champs. Tapi kita bertiga memutuskan buat ke hotel buat stalking The Used dan State Champs. Abis sarapan sekitar jam 9 kita langsung berangkat ke hotel.

Kita nyampe sama sekitar jam 10 kurang dan setelah sekitar 45 menitan nunggu, dari jauh gue ngeliat bule pake topi terus deg-degan dong, udah lama banget nggak stalking begini, terakhir tahun 2011 waktu New Found Glory ke sini. Gue udah nebak-nebak pas ngeliat dia, eh taunya bener, orang itu adalah Derek DiScanio, vokalisnya State Champs. Yauwis ketemu basa-basi dulu sebelum minta foto. Gue ngerasa kemampuan ngomong gue kalo ketemu arteiz band luar jauh lebih baik sekarang hahaha, dulu mah deg-degannya luar biasa. Sekarang masih sih, tapi paling gemeteran doang karena bersemangat.

Untungnya Derek baik banget, sangat welcome, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan gue. Tapi entah mengapa gue ngerasa aneh karena gue stalking band yang rata-rata umurnya sama kayak gue, karena kan biasanya selalu jauh lebih tua. Si Derek aja lebih muda daripada gue walaupun cuma beda beberapa bulan. Tapi nggak apa-apa sih namanya juga nge-fans.


Sebenernya gue ketemu semua anggota State Champs, tapi mereka kayak buru-buru dan ribet gitu dan mereka juga barengan sama manager dan kru promotor. Entah ada meeting atau meet & greet gue nggak tau. Dan sayangnya, kita juga nggak ketemu satu orang pun dari The Used, mungkin mereka lelah abis manggung malem sebelumnya. Tapi geblegnya, di lobi hotel entah anggotanya Prophets of Rage atau kru pada mondar-mandir. Kalau pun mereka Prophets of Rage, kenapa nggak ada yang foto? Tapi gue inget itu masih pagi sih, mungkin belum ada fans yang dateng ke hotel. Entahlah.

Ada kejadian ngeselin, yah tapi risiko ini memang harus ditanggung kalo ngelakuin stalking. Kita diusir secara halus oleh sekuriti hotel. Kalo menurut gue sih gara-gara kita duduk-duduk di depan stand Garuda. Pas kita nungguin sambil berdiri nggak diapa-apain. Sampe sekarang gue masih bete si diginiin, liat aja misal tahun depan HPSF artisnya bagus, gue bakal nginep di hotel ini biar stalking-nya puas muahahahaha. 

Akhirnya kita keluar dari hotel dan cabut ke Sarinah mau benerin hape Laras yang rusak, dari sini gue pisah sama Amel.

Iseng ke Musik Plus Sarinah
Abis dari Sarinah gue balik lagi ke hotel buat istirahat bentar karena masih jam 2 siang. Kita cabut ke Allianz Ecopark sekitar jam 4.

Ada satu info yang gue baru tau yaitu Grab gratis masuk Ancol, tapi Go-Jek nggak. Jadi buat kalian yang mau ke Ancol tapi bingung masuknya gimana, pesanlah Grab. Semoga kedepannya Go-Jek bakal gratis juga hehe.

Karena kita berencana buat ngejogrog di front row dari pas Maliq & d'Essentials main, kita mengisi amunisi energi alias makan dulu. Bagian ini agak gue sesali, bukan karena makanannya, tapi kita duduk di area food court tanpa tahu kalau Derek sama Ryan Graham (basis State Champs) lagi muter-muter venue. Padahal tadinya gue bilang ke Laras kalau kita mending makan di deket panggung utama aja biar pemandangannya lebih enak, tapi entah mengapa malah makan di situ. Padahal gue pengen banget ketemu Ryan 😢.

Maliq & D'Essentials - Terdiam 

Sekitar jam 6 kurang gue, Laras, sama satu temennya Laras mulai mendekat ke front row. Nggak apa-apa lah nunggu dua jam secara Maliq juga yang tampil. Jujur sesungguhnya di umur segini gue nggak terlalu maksa buat dapetin paling depan kalau nonton konser, cuma gara-gara si Laras aja kepengen jadinya ya gue turuti saja.

Oiya sebenernya ada beberapa artis Indonesia yang mau gue tonton juga selain Maliq, yaitu Ahmad Abdul sama Barasuara. Tapi pas Barasuara gue telat, cuma sempet liat Ahmad Abdul. Buat yang nggak tau dia siapa, dia itu jebolannya Indonesian Idol, dia bagus banget bawain lagu-lagu cover. Tapi justru yang gue suka adalah lagu dia sendiri judulnya "Coming Home".


Ada kejadian yang cukup membekas sebelum State Champs tampil. Gue nggak tau sih mereka nggak sempet atau gimana, jadi pas Superorganism main di BNI Stage, mereka soundcheck dulu. Kalo menurut gue ini menghilangkan esensi momen kehebohan sebelum artis keluar. Karena kita para penonton udah ngeliat mereka duluan, kecuali Derek. Tapi Tyler Szalkowski (gitar 1), Tony Diaz (Gitar 2), Evan Ambrosio (drum), sama Ryan semuanya sibuk ngatur peralatan mereka masing-masing sambil sekali-sekali nonton Superorganism.

Sekitar jam 20:15, di layar video mulai terpampang visual game Tony Hawk: Pro Skater, bagi anak 90-an awam lah ya dengan game ini hehe. Terus nggak lama mereka keluar satu per satu. Oiya, posisi gue tuh pas banget di tengah antara Derek sama Ryan jadinya puas liatnya. Tapi gue lupa lagu apaan yang mereka bawain pas pertama-tama. Abis gue sibuk menyelamatkan diri dan nahan badan gue yang selembar ini dari serangan para manusia-manusia yang moshing. Warbiyasah anak-anak muda ini. Tenaganya masih pada seger-seger banget.

Ryan nanyain juga siapa yang pernah nonton State Champs

Pas awal-awal Derek lumayan berjuang, entah kurang pemanasan atau karena cuaca Jakarta yang panas. Tapi setelah beberapa lagu, suara dia udah mulai stabil.

Secara keseluruhan mereka mainnya bagus dan cukup rapi. Koneksi Derek sama penonton juga baik.  Dia bilang "I'm seeing some of the people I've met" dan langsung diteriakin penonton. Gue cukup menggila juga sih di beberapa lagu, walaupun nggak semuanya hafal. Kayak "Losing Myself", "All You Are Is History", dan "Lightning" sampe diliatin mas-mas karena heboh.

State Champs - Lightning

Kenapa gue pengen banget nonton State Champs? Karena menurut gue, nggak banyak band pop-punk yang mainnya bagus dan suara vokalisnya mumpuni. State Champs memenuhi kriteria-kriteria tersebut, bahkan pendahulu-pendahulu mereka pun banyak yang kualitasnya nggak sebaik mereka. Makanya menurut gue pribadi State Champs adalah band pop-punk terdepan (Yamaha kali ah) untuk generasi sekarang, yang gue tau ya, mungkin masih ada yang lain. Dari Evan yang main drumnya tight dan Ryan yang suka joget-joget di beberapa lagu. Semua memperkuat 'kehadiran' mereka di panggung. Di tambah personaliti mereka yang ramah dan nggak sok ngartis. Semuanya down to earth. Tau dari mana gue padahal ketemu aja belom? Dari wawancara mereka di Youtube dan cara mereka ngomong. Itu semua terbukti pas mereka ke sini. Banyak fans yang nyamperin ke hotel atau ketemu mereka, semuanya senyum dan rendah hati. Mereka juga ngeladenin semua fans yang mau foto atau sekadar ngobrol aja. Terkadang nemu band macem gini kayak nemu harta karun. Udah lagunya bagus, stage performance-nya dapet, orangnya baik-baik lagi. Gue pribadi lebih menghargai musisi yang musiknya biasa aja tapi tingkah lakunya sopan, dibanding musisi luar biasa tapi kelakuannya minus. 

Oiya satu lagi, Albumnya mereka Around The World and Back itu menemani gue saat masa-masa transisi awal masuk kerja tahun 2016. Lagu-lagu di album itu nggak ada yang jelek dan semua catchy, makanya gue dengerin buat ngebuat diri gue semangat dalam menjalani hari-hariku. Ada kali 2 minggu gue dengerin album itu terus. Rasanya seperti ingin balas budi dan berterimakasih.

Mungkin segitu aja untuk pengalaman kali ini. Tahun ini gue nonton konser tapi dua-duanya festival. Yang terakhir nonton Travis di We The Fest (WTF). Bukannya gue ngebandingin atau gimana, kayaknya gue emang lebih cocok ke HPSF. Hmmm apa ya lebih music-friendly aja tanpa banyak gimmick. Ya sebenernya nggak apa-apa sih banyak gimmick juga, tapi sepertinya WTF itu memang ajang anak muda buat tampil, kalau HPSF bener-bener buat orang yang suka musik. Terus gue rasa kayaknya Travis kemarin lebih cocok di HPSF hehe.

Paling satu komplen gue yaitu ada satu panggung, Kapal Api Signature Stage itu letaknya kayak di antah berantah, jadi orang males buat ke sana. Entahlah mungkin kedepannya bisa diakalin supaya keliatan dan orang-orang bisa nonton artisnya.

Gue akhiri di sini, sampai jumpa di post selanjutnya!


Sumber Foto & Video:
- Hodgepodge Superfest Logo
- Lineup
- Sisanya milik pribadi

You Might Also Like

0 comments