AKHIRNYA LIAT BAPAK DAVE!! Bagian Pertama

September 03, 2017

Doh nafsu rasanya nulis post ini. SETELAH MENUNGGU SEKIAN LAMA GUE BISA NONTON FOO FIGHTERS!! Nggak percaya rasanya ngomong kayak gini. Mumpung masih segar dalam ingatan, jadi langsung saja gue curahkan dalam bentuk tulisan supaya nanti nggak lupa rasanya ngeliat Dave Grohl, Taylor Hawkins, Nate Mendell, Chris Shiflett, Pat Smear, dan Rami Jaffee dengan mata kepala gue sendiri.

Jadi ini post bakal gue bagi jadi dua: hari pertama berisi informasi tempat nginep dan pengalaman lainnya, yang kedua pas hari H-nya. Kayaknya kalo nggak gue tahan bisa dibagi jadi 3 post, tapi jangan deh ntar kebanyakan.

Konser Foo Fighters (FF) ini adalah konser pertama nonton di luar negeri plus pengalaman perdana gue ke luar negeri sendirian tanpa orangtua.

Sebenernya sih gue nggak sendirian banget, tapi barengan sama anak grup WhatsApp (WA) Foo Fighters Singapore. Jadi awalnya gini, pas tau mereka mau ke Singapura, gue langsung ke grup Foo Fighters Kaskus dan ada yang usul buat bikin grup WA aja berhubung banyak yang nonton sendiri. Ya sudah akhirnya gue berinisiatif buat bikin grup dan ngumpulin orang-orang dari Kaskus dan Facebook. Sampe mau berangkat udah terkumpul sekitar 30an orang.

Pas tanggal 25 Agustus, gue belom beres packing, santai sih karena penerbangan gue jam 2. Mau berangkat nggak bisa makan karena deg-degan. Entah karena mau nonton FF atau baru pertama kali ke luar negeri sendirian. Alhasil gue cuma makan siomay 3 biji.

Gue berangkat barengan Jodi, salah satu orang di grup WA itu tapi beda kursi. Sebenernya di barisan gue itu dua kursinya kosong, jadi cuma gue doang di pojok. Tapi ujungnya ada bule sembarangan duduk di situ gara-gara katanya di barisan dia orangnya gede-gede semua jadinya sempit. Gue sih santai aja, tapi ternyata keselawan gue tidak berlangsung lama karena itu bule berisik dan bawel banget, entah dia lagi mabok apa emang sok asik. Gue yang baru pertama kali naik pesawat sendirian kan jadi was-was, terlebih lagi pas dia bilang gini setelah basa basi busuk “gue ada tempat di Orchard kalo lo pengen privasi, gue bisa kasih kuncinya sekarang” BRO GILA LU NDRO. Duh dalem ati gue udah kesel sekaligus takut, gue bilang aja “nggak, terima kasih gue punya temen pas ntar nyampe sana”. Pengen buru-buru sampe rasanya dan ketemu sama temen gue itu huhuuuu. Akhirnya gue sepanjang perjalanan pura-pura tidur. Dia baik sih ngasih gue minuman air putih, trus pas udah turun di juga langsung cepet-cepet balik gitu. Ha lega rasanyaaa.

Gue mendarat di Bandara Changi sekitar jam 5 lewat, telat sejam dari jadwal yang harusnya jam 4. Tadinya gue mau nyari Subway tapi gue ada di Terminal 1, sedangkan Subway adanya di Terminal 3, karena gue udah kelaparan yaudah beli Burger King aja deh. Gue sama Jodi nunggu berdua karena ada satu lagi yang pengen barengan, Ferdi namanya.

Dari bandara kita naik kereta ke Terminal 3 yang ada stasiun MRT-nya. Berhubung mereka berdua penginapannya sama, akhirnya gue ditinggal sendiri dan turun di Stasiun Lavender. Jujur agak deg-degan soalnya ini baru bener-bener sendirian. Yaudah gue dengan pede-nya turun dari stasiun dan jalan berdasarkan arah yang dikasih tau temen gue John karena sehari sebelumnya dia udah sampe. Ujung-ujungnya gue nyasar, sempet nanya orang Indonesia juga yang ketemu di jalan, tapi tetep aja  nyasar sampe Bugis, kalo diitung ada kali gue jalan 20 menitan lebih. Akhirnya gue putuskan untuk beli kartu SIM di 7/11, gue dapet yang paket turis harganya 15 dolar, isinya 100GB. MANTAP GAN! Gue bingung ngabisinnya gimana soalnya gue di sana juga cuma 3 hari, tapi adanya itu doang ya mau gimana lagi. Dari Bugis gue naik MRT trus turun lagi di Stasiun Lavender, asli ini kocak kalo diinget-inget. Pelajarannya, harus lebih mendetail lagi kalo nyari hostel, kalo bisa beli kartu SIM atau beli paket internasional sebelum berangkat.

Nyampe hostel udah jam setengah 9 dan capeeek banget rasanya, pas di Bugis tadi si Ferdi ngajakin ke Chinatown jalan-jalan sekalian makan. Gue pengen ikut tapi apa daya tas gue berat banget dan gue udah migren.

Ternyata kalo lo dateng ke hostel lebih dari jam 7 malem, kita diharuskan buat check-in sendiri, jadi dikasih form buat diisi trus ada kayak semacam tempat gitu digembok pake password, dalemnya ada kunci loker sama gelang akses. Untungnya di sini gue ketemu sama Randi, yang satu hostel juga sama gue. Udah deh hari pertama berakhir di sini karena gue tepar. Cuma mandi, main hape, trus tidur jam setengah 1 pagi.

Gue nginep di hostel namanya Dream Lodge. Kenapa gue memutuskan untuk nginep disitu? Soalnya gue udah survei dan Dream Lodge ini rating-nya tinggi banget, plus konsepnya kayak hostel kapsul gitu, jadi tempat tidurnya ada tirainya. Cocok banget buat orang yang pengen hemat tapi tetep privasinya nggak keganggu. Soalnya ada juga hostel namanya Coziee Lodge yang deket banget dari stadion, bisa nyampe tanpa naik MRT, tapi yaa kasurnya tingkat gitu, gue merasa takut dan nggak nyaman aja kalo bareng orang-orang asing, maklum gue sendirian, kalo bareng temen-temen sih nggak apa-apa. Gue nginep di Dream Lodge abis sekitaran 550 ribu buat 3 hari 2 malem, masih terjangkau lah melihat fasilitas yang ada. Dan emang bener, tempatnya bersih, karena dari awal masuk lobi, lo diharuskan buka sepatu dan ditaro di tempat yang udah disediakan. Kamar mandinya banyak dan bersih, disediain handuk, sampo, sabun, dan ada hair dryer juga. Fasilitasnya lainnya ada WiFi (walaupun gue nggak make gegara kartu SIM gue isinya 100 GB), pantry, air minum free flow (dari keran trus gue norak baru ngeh pas dikasih tau Randi), sarapan, dan bisa nge-print . Komplen gue cuma satu, gue kan kedapetan kasur di atas, dan itu deket AC jadinya dingiiiin banget, walaupun ada selimut tebel tetep aja kedinginan dan tidur gue jadi nggak nyenyak hiks.

Ada satu kejadian bodoh yang lumayan fatal, jadi ceritanya pas gue lagi ngisi form check-in, map gue yang isinya tiket FF plus kode booking-an pesawat ketinggalan, sadar baru paginya pas hari H. Dengan panik gue WA temen satu grup gue Ridho, minta tolong kirimin soft copy tiket-nya (makasih banyak ya Ridho kalo lo baca ini, maaf udah gue repotin hehe). Tapi untungnya, mbak yang jagain ternyata nyimpen itu map, huuuufffft selamet dah gue.

Tips yang baru pertama kali keluar negeri sendirian atau mau nonton konser di Singapura:
  1. Gue pribadi lebih ngerasa aman beli tiket konsernya dulu, baru akomodasi. Kalo beli tiket pesawat dulu trus ternyata keabisan tiket konser kan agak pe-er.
  2. Cari penginapan yang deket venue atau yang transportasinya gampang.
  3. Kalo emang nggak punya temen nonton konser, ikutilah cara gue dan teman-teman, cari di Facebook atau media sosial lainnya lalu tawarkan, “mau bikin grup WA nggak?” jadi, biar nggak sendiri-sendiri amat, dan gue yakin banyak yang senasip. Tapi pas di sana palingan juga ketemu banyak orang Indonesia kok, kenalan aja, kecuali lo nonton konser di Korea Utara mungkin jarang ketemu orang Indonesianya.
  4. Buat yang baru pertama kali pergi sendiri ke luar negeri, supaya nggak ndableg dan nyasar kayak gue, mendingan bener-bener dicari tau transportasi dari mana ke mana, atau kalo lebih gampang beli kartu, paket internet internasional, atawa sewa modem.
  5. Bawa duit lebih, apalagi kalo mau beli merch, jangan kayak gue yang ujungnya minjem duit (malu banget astaga, walaupun langsung gue bayar pas nyampe Indonesia)
*Nama-nama di sini gue samarkan karena gue nggak izin minta yang empunya nama.