Hodgepodge Superfest 2018

September 03, 2018


Terkadang gue bingung sama diri gue sendiri, udah tau punya blog tentang musik tapi selalu lupa buat dokumentasi pas nonton konser hahahaha maapin, gue akan mencoba menjelaskan dan menggambarkan dengan detail tapi tanpa bertele-tele dalam tulisan.

Jadi gue kemarin hari Sabtu tanggal 1 September 2018 nonton Hodgepodge Superfest 2018 di Allianz Ecopark Ancol. Berangkat naik kereta dari Jurangmangu ke Tanah Abang, turun terus naik yang ke arah Stasiun Duri, transit nunggu kereta arah ke Jatinegara, terakhir turun di Kampung Bandan.

Jadi Hodgepodge itu salah satu festival baru dari Java Fest Pro, promotor yang ngadain Java Jazz dan dulu Java Rockin'land. Diadain dua hari, 1 sama 2 September 2018. Ini line-up nya:


Sungguh bervariasi bukan. Emang gitu konsepnya, jadi campur semua genre, dari dalam dan luar negeri.

Dari awal tau gue emang kepengen nonton Sundara Karma entah kenapa, tapi bingung ngajak siapa. Terus sekitar sebulanan kemudian temen gue ada yang mau nonton The Libertines dan kebetulan harinya sama. Okelah cus bareng akhirnya.

Gue dateng sekitaran jam 8 kurang tapi kok dari depan sepi amat ini kayak nggak ada perhelatan apa-apaan, tapi masih ada beberapa calo lah biasa nawarin tiket. Pas masuk suasananya agak gelap tapi lama kelamaan deket stage nggak kok. Jujur sih gue suka ambience-nya dan yang penting tidak banyak dede emesh dan hipster hahaha.

Kalo Hodgepodge ini ada total 4 stage: Supermusic Stage, CBN Stage, Hodgepodge Stage (indoor), dan Kapal Api Stage. 

Pas udah masuk gue langsung nemuin temen gue di CBN Stage, lagi ada act namanya Lemaitre. Zuzur ane kaga ngerti gan, tapi tetep mencoba untuk berpikiran terbuka. Mereka ternyata dari Norwegia, gue akui sih lampu-lampunya keren terus mereka juga napsu banget mainnya, maksimal lah.

Lemaitre-Closer

Abis nonton Lemaitre, gue duduk-duduk dan istirahat dulu karena emang disedain macem food court gitu. Di sini sistemnya cashless alias nggak bisa pake duit dalam bentuk fisik, mesti beli BNI Tapcash atau download BNI yap!. Jadi nggak ada ya duit yang lecek, buluk, dan bau apek gara-gara kelamaan ditaro dalem kantong celana. 

Yang tadi gue bilang, suasana venue-nya enak, berasa lagi nongkrong terus ada acara musik, bukan lagi nonton festival. Entah emang orangnya yang kurang banyak apa karena tempatnya luas. Makanannya juga macem-macem dan beragam, oh ya satu lagi, nggak OVERPRICED! jadinya aku tidak terlalu emosi pas liat harganya, masih dalam batas wajar. 

Gue nungguin Sundara Karma yang di jadwal main jam setengah 10, tapi ternyata ngaret jadi jam 10 kurang. Intermeso sedikit, kenapa gue pengen nonton Sundara Karma? terlepas dari keinginan liat si Oscar Pollock yang cantiknya ngalahin perempewi, mereka lagunya enak-enak dan performance-nya juga oke pas gue liat di Youtube. Mungkin gue akan buat post terpisah tentang mereka.

Pas udah mau mulai langsung ke deket stage dan keluarlah itu Sundara Karma. ANJIR SI OSCAR BENERAN CAKEP BANGET DONG MACEM HAYLEY WILLIAMS. Gue aja yang cewek minder hahaha. Gue cuma tau 3 lagu terus nggak sempet ngapalin yang lain karena satu dan lain hal, eh tapi ternyata satu lagi nggak dibawain (Indigo Puff), tapi tetep bisa nikmatin sih karena emang lagu-lagu mereka easy listening. Durasi mereka kayaknya sekitar satu jam, dan si Oscar sebagai vokalis cukup interaktif walaupun malu-malu. Intinya gue puas nonton mereka yeaaay.

Sundara Karma-Flame

Selesai Sundara Karma langsung ke panggung utama, Supermusic Stage soalnya mau liat The Libertines. Gue mah nggak tau atau/dan suka-suka amat, cuma tau Pete Doherty karena heboh dulu jaman gue SMP dia pacaran sama Kate Moss (kecil-kecil rumpi eym). Tapi kan ya udah bayar masa nggak ditonton hahaha enggak deng soalnya mereka cukup legendaris di ranah permusikan Britania Raya. Gue akui mereka mainnya seru, selengean, dan terkadang asik sendiri. Penontonnya juga sangat sangat responsif dan sungguh khidmat, membuatku terharu dan tersadar bahwa masih banyak yang suka musik bergitar di Indonesia. Pas lagu apa gitu tanahnya sampe bergetar soalnya pada jejingkrakan. Makanya, ayolah promotor-promotor Indonesia banyakin bawain band bergitar ke sini huhuu aku kangen. Semalem aja sampe mimpiin Alan Day sama Dan O'Connor Four Year Strong terus mereka nginep di rumah gue. Entah lah itu apa artinya yang pasti gue rindu nonton konser sampe keringetan dan ngos-ngosan.

The Libertines-Can't Stand Me Now

Selesai nonton The Libertines, gue dan temen gue ke area panggung indoor Hodgepodge Stage, dan ada Swim Deep lagi main. Swim Deep yang adalah band dari Birmingham Inggris ini kayaknya kesukaan dede-dede artsy anak seni, keliatan dari gaya panggung mereka sama yang nonton ehehe. Tapi mereka direkomendasiin sama Sundara Karma, dan emang nggak jelek sih lagu-lagunya, rock eksperimental gitu, kadang kedengeran kayak Bloc Party terus The Cure tapi gaya vokalisnya mengingatkan gue akan Rivers Cuomo Weezer. Gue nonton mereka sambil duduk karena lelah, sudah jompo, dan tidak muda lagi.

Swim Deep-Honey

Konklusinya adalah gue sangat menikmati nonton festival ini. Komplen gue cuma satu, entah artis-artisnya yang kurang banyak atau kurang terkenal? Jadi kurang heboh gimanaaa gitu, padahal sih promosinya udah kenceng banget. Tapi itu sih pas hari pertama, nggak tau hari kedua ya yang ada All Time Low. Oiya pas hari kedua gue nonton All Time Low via live streaming, dan yang nonton keliatannya banyak bangeeet. Maklum karena tahun lalu harusnya mereka dateng tapi batal gara-gara ada masalah sama promotornya. Tambahan satu lagi, kualitas live streaming Hodgepogde Superfest gue acungi jempol, lancar dan sound-nya jernih banget. Warped Tour aja kalah (rest in peace Warped, terakhir tahun ini soalnya).

Semoga tahun depan Hodgepogde Superfest bisa lebih baik lagi yaa, dimaklumi kekurangan-kekurangannya karena baru pertama kali, itu juga nggak fatal kok. Ditunggu Foo Fightersnyaaa!! (loh)


Sumber Gambar
Hodgepodge Logo
Line-Up 

You Might Also Like

0 comments