AKHIRNYA LIAT BAPAK DAVE!! Bagian Kedua

September 11, 2017



Yup ini adalah terusan tentang pengalaman gue nonton Foo Fighters (tetep nggak percaya gue bisa ngomong begini). Masalahnya gue udah suka banget dari SMA, sebenarnya untuk anak-anak seumuran gue, Foo Fighters itu selalu ada dimana-mana, di kampung dan di kota (abaikan, jayus). Kayak di MTV dulu selalu diputerin, mulai dari “Learn to Fly”, “All My Life”, sampe yang paling sering, “Best of You”. Tapi gue mulai bener-bener tertarik banget pas lagu “The Pretender” keluar tahun 2007, dan itu asli video plus lagunya keren banget nget ngeeet. Yah dari situ lah kecintaanqu terhadap Foo Fighters mulai bersemi.

Cerita sedikit, dulu pas tahun 2012, FF sempet mau dateng ke Singapura dan itu gue lagi suka-sukanya secara album “Wasting Light“ baru keluar. Dulu juga Prambors ngadain kuis gratis nonton plus akomodasi, gue yang waktu itu masih bau kencur, masih kuliah dan belum berpenghasilan melihat ini sebagai suatu kesempatan emas. Jadilah gue minta izin ke emak dan nggak dibolehin, terlebih lagi gue nggak dapet kuis yang dari Prambors itu. Akhirnya gue nangis sejadi-jadinya, bagaikan orang kelimpungan harta warisannya diembat orang, pokoknya bener-bener kayak kesurupan deh. Tapi pas tau kalo konsernya dibatalin gara-gara kesehatannya Dave Grohl bermasalah, gile gue senangnya bukan main, tapi yaa sedih juga buat orang-orang yang udah beli tiket dan akomodasi ke SG. Tapi hei semua ada hikmahnya, terutama buat orang-orang kayak gue waktu itu.

Gue juga ngerasa nonton FF ini tuh dimudahin banget, kayak misalnya pas bulan April sampe Mei kan ada pameran buku Big Bad Wolf, entah kenapa gue males banget ke sana, padahal deket banget dari kantor. Nggak berapa lama kemudian ada pengumuman kalo FF bakal konser di SG, wah… gila lega banget jadi duit sama sekali nggak kepake.

Oiya soal izin ke ortu (maklum perempuan, belum nikah, dan masih tinggal sama orangtua), sampe Agustus pun gue masih nggak tau bakal jadi nonton apa nggak. Meskipun tiket dan semuanya udah beres tinggal berangkat, ada satu yang mengganjal yaitu restu dari emak bapak gue. Awalnya sebelum beli tiket dan lain-lain gue udah minta izin duluan ke nyokap, tapi doi langsung menghakimi dan bilang nggak boleh. Gue abis itu berpikir kenapa nggak boleh? Gue udah gede dan udah berpenghasilan sendiri, tapi nyokap tetep aja nggak ngebolehin. Katanya cuma buang-buang uang, tapi di dalem lubuk hati (ajiiee) gue berpikir, nonton FF ini emang mereka ada di Bucket List gue, band yang harus gue tonton selama hidup di dunia. Ini adalah waktu yang tepat soalnya Dave Grohl tuh udah tua, udah 48 tahun, keliatan pas bawaan lagu-lagu lama mereka yang tereak-tereak  doi udah nggak kuat, jadi kapan lagi? Trus gue sebodo amat, mau nonton sendiri kek yang penting berangkat, toh gue pake duit sendiri dan nggak minta sepeser pun dari ortu. Beruntunglah, ada orang-orang di Kaskus yang juga pada nonton sendirian.

Setelah diem-diem beli tiket konser, pesawat, plus hostel, gue minta izin pas ulang tahun tanggal 10 Agustus (mepet banget kan?). Walaupun awalnya gue dibentak dulu sama nyokap tapi gue hadapi dengan pernyataan yang rasional. Yaudah akhirnya nyokap pun mau nggak mau mengizinkan (ya Allah jangan ditiru ya). Gue lebih takut bokap sih sebenarnya, soalnya kalo nyokap walaupun lo dimarahin dan dibentak-bentak masih bisa negosiasi, tapi kalo bokap sekali bilang nggak ya nggak. Gue minta izin bokap pas doi masih dinas di Gorontalo lewat telepon, entah mengapa ini sangatlah gampang, bokap langsung bilang iya abis ditanya gue ke sana bareng siapa, terus gue bilang “rame-rame kok ber-30”. Legaaaa bangeeeeet rasanyaaaaa ruar biasaaaaaahhhhh.

Okeh setelah intermezzo yang kepanjangan, kembali ke hari kedua tanggal 26 Agustus yang adalah hari bersejarah untuk saya. Gue bangun sekitar jam setengah 9 sengaja biar nggak lelah-lelah amat. Pas lagi makan sarapan gue ketemu sama beberapa orang Indonesia yang mau nonton FF juga, cerita-cerita dan kita semua bilang gini “ini nggak ada heboh-hebohnya ya.” Terus si Adi yang nonton Coldplay waktu itu bilang “Beh parah banget dulu pas Coldplay, isinya orang Indonesia semua, kayak PIM”. Emang sih di kantor gue juga banyak banget yang nonton, ada yang di Thailand sama Singapura juga. Trus kata Randi konser FF itu segmented, hanya orang-orang tertentu atau yang udah lama jadi fans yang nonton. Bener juga sih.

Abis sarapan dan mandi, gue, John, dan Randi setuju untuk jalan-jalan sebentar sebelum ke venue. Si John katanya kebetulan pengen es krim Uncle yang terkenal di Orchard, yaudah kita semua ke situ deh. Abis makan es krim dan foto-foto di gedung iSetan, kita semua cus ke Kallang, lokasi di mana Singapore National Stadium berada sekalian cari makan siang. Kita akhirnya makan di restoran Imam kalo nggak salah namanya, makanan India gitu, porsinya banyak banget kayak makanan Padang. Setelah kenyang, akhirnya bareng anak-anak yang nginep di Coziee Lodge, jalan kaki ke stadion. Lumayan juga, panas banget jam 1 siang hari bolong jalan kaki, beh mateng rasanya.

Pas nyampe stadion sekitar jam 1 siang, ternyata belom terlalu rame. Akhirnya kita semua nunggu merch booth buka sekalian nungguin beberapa temen yang mau nuker tiket print-at-home (tiket konser yang di print sendiri) sama tiket fisik. Di merch booth gue langsung ngincer baju yang ada tulisan di belakangnya secara gue nggak pernah punya baju yang model begitu. Sayang bajunya tipis banget, sablonnya juga nggak terlalu bagus, nggak setara sama harganya huhuu tapi yasudah deh. Baju ini nggak bakal gue jadiin pel kalo udah jelek pokoknya.

Abis beli merch dan foto-foto, kita semua mulai ngantri. Ini nih bagian paling nggak enak kalo nonton konser, nunggunya. Nggak enak tapi enak sih (apa deh), karena rasa deg-degannya itu loh, berkali-kali gue mikir “beneran nih gue nonton Foo Fighters? Gue bisa liat Dave Grohl dengan mata kepala gue sendiri.” Gue kira tuh nunggu di stadion bakal kayak panas terik, gerah, merana, tapi ternyata nggak, tempat nunggunya adem hehe. Kemarin anginnya kenceng, jadinya gue lumayan masup angin. 

Di venue kebanyakan yang nonton orang Indonesia juga, ada lah sekitaran 60 persen lebih, yang orang Singapura nya sendiri malah dikit. Di mana-mana orang Indonesia pada saling nyapa “woy bro nonton juga lo?” “dari jam berapa lo?”, berasa nonton di Senayan jadinya.

Gate mulai dibuka tuh jam 6.30 pm. Nah kalo detik-detik ini gue paling suka, karena adrenalin kita terpacu buat dapet front row aka barisan paling depan. Setelah tiket di-scan dan dipasangin wristband langsung deh lari-lari kayak kesetanan, Mas Bari yang barengan dari grup WA nungguin gue dan bilang ”kuat lari nggak?” gue ngangguk sambil lari luntang-lantung “kuat kok kuat”. Larinya cukup jauh juga soalnya gue nurunin tangga karena gue di bagian Cat A yang berdiri. Ketika nyampe gue, Andri, Faisal, Toni, dan Mas Bari dapet di tengah dan sempet foto-foto dulu. Di sini kesabaran kita diuji lagi haha karena acara baru mulai jam 8.

wristband, tiket, dan baju tercinta

Gue dengan pede-nya bilang kalo crowd-nya nggak bakal gila-gila banget, dibandingin konser artis -artis Korea yang parah luar biasa (berdasarkan cerita-cerita temen gue). Ternyata gue salah besar sodara-sodara.

Sekitar jam 8 lewat lampu udah dimatiin, penonton udah mulai menggila dan teriak-teriak. Gue cuma bisa ngomong “OH MY GOD” berkali-kali. Mulai kedengaran suara gitar dan keluar lah itu panutanquw dan idolaquw Dave Grohl! Dia teriak-teriak “21 years… it’s been 21 yeaaaaarsss!” Dan lagu “I’ll Stick Around” dari album pertama mereka langsung dimainin. Asli gue sama sekali nggak kebayang kalo crowd-nya bakal se-liar dan sekacau itu. Badan gue yang notabene terbilang kecil kelempar sana-sini, maklum penontonnya kebanyakan cowok semua dan gede-gede, termasuk si Stevi Item yang dorong-dorong gue (nggak sengaja lah ya pasti gara-gara kebawa arus juga). Mana gue kepisah sama temen-temen karena gue dirinya agak kedepanan. Gue nggak bisa liat dan mikir apa-apa kecuali fokus sama keselamatan gue sendiri, kalo gue hilang fokus mungkin gue udah jatoh dan keinjek-injek. Sepatu kanan gue hampir copot, kaitan beha gue lepas (no porno ye), dan napas udah susah. Tapi entah gimana caranya, gue berhasil megangin botol minum di tangan kiri dan hape di tangan kanan.

Di tengah-tengah lagu “All My Life”, Dave Grohl mungkin sadar banyak orang dan beberapa cewek yang kewalahan gara-gara keganasan pit, dan bilang gini “I wanna make sure that everybody is okay. Kalo kalian nggak kuat pengen  keluar, jangan takut buat bilang sama orang di sekitar lo. Kalo ada yang butuh bantuan atau jatuh, pick them up,” terus lanjutnya “because if you’re okay, I’m okay. ” Dan langsung disambut dengan teriakan orang-orang tanda setuju. 

Pokoknya gue bertahan di tengah-tengah itu cuma sampe 6 lagu, “I’ll Stick Around”, “All My Life”, “Learn to Fly”, “ The Pretender”, “Big Me”, dan lagu dari album baru mereka “Run”. Hiks sedih karena kebanyakan lagu favorit gue semua dan gue nggak bisa menikmatinya dengan maksimal. Padahal gue tuh ketemu sama Mas Bari dan nyuruh gue buat diri di depan dia, intinya ngelindungin lah, eh tapi ujungnya kepisah juga. Trus pas lagu “Big Me” kalo nggak salah, gue ketemu lagi sama Faisal, dan sama dia ngelindungin gue juga, tapi gue mulai mikir ini kalo gue di sini terus nggak keliatan apa-apa dan gue nggak bisa puas nyanyi karena udah keabisan napas duluan. Ditambah lagi kaki gue gemeteran plus dada udah mulai sesek. Gue udah ngeluarin banyak duit buat dateng ke sini (nggak mau rugi) dan udah nunggu lama buat momen ini. Akhirnya gue memutuskan buat keluar dari venue lewat pembatas depan panggung. Yang gue suka dari konser rock walaupun orang-orangnya brutal, tapi sangat-sangat peduli. Waktu di tengah-tengah lagu aja gue lagi fokus bertahan hidup ada mas-mas entah orang mana nepok temennya yang di depan buat geseran biar nggak ngegencet gue, trus nanya “are you okay?” gue yang  pada saat itu masih kuat jawab “yeah I’m okay.” Pas gue mau keluar aja semuanya pada teriak “LET HER THROUUUGH!” biar gue gampang keluarnya. Eh pas nyampe pembatas ternyata tinggi dan gue nggak kuat/nyampe buat manjat, akhirnya penonton beserta petugas keamanan pada rame-rame ngangkat gue dari belakang dan depan. Mantap.

Pas di tengah, entah lagu apa

Akhirnya gue jalan ke samping area Cat A/Standing A yang ada tempat duduk, ditanyain butuh apa, gue cuma minta minum, duduk nggak ada 5 menit, dan langsung cabut diri lagi. Bedanya gue nonton dari samping kanan deket layar gede. Nah di sini gue baru sadar bahwa 6 orang paling keren lagi perform terpampang nyata di depan gue. Mulai deh nyanyi-nyanyi kayak orang gila sendirian, samping kiri kanan gue nggak kenal. Mana itu di samping ada speaker di tambah ada bule budhe teriak-teriak di atas kepala gue, jadinya gue tuli sementara pas konser selesai. Lagi-lagi mantap!

Tampak samping, "My Hero"

Dari segi panggung konser FF terbilang sederhana banget, nggak ada embel apa-apa. Panggungnya aja terbilang kecil menurut gue untuk ukuran stadion, tapi sama sekali nggak mengurangi kekhusyukan acara. Mungkin emang itu yang mereka mau, panggung sederhana biar terasa lebih intim dan nggak bertele-tele.

Panggung simpel tapi spesial di hati

Dari semua video FF live yang gue tonton, semuanya komen kalo penampilan mereka itu selalu keren, bahkan yang udah nonton mereka berkali-kali aja tetep bilang gitu, nggak pernah mengecewakan. Itu juga salah satu alasan kenapa FF ada di bucket list gue. Dan terbukti emang nggak mengecewakan, Dave Grohl yang emang dari sananya bawel dan slengean, bisa ngebawa crowd dengan sangat baik. Dia becanda dan bilang kalo nggak bakal nunggu sampe 21 tahun buat balik lagi konser di Singapura (semoga aja ke Indonesia juga), karena ntar umurnya udah ketuaan, 68 tahun. Dave juga terbilang komunikatif dan interaktif sama penonton. Percayalah, nonton band atau penyanyi yang orangnya pendiem itu nggak enak, berasa kayak nonton lewat TV atau Youtube. Yah, tapi namanya juga manusia, beda-beda wataknya, nggak semua frontman/woman atau penyanyi itu nyaman ngomong di depan orang banyak.

Kenapa gue bela-belain nonton FF ke Singapura? Pertama, ya itu tadi dia pertama kalinya dateng lagi ke Asia Tenggara setelah 2 dekade lebih, kedua karena FF tuh dah pada tua, kalo kata Dave Grohl “Dad Band”. Kebukti pas nyanyi lagu-lagu lama mereka, dia udah nggak kuat teriak hahaha.

Bagian yang paling nggak bisa dilupain itu pas nyanyi “Best of You” sama “Everlong.” Gue jejingkrakan sendiri sambil ngangkat-ngangkat kedua tangan. Meskipun gue terbilang di pinggir, hampir semua orang di sekitar gue nyanyi plus heboh sendiri, yah paling nggak ngangguk-ngangguk deh. Ada bule pas “Everlong” kebawa suasana sampe muter-muter, membentangkan tangan, sambil menengadah ke atas ala joged India. Wuih puas bukan main.

Ada satu hal yang pengen ditegesin sama Dave Grohl, dia bilang Foo Fighters bukan band yang ngelakuin encore, “we’re not that kind of a band. Kita nggak ada tuh pura-pura selesai, ke belakang, terus nunggu di panggil. We’ll let you know when we’re finished.” Dan lagi-lagi itu kebukti, pas chorus "Everlong" terakhir Dave bilang “This is it”, bener aja pas lagu abis, mereka berenam langsung ke depan panggung dan memberi hormat ke penonton. Pas udah ngilang, nggak ada tuh penonton yang minta encore dan teriak “we want more!”

Secara keseluruhan gue sangatlah puas, keputusan gue untuk keluar dari tengah-tengah crowd itu benar adanya. Karena gue bisa nikmatin lagu dengan maksimal dan sadar. Temen gue ada yang kekeuh di tengah, ujungnya dia nggak kuat terus ambil minum dan baru balik lagi, abis itu dia bilang “kok udah selesai aja ya? Cepet banget”

Konsernya nggak bisa dibilang cepet atau lama, tapi pas, 2 jam durasinya. Entah emang kebijakan dari Singapore National Stadium atau pada capek, soalnya pas di Thailand mereka bawain 24 lagu, yang di-SG cuma 18. Lagu favorit gue “Wheels” nggak dibawain hiks, padahal tur ini mereka sering bawain.

Selesai konser gue dan teman-teman pada gempor dan memutuskan untuk duduk dulu sekalian ngumpul buat foto. Ada beberapa cerita menarik, temen gue yang udah di depan front row sampe pindah ke belakang dan duduk di tribun saking nggak kuatnya digencet orang. Yang satu lagi kebalikannya, dia duduk di tribun sampe loncat pager ke bagian Standing A gara-gara nggak kuat hasrat pengen gila-gilaan, dan diikuti oleh dua bule katanya. Hebatnya dia nggak ketangkep sama petugas keamanan, mungkin rejekinya. Gue bilang juga apa, ngapain nonton FF duduk kalo emang lo bisa berdiri? Tadinya gue juga berpikiran, apa gue nonton di tribun aja ya? Duduk? Secara waktu itu gue keabisan tiket yang festival/standing dan gue cewek sendirian. Tapi gue ngikutin kata hati dan memutuskan untuk tetep berusaha nonton di festival, berkat kegigihan dan doa semua itu terwujud.

Segitu aja dulu pengalaman gue yang sangat tak terlupakan ini. Dari digangguin bule, nyasar nyari hostel, berjuang hidup di tengah-tengah konser, sampe encok berhari-hari, semuanya worth-it. Gue berharap sih semoga Foo Fighters beneran dateng ke Indonesia, terbukti masih banyak peminatnya dan fans Indonesia sangat berhak serta dianjurkan untuk nonton mereka secara langsung. Gue pun merasa belom puas juga nonton mereka hahai, dasar emang manusia nggak ada abisnya…

Saran nonton konser berdasarkan pengalaman dan ke-soktau-an gue:
  • Kalo gampang masuk angin, mending bawa tolak angin atau obat sejenisnya.
  • Nggak usah bawa tas gede-gede atau nggak usah bawa sama sekali kalo nonton di Singapore National Stadium karena ada antrean khusus buat yang nggak bawa tas, tapi tetep diperiksa kantong dan barang-barang di dalemnya harus dikeluarin.
  • Iket tali sepatu, soalnya sepatu gue hampir copot kemarin gara-gara nggak kenceng makenya.
  • Beli merch mendingan pas di awal, selain ngantri nya nggak rame-rame amat, jenis merch-nya juga masih lengkap.
  • Kalo nonton konser rock mendingan pake ransel kecil dibanding selempang.
  • Kalo bisa pemanasan biar nggak encok, terutama yang jarang olahraga. Gue pegel-pegel sampe dua hari baru ilang.


Sumber Foto:

You Might Also Like

2 comments

  1. lagi googling merchandise foo figters tiba-tiba nemu blog ini, iseng2 baca sampe selesai kok ya gue nyesel gak nonton konsernya dan dave grohl juga udh tua. tulisannya bikin ngiri gitu ya mbak~

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha emang saya niat. Tadinya mau yang ke thailand malah, eh untung ke SG lebih deket. Mari kita sama-sama berdoa ada yang mau narik mereka ke Indo.

      Delete