Jogja Trip in November 2023

December 05, 2023


Sepertinya gue belum pernah menceritakan trip kalau gue ke Jogjakarta di blog ini (well, sebenernya yang bener tuh Yogyakarta, tapi kita sebut saja Jogja karena seumur hidup selalu ngomongnya ini).  

Back story sedikit, tadinya gue mau nonton Wildground Fest karena rumornya ada All Time Low. Cuma karena satu dan lain hal gue akhirnya nggak jadi dan malah nemenin nyokap yang mau ikut acara keluarga di Solo. Gue sendiri nggak ikut ke Solo (walaupun mau ke Lokananta sebenernya cuma nggak enak masa gue numpang ngikut terus kabur sendirian) dan berencana untuk seharian itu kelayapan aja di Jogja. 

Gue udah bikin itinerary ke 3 tempat: Sate Ratu (yang wajib gue datengin setiap ke Jogja), Artlinx Store (nemu toko gemes ini di TikTok), dan Malioboro. Semuanya berhasil gue datengin Alhamdulillah cuma ada aja ceritanya mah.

Gue berangkat menggunakan bus yang pool-nya itu deket dari rumah, sekitar 15 menitan. Sejujurnya gue nggak suka naik bus kalau pergi-pergi, padahal sebenernya naik bus itu jauh lebih nyaman sih, cuma nggak suka vibe-nya entah kenapa. Gue sendiri nggak pernah juga sih naik bus ke Jogja, lebih suka naik mobil atau kereta. Tapi karena berdua sama nyokap ya hayok aja, setelah mencoba ternyata tetep nggak suka wkwkwk. Perjalanan lancar jaya, berangkat jam 4 sore nyampe Jogja sekitar jam 3 pagi esok harinya. Nyokap gue tanpa ba bi bu langsung bebersih karena jam 6 pagi harus berangkat lagi ke Solo naik bus, gils gue aja ngap tidur dulu sampe jam 10 pagi baru abis itu berangkat kelayapan.

Gue memutuskan untuk pergi ke Sate Ratu dulu. FYI, rumah Budhe gue ini letaknya cukup strategis dari tempat-tempat yang seru atau kuliner enak di Jogja (bahkan dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan, di deket rumah udah banyak banget coffee shop baru wew). Jadi dari rumah ke Sate Ratu yang terletak di Jl. Sidomukti, Tiyosan, Condongcatur cuma memakan waktu sekitar 15 menit. Sate Ratu ini sebenernya rekomendasi temen gue pas tahun 2019 kalau nggak salah, dan ever since then setiap ke Jogja gue selalu mampir ke sini. Cuma bodohnya, gue lupa kalau gue datang di hari Sabtu siang. Pas sampe mbaknya bilang "Tapi antrinya masih sekitar 25 orang lagi mba" 😭 Gimana yak gue udah kadung dateng kesini terus mana kebayang lagi satenya plus laper pula. Ya udah gue iyain aja. Untungnya ternyata antriannya nggak selama yang gue kira lah mungkin sekitaran 45 menit. Ketika nama gue dipanggil, dari sekian banyak orang, mungkin nyampe kali 100an, gue doang kayaknya yang makan sendiri 😂😁 sampe ditanya pelayannya "Sendirian aja mba?" cuma nanyanya genuine nanya bukan yang ngenye gitu, mungkin dia make sure gue nunggu orang apa nggak. 

Bagi yang nggak tahu, Sate Ratu menyajikan sate ayam aja. Yang bikin beda menurut gue itu bumbunya. Gue tuh paling anti makan kulit ayam kalau di sate, tapi kok ini enak ya, nggak pernah gue ngerasain sate kulit kayak gini. Teksturnya jadi nggak terlalu kenyel dan lebih gampang dikunyah. Oiya waktu nunggu makanan dibilang sekitar 30 menit karena emang satenya tuh gede-gede jadi bakarnya lumayan lama ceunah. Tapi gue nggak merasa selama itu sih, padahal laper. Apa karena gue sambil main game ya? Pokoknya total makan gue itu Rp70.000, udah termasuk nasi putih, sate merah, dan sate lilit basah (this is my favorite). Lumayan pricey sebenernya, tapi worth it kok. Masalahnya mereka nggak jual frozen atau semacamnya. Temen gue aja sampe ada yang nanya "Lo ga buka PO De?" Bingung juga sebenernya karena takut basi jadinya emang nggak bisa, lo harus ke Jogja. Tapi mereka ada di GrabFood kok bagi yang lagi di Jogja tapi mager ke tempatnya. Saran gue sih jangan pas weekend deh kalau kesini wkwk dan mereka juga nggak terima reservasi.

Onto the next destination, salah satu tempat yang gue amat sangat excited untuk datengin yaitu Artlinx Store. Nah ini tuh lumayan deket dari Sate Ratu, masih di Condongcatur juga. Jadi gue memutuskan untuk jalan kaki aja karena kalau naik motor tuh cuma 3 menit, agak rugi yes mau order ojol. Walaupun ternyata pas jalan kaki lumayan jauh, sekitar 1.5 kilometer / 18 menit. Tetapi untungnya saya memang sudah prepare badan dengan olahraga setiap hari seminggu sebelumnya biar kuat. Mana cuaca lumayan terik sekitar 32 derajat 🥵 cuma gue bawa enjoy aja karena area Condongcatur ini kayak yang asri gitu, walau at one point gue hampir kena heat stroke juga sih. Tapi gue atasi dengan minum dan ngeliat sawah. Artlinx Store ini toko yang menjual pernak pernik kayak sticker, gantungan kunci, pop socket, tas, notebook, journaling kit, kartu ucapan, art print, dan lain sebagainya. Dan yang paling penting harganya super affordable! Sticker cuma belasan ribu, mungkin paling mahal Rp20.000, pop socket sama ganci start from Rp20.000, bookmarks start from Rp6.000, notebooks start from Rp12.000, dan lain-lain. Barang yang paling mahal di sana palingan tas laptop (yang ujung-ujungnya dibeli nyokap) seharga Rp185.000 sama tas gitu sekitar 200 ribu. 

Tokonya berada di pinggir jalan jadi nggak sulit untuk ditemukan, ada parkiran motor. Tapi untuk mobil harus ke salon di sebelahnya. Pas sampe sekitar jam setengah 3 sore, keadaan nggak terlalu rame untungnya tapi lumayan juga ada beberapa orang. Ruangannya nggak terlalu besar tapi somehow nyaman untuk kesana kemari, mungkin karena nggak terlalu rame juga kali ya (feeling gue mereka in the near future harus pindah tempat ke yang lebih besar 😏). Pengunjung harus buka alas kaki mungkin dengan alasan supaya area toko bersih karena ada beberapa barang di bawah-bawah jadinya harus jongkok kalau nyari. 

Pas masuk rasanya kayak Ya Allah I belong here 🥺  karena gue emang suka sama perintilan gemes dari dulu. Terus gue ngerasa kayaknya sayang gitu kalau nggak ngebeliin temen-temen gue, akhirnya gue tanya beberapa temen dan mereka mau nitip beberapa item. Temen gue juga pas ngeliat story IG nanya gue lagi dimana yang akhirnya heboh sendiri pengen borong (dan emang borong dia wkwkwk). Dari sini gue kepikiran untuk yaudah buka jastip aja deh wkwkw. Gue ngerasa sebenernya toko kayak gini banyak ya yang serupa, tapi Artlinx Store ini cukup murah. Kayaknya kalau buka di Jakarta nggak bakal semurah ini wkwkw. Walaupun affordable, barang-barangnya kualitasnya oke kok. Tapi ada sih beberapa item yang cetakannya atau hasil printnya blur, cuma mostly semuanya oke! Gue mungkin menghabiskan waktu di sana sejam lebih, satu setengah jam mungkin karena cari titipan temen-temen gue juga.  Gue mondar mandir kek setrikaan, orang yang mantau CCTV pusing kali liat gue wkwk. Tapi, crew di sini semuanya ramah-ramah dan cukup sigap dalam mencari barang yang kita mau. Karena orang-orang yang nitip di gue, gue suruh buka IG-nya mereka (termasuk adik gue juga). Tinggal tunjukkin aja fotonya atau kartun/film/anime/karakter yang kita mau, nanti mereka coba untuk cariin. Tapi minusnya, ruangannya cuma dikasih kipas doang, although di ruangan yang jual notebook/postcard ada AC-nya sih. Total gue di sana 4 hari, gue ke tempat ini sampai 3 kali karena temen gue masih mau nitip beberapa barang, nggak tau deh yg jaga hapal apa nggak heheh. 

Dari Artlinx gue memutuskan untuk pergi ke Malioboro aja yang merupakan keputusan buruk mengingat ini hari Sabtu. Tapi daripada gue bingung mau kemana mending kesana, toh gue udah searching dan mau ke Pasaraya Malioboro sama Malio Gelato. Ada kejadian bodoh waktu gue pesen ojol, gue ternyata salah masukin maps dan pas turun itu tempat sepi banget. Mas ojolnya sampe nanya 

"Mba ini bener alamatnya"

"Kayaknya salah deh mas hehe" 

"(Ketawa) oh yaudah saya anter aja, mau kemana?" 

"Ke Malioboro Mall aja mas heheh"

Karena gue cukup familiar dengan Malioboro, gue putuskan untuk ke Plaza Malioboro buat solat Ashar dulu, nanti abis itu baru deh jalan-jalan. Ternyata Malio Gelato itu tempatnya persis di seberang Plaza Malioboro, cuma jalan sedikit langsung sampe. Pas sampe Malio Gelato, gue tadinya mau coba-coba beberapa rasa cuma masnya kayak ogah-ogahan dan kurang ramah, ya mungkin melayani pembeli lain kali ya. Akhirnya gue putuskan untuk nyobain rasa praline sama spekulatius kalau nggak salah (lupa banget). Menurut gue rasanya masih enak kok, karena gue pernah nyobain gelato lainnya dan ada yang rasanya super ga enak huhuhuhuu. Tapi gimana ya, nggak yang spesial gitu. Gue tetep prefer Tempo Gelato 😁. Plusnya tempatnya cukup nyaman untuk ngadem dan luas. Abis dari sini gue memutuskan untuk sholat Maghrib dulu di Mesjid Malioboro DPRD. Pas dateng dan nunggu adzan, ada nenek-nenek yang duduk di sebelah gue dan ngomong pake Bahasa Jawa ke gue. Gue tuh sebenernya paham, cuma kalau pelafalannya kurang jelas dan terlalu cepet gue suka sekip. Nah si Mbah ini ngomongnya cepet, pelafalannya (maaf) kurang jelas, dan nada suaranya tinggi (bukan yang marah ya, tapi tinggi aja). Dia cuma nunjuk2 ke sajadah apa apaaa gitu gue ga paham, yaudah gue merapatkan shaf aja ke sebelah kiri, untungnya ada mbak-mbak di sebelah gue yang diajak ngomong sama si Mbah dan kayaknya dia emang orang Jogja/Jawa Tengah. Abis Maghrib gue caw buat ke Pasaraya Malioboro. Tapi gue juga nggak buru-buru sih jadinya sambil melihat sekitaran juga. Malioboro ini sekarang udah lumayan rapi karena semua pedagang yang nggak punya ruko dipindah ke area Teras Malioboro, dulu emang sebelum dirapiin cukup hectic dan puyeng, walaupun kalau hari Sabtu tetep rame sih cuma better lah. Dari Masjid ke Pasaraya ternyata cukup jauh, mungkin 500 meter lebih. Pasaraya Malioboro adalah toko yang jual pernak-pernik khas Jogja, dari gelang, topi, tas, batik, sampe snack. Tapi banyak juga batik. Untuk harga dia lumayan sih, tapi kualitasnya oke kok. Cuma kalau untuk gelang sama printilan masih banyak yang terbilang cukup murah. Gue ga sempet ngefotoin karena nggak enak aja nggak tau kenapa hehe. Sampe sekarang masih suka sungkan untuk ambil foto di tempat-tempat, walaupun mungkin boleh-boleh aja. Setelah melihat-lihat sebentar, karena pengunjung udah mulai ramai berdatangan ke Malioboro, secara itu jam 7 dan gue juga udah mulai capek, akhirnya gue memutuskan untuk balik saja. 

Di hari Minggu gue jalan-jalan bertiga sama nyokap dan kakak sepupu. Pagi-pagi kita ke makam keluarga gue dulu lalu habis itu pergi ke Pasar Beringharjo yang juga terletak dekat Malioboro. Gue kesana pengen nyari kebaya kutubaru, banyak sih di online shop sama Instagram, tapi kok pada overpriced yah dan gue nggak tau bahannya kayak gimana. Terus akhirnya setelah searching di TikTok, nemu toko yang jual baju second dan banyak kebaya juga. Nyokap gue juga nyari semacam rempah-rempah gitu di sini, adanya di lantai 1. Setelah puas beli, kita nyari toko yang gue maksud dan ternyata tidak mudah. Sepupu gue aja yang notabene orang sini harus nanya orang dulu dan liat videonya berkali-kali. Setelah muter agak lama akhirnya ketemu juga! Lumayan nyempil sih tapi ternyata lumayan rame, ada sekitar 4 atau 5 pembeli selain gue. Bajunya lucu-lucu dan warna-warni! Sayangnya sih kebaya kutubaru yang gue cari nggak terlalu banyak, kalau ada pun kecil-kecil. Tapi untungnya ada yang gue mau, tadinya harganya 30.000 tapi karena ada 1 kancing yang copot gue minta dikurangin dan boleh hehe jadinya Rp25.000. Nyokap gue nemu kain rok bawahan yang udah ada ritsletingnya, tadinya dia nyari buat dia cuma ternyata nggak cukup malah cukup di gue wkwkw. Harganya? Rp20.000 sajaaa. Dan terakhir gue nemu kebaya putih yang surprisingly pas banget di badan gue dan cocok dipake sama rok bawahan batik yang tadi. Wah kayak meant to be, harganya juga cuma Rp25.000 😭 Jadi gue beli baju 3 total cuma Rp80.000. Setelah muter-muter, nyokap ngajak buat makan es dawet legend yang sudah ada semenjak tahun 1960-an, semangkok cuma 7 ribu. 





Karena temen gue masih ada yang mau nitip, gue ke Artlinx Store lagi cuma kali ini dianterin sama sepupu dan bareng nyokap. Terus abis itu cabut makan siang ke Jejamuran. Sesuai dengan namanya,, restoran ini menyajikan menu all mushroom (but not that kind of mushroom). Ini juga tempat wajib yang gue datengin setiap kali ke Jogja. Makanannya enak-enaaak, bahkan minuman es cokelatnya juga enak. Bumbunya tuh berasa, kalau gue kesini biasanya gue pesen telur dadar jamur sama jamur geprek (ini pedes ya lumayan). Kalau favorit nyokap gue itu sate jamur. Saking enaknya, temen nyokap gue yang waktu itu diajak kesini sampe 3 kali dateng loh hahahah. Dan untungnya mereka ada kalengannya yang bisa dibeli untuk oleh-oleh, harga per kalengnya 20 ribuan. Udah deh setelah kekenyangan akhirnya kita semua pulang. 


Begitulah cerita gue di Jogja kali ini. Ini sebenernya bukan kali pertama gue kelayapan sendiri di sini, pernah tahun 2021 pas pandemi gue ke Jogja beberapa hari sendirian karena bosen banget di rumah. Satu hal yang gue suka di Jogja, selama ini gue pergi sendiri, entah kenapa selalu ngerasa aman. Nggak ada yang rese atau catcalling sepanjang gue jalan. Dan kalau dibilang orangnya ramah memang benar, si mas ojol yang tadi nganter gue ke Malioboro nggak mau gue bayar lebih, padahal gue udah maksa-maksa, tapi dia beneran nggak mau. Baik sekali huhu semoga rejekimu lancar terus ya mas ojol.



You Might Also Like

0 comments