Saya (masih) Canggung

May 04, 2016


Hari Sabtu tepatnya tanggal 30 April 2016, #PlaylistGue di #RockWeekend 95.1 Kis FM Jakarta akhirnya diputerin. 

Flashback bentar, waktu gue lagi pulang naik APTB dari Pacific Place abis ada acara di At America, dan di dalam APTB lagi nyetel radio. Tapi kok lagu-lagu bergenre rock dan seputarnya semua? radio apa ini? Karena gue segen nanya ke kenek APTB yang dandanannya super rock n roll, gue putuskan untuk mencari tahu sendiri lewat radio di hape gue. Ketemulah di frekuensi 95.1 yang notabene adalah Kis Fm Jakarta, dan mereka punya program namanya Rock Weekend. (baca Program Radio FM Jakarta yang Khusus Menyetel Lagu-Lagu Rock & Alternative)

Rock Weekend ini adanya setiap hari Sabtu dan durasinya seharian, kenyang dah padaan. Nah, di program ini pendengar bisa ngirim playlist kesukaan yang berisi lima belas lagu trus mention ke twitternya Kis FM, kalau kepilih ntar bisa siaran bareng penyiarnya Kis FM. Ini playlist yang gue kirim

Iya, itu di belakang gambarnya Bang Mandra

Alhamdullilah gue kepilih ikutan siaran buat tanggal 30 April 2016. Kebetulan selama sebulan tema nya Kartini, jadi yang kepilih perempuan semua, termasuk eike cyiiiiin (kelingking sambil diangkat ke atas).

Sebenernya gue nggak tau sih boleh bilang gini apa nggak, tapi ya sudah lah yaw hahaha. Siarannya tuh taping alias direkam sebelumnya tapi nggak lama-lama banget kok..Gue ditelpon hari Senin trus hari Rabu taping, nah siarannya diputerin hari Sabtu pada minggu yang sama.  

Gue juga udah lama bikin playlist buat dikirim, dan tadinya mau ikutan bulan Februari kemarin. Tapi sayang tema nya Valentine dan harus berpasang-pasangan sesuai dengan perkataan Tuhan pas ngebuat manusia. Lah gue berpasangan sama siapa? Yang berpasangan di rumah cuma bapak-emak sama dua ayam peliharaan. Masa gue maksain ngetwit 

Akhirnya gue menunggu bulan selajutnya. Tapi selama bulan Maret-April, gue nggak jadi-jadi ngirim karena lupa dan dipenuhi dengan kekhawatiran.

"emang ntar kepilih?"
"kalau diajak siaran yakin nggak bakal malu-maluin?"
"ntar pasti bakalan canggung pas di sana, udah lah nggak usah ikut."

Itu lah kira-kira percakapan di kepala gue. Tapi dengan rasa penasaran dan keinginan yang kuat akhirnya gue ikutan juga. 

Pas hari H gue nggak ngerasa deg-degan sama sekali, lebih ke semangat malahan. Dengan ditemani Defi (makasih banyak ya Deeeef, ntar berpetualang kita lagi naik turun lift), meluncurlah kita ke Menara BCA naik kereta disambung metromini. Sampe sana sekitar jam setengah dua siang kita ketemu sama Mas Indra yang ngasih tau rundown dan segala macemnya. Jam dua langsung cus ke ruang siaran eh rekaman hehe bareng penyiar yang bertugas saat itu namanya Anggara Nugra. Monyooooong pas masuk gue super deg-degan kayak mau diapa-apain (disidang maksudnya), padahal mas penyiarnya udah friendly banget. Emang guenya aja yang berlebihan.

Pada dasarnya gue emang anak yang canggung dan introvert, gue yakin temen-temen gue pun mempunyai opini yang sama. Bukan ikut-ikutan tren atau sok iye, nggak enak punya pembawaan yang kayak gini, kalo bisa dilepeh dengan cara di gurah gue mau banget. Susah ngilanginnya, walau sedikit demi sedikit agak berkurang.

Dengan bangga pula gue menyatakan nggak bisa basa-basi atau sok asik, tapi karena ini mendesak yah mau nggak mau, kan nggak mungkin gue diem aja pas siaran. Saking gugupnya, pas gue lagi baca, Angga tiba-tiba ngomong, "wah, jangan sampe gemeteran gitu dong hahaha." Ternyata kertas yang gue pegang sampe geter saking gue gugupnya. Gimana kalo di masa depan gue mesti nyampein pidato, idiiiih nggak kebayang.

Gue juga nggak bilang ke banyak orang kalo gue ikut ini. Mungkin orang normal akan nyuruh manusia yang mereka kenal untuk dengerin, tapi gue nggak. Gue cuma ngasih tau nyokap, adik, dua temen gue Defi sama Mentari. Bukannya songong, tapi gue maluuuuu hahaha. Tadinya sih gue berpikir mau ngasih tau yang lain tapi untung nggak jadi dengan hasil kayak kemarin. Padahal waktu SMA gue juga diundang ke Trax FM (thanks Angel), pake nyanyi segala karena waktu itu disuruh unjuk bakat. Tapi karena waktu itu bareng-bareng temen yang lain jadinya gue nggak terlalu gugup.

Gue sendiri belom dengerin walaupun gue rekam siarannya, padahal gue di rumah loh dan nggak ngapa-ngapain. Gue nggak kuat sumpah denger suara gue sendiri, rasanya kayak bulu-bulu kemoceng dielus ke tengkuk leher berkali-kali. Mungkin suatu saat gue berani untuk mendengarkan.

Secara keseluruhan gue seneng kok ikut Playlist Gue di Rock Weekend Kis Fm. Cukup menebus rasa penasaran dan yang tidak disangka adalah menghadapi ketakutan gue ngomong sama orang asing yang ternyata masih ditahap perbaikan. Gue juga seneng karena pasti banyak orang-orang di luar sana yang terhibur dengan lagu-lagu yang gue pilih, walaupun yang respon di Twitter cuma tiga biji.

Gue nggak dibayar (siape juga gue) atau semacamnya sama Kis FM, gue cuma pingin membagikan cerita ini dan berterima kasih karena menurut gue ini adalah suatu program yang unik dan cukup langka dimana pendengar bisa kontribusi langsung sama radio tanpa embel-embel yang aneh-aneh. Semoga selalu lantjar djaya sampai kapan pun. 

Gue dan sang penyiar Angga. Kata adik gue, muka gue di sini kayak lagi nahan berak. Susah emang kalau punya muka semi-burger

Rundown acara (udah lecek kelipet)


Image source:





You Might Also Like

0 comments