Music Taste + Frequency = ?

February 06, 2022

The other day I stumbled upon a tweet on twitter which said:

"Ada yang suka The Vines ga? Atau Franz Ferdinand? Kings of Convenience deh yg lembutan… soalnya setiap gue jawab itu salah 3 band favorit gue, pada ga kenal 🙃 susah deh biar bisa se-frekuensi sama lawan jenis."

Gue pun membalas tweet tersebut: "Jangan lupa The Hives atau yang lembutan Sondre Lerche." because his tweet evoked a sense nostalgia. Dengan gue nge-twit gitu bermaksud mengajak orang-orang lain untuk bernostalgia sama band-band yang cukup terkenal di masa itu. Dan gue baca beberapa ada yang sama-sama keingetan juga sama masa lalu.  

Sesungguhnya pas sekali baca gue sama sekali tidak merasa tersinggung atau pun si orang ini terkesan pengen nyombong. Tapi pas baca balesan orang-orang, kok pada salty? 

"Buka aja number streamnya di spotify berapa saya yakin bukan kamu aja. Dan selera musik bukan jaminan dapet cewek, mungkin kamu sok unik dan spesial yang bikin cewek males."

"umur lu brp sih bang sampe selera musik aja mesti disama2in kalo mau berpasangan? lu mau orang yg interests dan hobinya 100% sama sama lu? ga akan ada. kalo mau diterima, hargain juga apa yg orang lain suka. respect dan acceptance jauh lebih penting drpd satu selera"

"No wonder 0 bitches 😂"

"Terus kalo selera musik antimainstream, ngerasa paling edgy? Musik itu kaya langit bro, di atas langit masih ada langit, alias apa yg km tahu itu masih sebagian kecil dr yg ada. Jangan ngerasa yg paling paling"

Terus gue kayak heh? Kok marah-marah? Mengapa begini. Sampe-sampe selebtwit sama musisi juga pada ikutan komen. Wadaw.

Gue bakal ngasih pendapat dari sisi gue dulu kali yaa. Sekilas dibaca si abang ini cuma nanya ada yang tau 3 band ini ngga? Then he proceeds by telling his own experience. Nggak ada yang namanya ngejatohin music taste orang lain. 

Tapi ternyata banyak orang yang entah mengapa sangat-sangat tersinggung dan nyerang orang ini. Karena gue bingung ya gue baca lagi berkali-kali. Ooo mungkin (menurut orang-orang, tapi mungkin loh ya) si abang tuh menyiratkan kalau selera musiknya lebih superior daripada lawan jenis (maksudnya cewek-cewek yang pernah dia tanya atau deketin kali yaaa). Yah kalau udah begini sih pecah jadinya. Sampe-sampe ada yang bahas tentang gender, double wadaw.

Karena gue udah kadung in too deep (padahal gabut aja sih), akhirnya gue baca tuh balesannya dia ke orang-orang. Si abang bilang pernah ngobrol sama cewek dan ternyata malah ceweknya yang bilang kalau dia beda frekuensi. Jadi ceweknya yang bilang ke dia, bukan sebaliknya. Tapi ada juga balesannya si abang yang menurut gue pribadi agak kureng dan malah jelas-jelas memperlihatkan bahwa dia memang "merasa superior." Terus dia tetep balesin reply-an masyarakat dan apapun yang dia tulis ujung-ujungnya tetep aja disudutin atau diejek, sampe ada yang akhirnya bilang gini:

"Lu sendirian kalo lawan orang rame gabakal menang bang. Gausah dipikirin lagi mending elu istirahat dari twitter dulu deh sampe pikiran lu dah tenang. Gua kasian sama elu bang. Semoga kesehatan mental lu tetep baik kondisinya 🙏🙏"

Abis itu si abang tidak nge-tweet atau balesin reply orang-orang lagi. Blessed that person for reminding him, karena mungkin bisa stres gara-gara ini doang. 

Lalu gue tidak sengaja nemu Twitter-nya Okky Madasari seorang penulis yang bahas tentang 'Mentalitas Kerumunan' atau Mob Mentality.

 Jadi kata Mbak Okky Madasari:

"Seorang individu yang memiliki mentalitas kerumunan akan langsung merasa eksis, akan langsung merasa percaya diri, akan langsung merasa punya keberanian, untuk melakukan segala sesuatu hanya karena dia merasa telah menjadi bagian dari kerumunan besar. Media sosial MEMUDAHKAN setiap orang untuk merasa menjadi bagian dari kerumunan besar. Hanya dengan berkomentar, hanya dengan ikut-ikutan berbicara tentang hal yang sebenarnya tidak betul-betul diketahui, hanya dengan ikut-ikutan mencaci seseorang yang dijadikan musuh bersama maka dia merasa menjadi bagian dari kerumunan besar"

Mungkin tadinya tweet-nya si abang ini harmless karena sekali lagi menurut gue nggak ada kata-kata yang merendahkan, tapi ada si 'orator' yang menyuarakan rasa tersinggungnnya, dan diamini oleh orang-orang lain yang juga merasakan hal yang sama. Bahkan yang sebelumnya nggak merasa tersinggung jadi ikut-ikutan, sesimpel karena seru aja ada 'common enemy' atau emang pada dasarnya demen keributan bak emak-emak yang ngerubutin keranjang diskon di Ramayana. Mungkin mentalitas kerumunan ini membuat orang-orang merasa "I am a better person than you", meskipun hanya sesaat. 

Jujur, gue pun dulu sering merasa begitu. Ngeliat ada tweet orang yang rame terus dihujat terus ikut-ikutan sebel tanpa tau duduk perkaranya apa. Gampang kesulut lah.

Nah makanya ini salah satu alasan kenapa gue nggak segetol dulu main sosmed, terutama Twitter. Lama-lama kalau ada yang heboh, gue jadi kebawa arus, kayak nggak punya pendirian, kebawa sama opini mayoritas. Meanwhile I believe that there are two sides to every story (play All Your Heart by Transit), meskipun salah satu pihak yang jelas salah, pasti ada sebab-akibat. Nah sebab-akibatnya ini lah yang mesti ditelaah. Mengapa begini mengapa begitu. Tapi yaa banyak juga yang males melakukan itu. Kalau diem-diem aja sih nggak masalah, yang bahaya kalau dia asal komen.

Tapi di case perdebatan selera musik ini memang si abang seharusnya paham bahwa dari awal dia itu reply tweet orang yang mana bisa dibaca oleh masyarakat luas (karena Twitter-nya nggak di-private). Dan seharusnya aware kalo kemungkinan seperti ini bisa terjadi. Tapi gue iseng (baca: gabut) liat Twitter-nya dia, dan sepertinya memang dia suka sambat yah like many of us do, turning to Twitter as a release.   

Menurut gue sepertinya banyak orang-orang di Twitter ini memang seharusnya melakukan konseling wkwkwk. Tapi ya sekali lagi nggak semuanya (maaf) mampu, atau mampu pun nggak semuanya mau. Seperti yang dulu gue lakukan juga, suka overshare. Bahkan gue sempet bilang: Twitter for free therapy. Tapi lama-lama ya kok tidak pantas gitu yha. 

In case ada yang baca post ini dan wondering (sepertinya sih tidak ada): lo bilang udah nggak main Twitter tapi kok tau permasalahan ini? Gue deactivate main account  dan cuma pake second account yang buat jualan. Gue udah sebulan lebih nggak ngetweet di akun asli. 

Gue ngebahas masalah ini karena berhubungan dengan musik, kalau nggak mungkin gue juga nggak tertarik hehehe. 

Sosial media emang bener-bener sih, kalau tidak bijak dalam penggunaannya bisa fatal. Maksud gue bijak, tergantung masing-masing individu juga. Ada yang suka sharing karena memang sifatnya begitu, ada yang suka sambat, ada yang cuma buka sosmed buat nyari meme atau liat kocheng-kocheng kyut. Menurut gue sah-sah aja, SELAMA tidak menyinggung orang atau membuat orang lain sakit hati. Ini gue mau nyangkut ke agama dikit ya, sekarang kalau gue mau komen dimanapun, gue selalu inget (atau somehow diingetin) bahwa semua kegiatan gue nantinya bakal dihisab, bakal dipertanggungjawabkan. Dan gue yakin semua agama juga mengajarkan begitu. Bakal ada balesannya sooner or later. Makanya pun kalau mau berargumen mbok ya disampaikan dengan baik dan sopan. Atau lebih baik nggak usah sama sekali. Kan nggak lucu misalkan gue udah mau masuk surga (Amiiin) terus nggak jadi gara-gara gue komen pake emoji tai terus orangnya tersinggung. Gue sering sih pake emoji tai wkwk tapi kalo konteksnya emang becanda aja dan sama orang-orang yang gue udah kenal dan Insya Allah nggak bakal marah.

Tadinya gue mau ngomongin musik malah jadi ngomongin ginian haaa tapi memang human behaviour itu menarik, unik, dan ciamik untuk dibahas.

Ya sudah begitu saja, mungkin nanti gue akan mengupas tweet ini dari sisi musik. Itu juga kalau nggak males heheh.  



Sumber Foto:

Arctic Monkeys (RCTI Oke)

 

You Might Also Like

0 comments