Akhirnya Menangkap Fenomena Gaib di Rumah!

May 17, 2020


Agak jijik judulnya click-bait banget macem berita Line Today 😞. Tapi memang begitu adanya.

Sebenernya ini blog musik ya tapi gue gatel cerita soal ini karena memvalidasi apa yang gue rasain sedari kecil dan kepikiran melulu. Karena apa-apa yang kepikiran mesti ditulis atau dilampiaskan melalui media lainnya, kalau nggak gue bisa vertigo. Ini ada kaitannya sih sama musik tapi cuma sedikit.

Gue nulis ini sekitar hampir semingguan setelah "sadar" akan sesuatu karena mengumpulkan keberanian hehe.

Jadi, semenjak kebanjiran di awal 2020 plus abis bokap gue dirawat di rumah sakit, akhirnya nyokap memutuskan untuk pindah kamar  ̶ bertukar kamar lebih tepatnya. Di rumah gue itu ada 3 kamar: depan, tengah dan belakang. Dulu kamar belakang ini nggak ada, cuma dibikin pas rumah gue direnovasi sekitar tahun 2000-2001. Dulunya kamar itu dapur dan ruang makan.

Setelah renovasi, kakak gue di kamar belakang, nyokap bokap sama adik gue di tengah, gue sama nenek gue (pas dulu masih ada) di kamar depan. Setelah kakak gue nikah, bokap nyokap pindah ke kamar belakang, adik gue di kamar tengah sendirian, dan gue tetep di kamar depan.

Nggak segede ini sih tapi kurang lebih begini denah rumahnya

Dari dulu  ̶ dari awal kamar belakang selesai dibuat ̶  gue nggak pernah suka sama kamar itu entah kenapa. Makanya gue bersyukur banget itu jadi kamar kakak gue. Tapi akhirnya hal yang gue hindari selama hampir 20 tahun ini terjadi juga.

Kamar belakang ini emang lembap karena sebelahan sama kamar mandi dan jendela kamar itu ngadep area outdoor tempat buat nyuci dan jemur baju. Mana dulu di belakang rumah gue itu cuma tanah kosong. Alhamdulillah-nya sekarang udah dibangun rumah jadinya nggak serem-serem amat.

Awalnya pas pindah kamar gue nggak ngerasa diganggu atau apa. Tapi emang kalau di kamar itu rasanya kayak ada yang ngawasin aja. Tapi gue nggak ngerasa ada hal yang mengancam, cuman dia ada di situ udah gitu doang.

Salah satu kejadian yang gue paling inget adalah dulu pas SMP. Jadi gini, waktu itu gue lagi nonton TV dan dari sofa ruang TV rumah gue, lorong kamar mandi sama pintu kamar belakang itu keliatan. Dan gue ngeliat ada yang jalan dari lorong kamar mandi ke kamar itu. Gue nggak liat sampe full, cuma dari paha sampe kaki. Kayaknya sih cewek soalnya dia pake dress atau baju kurung warna putih.

Kedua, dari gue kecil sampe sekarang gue sering banget denger ada yang manggil-manggil gue. Suaranya cewek dan selalu bisik-bisik gitu. Mungkin takut terdengar tetangga.

Naaah mari masuk ke intinya.

Selama masa “Di Rumah Aja”, ya kan gue bingung mau ngapain akhirnya gue melakukan banyak hal untuk mengusir kebosanan, salah satunya adalah cover lagu dengan kemampuan gue yang minim ini. Gue ngerekam video ini tanggal 22 April 2020, tapi gue ngeh ada sesuatu itu tanggal 7 Mei 2020, pas iseng nontonin lagi beberapa cover lagu yang gue simpen.

Coba dengarkan pakai headphones kalau ada. Kalo nggak headset juga bisa sih.


Sumpah gue kaget banget pas sadar ada suara. Mana gue dengerinnya pas jam 2 pagi lagi, untung adik gue sekarang jadi spesies nokturnal jadinya gue langsung mabur ke kamarnya.

Seminggu sebelum gue liat video ini, gue juga mengalami sesuatu. Jadi gue emang tidur nggak pernah sendiri, tapi gue sering pagi-pagi pindah ke kamar belakang soalnya nggak kuat dingin AC (maklum jompo). Nah jam 7-8 pagi pas gue di kamar belakang ada yang manggil gue “Deaaa…” lumayan kenceng tapi tetep bisik-bisik. Karena gue setengah sadar dan ngantuk banget baru tidur abis subuh, ya nggak gue gubris lah atau gue mikirnya cuma halusinasi belaka. Baru gue sadar setelah liat video itu kalo bisa saja itu ternyata bukan imajinasi semata.

Sebelnya lagi, semua itu terjadi bukan di malam hari. Gue ngerekam aja siang-siang dan rumah gue rame. Kalau pas pagi-siang aja dia begitu, bagaimana di malam hari?

Anehnya pas malem-malem gue malah nggak pernah ngalamin apa-apa. Ya nggak mau juga sih.

Terus pas siangnya setelah gue ngeliat video itu gue agak panik dan resah gitu entah kenapa karena adik gue nggak mau denger rekamannya walaupun gue udah cerita ke dia.

Alhasil gue WA temen gue yang emang bisa liat begituan dan pernah ke rumah gue. Ternyata dia liat Si Mbak itu dan pernah cerita ke gue tapi guenya lupa.

Berikut percakapannya:















Begitulah percakapan sama temen gue yang memang bisa melihat begituan. Kok begituan kesannya jorok 😅. Ya pokoknya yang gaib-gaib. Emang di depan kamar belakang itu ada lorong dan dulu sebenernya ada lampu tapi aliran listriknya putus udah lama banget pas gue SMP dan nggak dibenerin sampe sekarang.   

Baru-baru ini, pas bulan Januari, gue pernah telponan sama temen gue ini malem-malem dan posisi gue di kamar belakang. Dia bilang “De, lo lagi di mana sih kok ada suara cewek ngomong”. Padahal gue sendirian di kamar, adik gue di kamar tengah. Mampus lah awak. Abis dia bilang gitu itu gue langsung ngacir ke kamar depan.

Gue paham sih di setiap rumah itu pasti ada penunggunya. Gue aja yang menolak dan menyangkal selama ini. Karena sebenernya gue tau tapi kayak ya udah gitu, elo-elo gue-gue. Terserah mau ngapain aja asal jangan ganggu atau bersinggungan.

Sekarang, gue cuma beraktivitas di sana siang hari, paling banter abis Isya terus pindah ke kamar adik gue. Karena mengikuti saran temen gue agar itu kamar harus ada sentuhan manusianya. Walaupun sampe sekarang gue masih suka denger bisik-bisik yang manggil gue. Ceritanya sekarang agak berani karena setiap mulai ada yang manggil, gue dalem hati auto ngomong “bacot” 😆. Ya abis mau bagaimana lagi namanya juga rumah sendiri. Dan kalau dipikir-pikir selama ini di kamar itu nggak ada hal-hal yang terlalu signifikan juga (jangan sampe ada yang lebih aneh tolong).

Awalnya gue nggak mau ngasih tau bokap nyokap tapi kemarin gue akhirnya beli kasur lipet buat tidur di kamar adik gue. Terus nyokap nanya “Emang kamu nggak mau tidur di situ?” Entah mengapa akhirnya gue menceritakan semua dari kejadian dari pas gue kecil. Bokap nyokap gue bilang sih mereka nggak pernah digangguin, tapi nyokap gue bilang ke bokap “Tapi kan Papa pas di kamar itu sering kesurupan.” Terus kata bokap gue itu karena dulu sebelum ngebuang ‘pegangannya’ dia. Nggak tau deh ada hubungannya apa nggak. Yang jelas nyokap berpesan jangan bilang Mpok yang kerja di rumah biar dia nggak takut hehe.

Gue tadinya mau nanya kakak gue juga, secara dia belasan tahun di situ. Tapi nggak mau ah, takut makin kebayang nanti.   

Yang menyedihkan buat gue karena gue emang hobi banget nonton/dengerin/baca sesuatu yang horor dari gue SD. Yang gue suka itu kalau nggak komedi, ya horor. Bahkan novel Lupus favorit gue adalah yang ada setannya. Nggak tau kenapa ada sesuatu yang menenangkan saat bersinggungan dengan sesuatu yang horor (minus pengalaman nyata). Mungkin karena hobi kali ya. Ironisnya gue penakut dan nggak bisa tidur sendiri. 

Yang nyebelin adalah kenapa gue taunya pas melakukan salah satu hal yang gue sukai dan lagi cover lagu yang paling gue sukai juga. Kan kalo gue lagi denger itu lagu, ingetnya kejadian yang tidak mengenakkan ini. Sial. Plus, gue juga jadi nggak berani bikin-bikin cover lagi di kamar belakang. Oh, apa mungkin dia terganggu dengan suara gue yang merdu kali ya…

Ya udah segitu dulu. Mungkin bagi yang baca biasa aja, harusnya pun gue biasa aja. Tapi namanya juga manusia kan tetep aja takut kalau dianu-anuin sesuatu yang nggak keliatan meskipun itu di rumah sendiri. Gue cuma butuh waktu untuk membiasakan diri setelah tau apa yang ada di kamar gue sekarang, apalagi ini lagi pandemi begini dan nggak bisa kemana-mana. Semoga saja mulai sekarang dan di masa yang akan datang tidak terjadi sesuatu lagi. Amiiin.


Sumber Foto:

You Might Also Like

0 comments