Cerita Dibalik Anu

May 01, 2016


Karena ini musim ujan dan banjir gue jadi inget tentang kaset-kaset gue yang hancur terkena air. Tahun 2007 komplek gue mengalami kebanjiran paling parah dalam sejarah kebanjiran komplek, biasanya paling parah kalau rumah gue yah se-mata kaki atau sebetis. Tapi ini di dalem rumah sampe sepinggang, di luar mungkin se-dada atau perut. Wah parah banget pokoknya, gue sekeluarga sampe ngontrak seminggu gara-gara rumahnya harus dibersihin berkali-kali. Gue inget waktu bolos sekolah buat ikutan bersihin, teman-teman baiiiik banget pada dateng menjenguk (apa sengaja cabut pas pendalaman materi buat UN?). Kayaknya pas mereka dateng gue lagi makan kacang di depan rumah nenek gue, persis kuli lagi istirahat, entahlah gue juga lupa.

Pertama kali lagi gue balik ke rumah, gue langsung meluncur ke kamar ngecek barang-barang kesayangan. Omong-omong, ini agak menjijikan sih, malem sebelumnya di kontrakan gue sedih banget trus duduk-duduk di balkon kepala sambil nyender ke tembok dan pake nangis segala, gue merasa seperti Marshanda yang abis di-bully sama Bom-Bom.

Kembali ke kamar, keadaannya pas gue buka bener-bener bikin meringis. Bau amis, berlumpur, barang berhambur-hamburan dan meja rias gue yang tadinya ada di deket pintu jadi tumplek di kasur. Gue cuman menghela napas dan melanjutkan pencarian barang-barang yang masih bisa diselamatkan. Trus nggak sengaja gue liat ke jendela, di sana ada satu kaset yang aman sejahtera nggak basah sedikitpun. Ini dia kasetnya serta reka ulang (banjirnya warna coklat-coklat Milo) :



Sampe sekarang kaset My Chemical Romance (MCR) ini gue simpen dengan baik, tapi suaranya udah sember karena keseringan gue puter.


Sebenernya tadi cuman intermezzo aka pembukaan doang. Gue nggak mau membedah isi otak gue dan membuka memori tentang banjir tahun 2007 karena ntar terlalu menyedihkan dan membuat gue trauma. Padahal tahun-tahun setelahnya gue selalu kebanjiran juga setidaknya dua kali dalam setahun sampe yang terakhir tahun 2014 kemarin, cuman yang paling membahana ya pas tahun 2007 itu.

Kaset MCR gue tadi menyimpan suatu kenangan walaupun bisa dibilang kenangan yang nggak bagus, setidaknya tetap ada cerita dibaliknya. Nah sekarang gue mau ngasih tau kaset-kaset dan CD yang penuh dengan kenangan dalam hidup gue. Nggak semuanya penting, tapi entah kenapa gue selalu inget momen-momen bersama beberapa barang ini.


Simple Plan-No Pads, No Helmets...Just Balls




Kaset ini kalau nggak salah kaset band pertama yang gue beli dengan uang Bapak, maklum masih kelas 4 SD waktu itu. Chuck Comeau juga adalah crush anak band pertama menambah koleksi bersama F4 Tau Ming Tse dan Westlife Bryan Mcfadden. Hampir tiap malem untuk beberapa minggu gue dengerin kaset ini. Gue nggak tau yang lain begini apa nggak, tapi gue suka banget ngedeketin kuping ke speaker radio/pemutar kaset sembari tidur-tiduran dongo di kasur dan ini menjadi kebiasaan dalam jangka waktu yang lama. Mungkin ini yang ngebuat gue agak budeg sekarang.

Lagu kesukaan: Hampir semua tapi paling suka My Alien dan I'd Do Anything


Peterpan-Taman Langit 


Apa itu tangan Nazril Irham?

Gue dulu tergila-gila banget sama Peterpan, lebih tepatnya Ariel alias Nazril Irham pas kelas 6 SD menuju SMP kelas 1 (tapi pas SMP teralihkan oleh MCR). Gue sampe tau di mana dia lahir dan nama lengkap bapaknya. Kalau pergi kemana-mana pake mobil, album ini harus selalu diputer sampe bikin eneg keluarga gue. Majalah yang ada Arielnya pasti gue beli dan gue tempel di tembok kamar (bersama poster Raffi Ahmad di sebelahnya). Ada suatu masa gue jalan kaki pulang ke rumah dan gue berharap ketemu Peterpan yang nggak sengaja lewat (Pasar Ciputat) dan ngajak gue masuk ke mobil dan nonton konser mereka gratis. Begitu lah ceritanya. Sekian

Lagu kesukaan: Aku & Bintang, Sahabat, dan Topeng


Fall Out Boy-From Under the Cork Tree


*harga Rp 23.000*

Kalau nggak salah ini album keluar pas gue kelas 5 atau 6 SD. Pertama kali liat FOB waktu MTV masih ditayangin, di TRL tepatnya. Kakak gue dan gue dua-duanya tertarik dan pas kita lagi ke mall pengen beli kaset ini, tadinya pengen beli satu aja terus disuruh ganti-gantian sama bokap. Tapi nggak ada yang setuju akhirnya beli dua biji.

Lagu kesukaan: A Less Sixteen Candles, A Little More "Touch Me" dan Dance, Dance


Paramore-Brand New Eyes



Percaya atau nggak, ini adalah CD pertama yang gue punya, dibeliin tapinya (nggak modal) sebagai hadiah ulang tahun. Menurut gue pribadi album ini adalah awal Paramore lebih dikenal secara komersil. Pokoknya pas tahun-tahun terakhir sebagai anak SMA, gue selalu dengerin Brand New Eyes. Terutama pas perpisahan, ujan-ujan di dalem bus sambil ngeliatin temen-temen gue pada pacaran.

Lagu kesukaan: Careful, Looking Up, dan Brick by Boring Brick


Four Year Strong-Enemy of The World


Salah satu cover terkeren

Wah gue bangga banget sama album ini. Gue nggak ikut-ikutan bikin, tapi ini CD pertama yang gue beli dengan duit gue sendiri, impor lagi. Harganya Rp 275.000, jumlah yang bombastis bagi anak SMA, dibeli dengan uang lebaran dan tabungan. Terus ternyata seminggu kemudian gue liat yang versi lokal dengan harga RP 75.000. BUKANKAH DAKU INI SANGAT BERUNTUNG. Dengan berat hati gue mencari keikhlasan bahwa CD yang gue beli berharga dua kali bahkan tiga kali lipatnya. Trus ternyata kertas liriknya bisa dijadiin semacam poster, entah versi lokal kayak gini juga apa nggak. Wallahu a'lam gue udah ikhlas.


Lagu kesukaan: Find My Way Back, Paul Revere's Midnight Ride, It Must Really Suck to be Four Year Strong Right Now


Jack's Mannequin-Everything in Transit


MY PRECIOU$$$$$

Hu hu huuu gue terharu kalo ngomongin Jack's Mannequin. Udah lamaaa banget gue pengen beli Everything In Transit, setelah sekitar 10 tahun gue akhirnya bisa memiliki album ini. Gue pernah nemu album mereka sekali doang di toko CD impor yang dulu ada di Pondok Indah Mall, tapi yang The Glass Passenger, terus gue males juga belinya gara-gara duit udah keburu abis beli Enemy of The World. Semua lagu di sini gue suka, ada beberapa yang suka aja dan ada yang gue suka banget.

Lagu kesukaan: The Mixed Tape, Kill The Messenger, dan MFEO


Image source:
Udang di balik batu


You Might Also Like

0 comments