Nemu Band Baru

February 09, 2016



Gue nggak nyangka bakal merasa semangat banget menelusuri band di umur segini dan di zaman yang lagi didominasi sama musik elektronik. Paling band atau lagu yang gue temuin nggak terlalu nempel dan cuma numpang liwat, contohnya lagu dari Cold War Kids-First dan Bleachers-Rollercoaster

Dan yang nggak disangka pula gue nemuinnya di MTV. YA MTV. Yang notabene sekarang nayangin acara-acara sableng yang nggak jelas dan tidak menambah khasanah pengetahuan musik. Kebetulan, gue pake TV kabel yang dulu ada MTV Asia nya, tapi sekarang udah nggak ada diganti sama MTV Live. Gue bersyukur banget soalnya saluran yang ini kebanyakan nayangin penampilan langsung dari musisi, mau yang solois atau band, mau penampilan tunggal atau pun festival, intinya semua seputaran musik.

Jadi ceritanya sebagai pengangguran, gue lagi nggak ada kerjaan dan iseng nonton TV dan ketemu lah satu acara di saluran itu judulnya ‘Ibiza Rocks: The Best Bits’. Perkenalan singkat, Ibiza (z dibaca ‘tsa’ kayak huruf hijaiyah ketiga bagi yang doyan ngaji) Rocks itu sebuah festival musik rock di Spanyol yang udah ada sejak tahun 2005.

Di situ lumayan banyak tuh artisnya, tapi jujur yang gue tau cuman sedikit, cuma tau The Libertines, Rudimental, sama Ed Sheeran. Abis itu gue liat penampilannya Catfish and the Bottlemen atau lebih singkatnya Catfish, mereka bawain lagu yang judulnya ‘Fallout’. Trus gue berkata dalam hati,  “mayan nih band, cari ah di Youtube.” Karena itu emang kebiasaan gue, kalo denger di radio (gue sering streaming radio di internet yang khusus muterin lagu jenis rock alternatif atau punk rock, kalau radio lokal seringnya dengerin Surya ama Molan hehehe) atau yah kalo beruntung di TV, pasti langsung gue telaah. Pas gue buka Youtube, yang paling pertama nongol judulnya ‘Cocoon’ alias kepompong, dan tak disangka-sangka gue langsung ahem.. sebenernya males pake kata-kata ini.. jatuh cinta. Karena memang tidak ada ya teman-teman ungkapan yang pas selain kata-kata tersebut.

Gue langsung nggak bisa berenti dengerin mereka hari itu juga. Gue sampe muter 'Cocoon' berulang-ulang hampir 20 kali di Youtube. Semakin gue denger dan liat penampilan mereka di panggung, semakin gue suka, dan itu jarang banget kejadian menurut gue pada saat sebuah band bisa perform lagu-lagu mereka dengan baik dan malah lebih bagus daripada yang ada di album. Catfish bisa melakukan semuanya, menurut gue loh ya.

Hmmm selama ini cuma ada satu band/musisi yang bener-bener gue suka banget dan nggak tergantikan, yak betul sekalih sodara-sodara: Jack’s Mannequin/Andrew Mcmahon. Cuman mereka yang bikin gue rela nabung dan ngeluarin duit sebegitu rupa buat beli karya fisik mereka (gue baru pesen album pertama mereka yang Everything in Transit yang harganya Rp 350.000 dan pas Dollar Amrik lagi naik-naiknya). Tapi sekarang, gue rela nabung lagi buat beli albumnya yang berjudul The Balcony, walaupun sampul depan gambarnya begini:


Tapi setelah gue denger lagu-lagu serta penampilan langsung mereka di festival-festival kayak Glastonbury, Reading, dan T in The Park, hampir semua lagu nggak ada yang jelek, suwer. Dan lagi-lagi pendapat serupa cuma bisa gue kasih ke Jack’s Mannequin’s In Transit... dan Peterpan yang Taman Langit. Jadi, kalau ada kesempatan dan uang mungkin gue akan berusaha beli.

Karena gue lebih suka sama band yang punya kepribadian, maksudnya, anggota band itu sendiri harus memiliki prinsip dan cara mereka sendiri dalam berkarya. Catfish ini digerakkan oleh Van McCann, si vokalis yang berasal dari Wales Utara. Gue udah liat beberapa wawancara dia, dan yang gue tangkep dia ini orangnya nggak muluk-muluk, dan nggak mau disangka band musiman karena dia bener-bener kerja keras dalam bikin karya, intinya semuanya tentang musik dan nggak ada yang lain, dan itu keliatan di penampilan Catfish kalau lagi manggung bahwa mereka tulus cuma pengen bermusik. Yah tapi nggak tau juga sih kedepannya gimana, secara ini band baru punya satu album walaupun udah terbentuk dari tahun 2007, semoga aja nggak berubah kayak Oasis misalnya.

Gue seneng aja ketemu band kayak gini yang kemungkinan bisa gue ikutin kedepannya dan menemani keseharian gue. Semoga di kemudian hari gue bisa nemuin band-band bagus lainnya.



Catfish and the Bottlemen-Fallout


Catfish and the Bottlemen-Cocoon Live at Like a Version


Catfish and the Bottlemen-Kathleen


You Might Also Like

5 comments

  1. aku jg suka banget sm catfish and the bottlemen! btw tau gak yg jual cd mereka di indo? Aku udah nyari2 gapernah nemu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa senang ketemu sesama fans! tapi kok anonymous hahaha. hmmm kalo yang jual emang nggak nemu, tapi sekarang banyak yang jual jasa order online impor. kemaren gue beli cd lewat http://fjb.kaskus.co.id/post/000000000000000270150603#post000000000000000270150603

      Delete
  2. iiii sama aku seneng banget bisa ketemu orang yg sm sm suka catfishhhh!!!!!

    ReplyDelete
  3. WAAA SUKA CATB JUGA!!! aku pertama denger catb dari lagu pacifier dan langsung kepincut sampe sekarang❤❤

    ReplyDelete