Seni Karaoke Sendirian

November 19, 2018



Yayaya.. gue tau dari judulnya aja pasti udah pada mikir “idiiih sedih amat karaoke sendirian.. nggak punya temen yaa”. DIAM KAMU DAN BIARKAN SAYA SELESAIKAN.

Gue bisa dibilang penggila karaoke, dalam setahun bisa lebih dari 5 kali gue karaoke. Pernah sampe 8 atau sepuluh kali. Berarti kalo diitung-itung gue hampir sebulan sekali ya. Gile bener. Mencoba untuk tidak terlalu sering melakukannya karena tekor juga lama-lama hehe.

Pertama kali karaoke sendirian itu pas ulang tahun ke-23 tahun 2015 gue inget banget, gara-gara pengen nyanyiin lagunya Blink-182 yang What’s My Age Again.

Ditambah lagi karena gue tuh sangat-sangat penasaran sama sensasi karaoke sendirian. Awalnya emang agak jiper dan ketakutan sendiri, sampe-sampe gue nyari blog orang yang udah pernah karaoke sendiri. Kebanyakan bilang sih seneng-seneng aja. Dan ternyata benar adanya! Karaoke sendirian itu enak geessss.


Pro:
  • Nggak usah gantian pilih-pilih lagu. Biasanya klean rebutan tuh atau bagi-bagi lagu kalo karaokean bareng-bareng. Enak kalo satu selera musik, kalo nggak kan agak malesin.
  • Nggak perlu malu kalo suara jelek. Ada yang sebenarnya suka karokean tapi malu karena menganggap suara dia kurang enak didenger (padahal belum tentu). Kalo sendirian nyanyi teriak-teriak sampe palalu meledag juga nggak ada yang peduli. Tapi sesungguhnya gue suka agak malu kalo ada orang lewat terus ngintip atau nengok ke dalem ruangan, terus liat eh yang karaoke cuma sendirian. Harusnya mah nggak usah malu ya, orang gue nggak berbuat mesum.
  • Nggak perlu ngerasa canggung atau nggak enak. Kadang kalo karaoke bareng-bareng, ada yang nggak nyanyi, atau malahan ada yang pengen nyanyi mulu. Gue sudah beberapa kali karaoke dengan grup yang berbeda. Pernah kalo karokean, gue nyanyi, terus yang lain main hape. Pernah juga gue nyanyi, yang lain support (terutama kalo gue nyanyi metal) dengan headbang atau ikut “huwa huwaaaaa” alias teriak-teriak. Pernah juga ada yang tidur karena ruangan karoke itu remang-remang jadinya nyaman kali ya. Nah jujur gue paling nggak enak kalo ada yang nggak kedapetan nyanyi atau malu pas nyanyi soalnya bayarnya kan patungan.

Kontra:
  • Misalkan mesen makanan, karena gue nggak mau rugi, jadi kadang nyanyi sambil ngunyah jadinya nggak maksimal dan merasa bodoh sendiri. Kalau bareng orang kita bisa nyuruh dia nyanyi lalu kita bisa makan dengan tenang.
  • Tidak ada atmosfer kebersamaan (yaiyalah mandra nama juga karaoke sendiri).  Contoh lagu-lagu yang enak dinyanyiin pas bareng-bareng: Bon Jovi-Always, Aerosmith-I Don’t Wanna Miss a Thing, atau Slipknot-Psychosocial. Coba nyanyiin pas karoke sendiri, pasti rasanya beda banget. Jadi sebisa mungkin cari emang lagu-lagu yang lebih enak dinyanyiin solo.
  • Lebih mahal. Tak perlu dijabarkan ini sih sebenarnya, kalo rame-rame bisa patungan.

Tips karaoke sendiri:
  • Bikin playlist atau daftar lagu. Terutama yang nggak bisa dinyanyiin pas karaoke sendirian dan nggak ngabisin waktu.
  • Nggak usah pesen makanan sih, kalo bisa makan dulu. Selain makanan di tempat karaoke mahal, nyanyi juga lebih ribet.
  • Kalo emang baru pertama kali banget terus malu, duduk di pojokan di mana anda tidak akan terlihat dari luar terus matiin semua lampunya.
  • Cari promo jadinya nggak terlalu mahal-mahal banget, biasanya pas hari kerja.


Segitu aja sih posting-an yang nggak penting ini. Tapi gue sarankan kayaknya tidak ada salahnya mencoba karaoke sendirian.  Awalnya emang aneh, pengen ketawa sama mikir “ini kok gue ngenes amat”, tapi lama-lama nggak peduli dan malah kayak terapi gitu soalnya nyanyinya bisa teriak-teriak sekuat tenaga dan tanpa judgement, jadinya lebih puas dan lega. Jangan salahin gue kalau ketagihan karaoke sendirian abis ini yaaaa.


Sumber Foto:
Microphones
Blink 182

You Might Also Like

0 comments