Musik Bagus Tuh Apa

January 22, 2017



Kalau buat gue sendiri nggak ada musik yang sempurna dan bagus banget karena kesempurnaan hanya milik Tuhan semata (terima kasih Bunda Dorce atas kalimat yang sangat ikonik dan betul adanya ini).

Yang ada itu musik yang niat, apa tujuan para musisi bikin karya? Apa cuma sekedar tren? Apa gara-gara melampiaskan kesal terhadap lelaki yang selingkuh? Apa nilai-nilai yang mereka pegang teguh dalam bermusik dan berkarya?

Bahkan artis-artis pop pun pasti punya nilai tersendiri meskipun banyak antek-antek di belakang mereka. Contoh aja deh Mariah Carey (soalnya gue abis nonton acaranya doi di E! Channel), orang-orang mengganggap dia diva, banyak maunya, dan kehidupannya serba glamor. Tapi dibalik itu semua, perjuangan dia sampai kesini nggak gampang... Dan terlebih, baru-baru ini Bu Mariah sempet jadi bulan-bulanan karena performance-nya dia nggak sempurna dan banyak yang eror pas malam tahun baru di New York sana, dan dia mengklaim itu semua dengan berani lewat Twitter (walupun ternyata pihak Mariah nuduh tim produksi menyabotase penampilan demi rating). Gue secara personal emang kocak kalo liat Mariah Carey, songong banget, tapi berkarakter, punya visi terhadap musiknya dia sendiri, dan pastinya bertalenta (mati aja lu kalo songong tapi nggak punya bakat).

Dulu kadang suka minder kalau liat orang yang selera musiknya luar biasa, macem dengerin Radiohead, Oasis, Pulp, Sigur Ros, dsb. Kok gue nggak suka dengerin mereka ya? Apa selera musik gue jelek? Ujungnya dengerin mereka cuma gara-gara rasa minder gue sendiri, rasanya nggak enak dan pretensius. Sampe sekarang pun gue nggak suka-suka amat sama Radiohead, kalo Oasis lumayan udah masuk di kuping karena sesuai pertambahan usia. Berarti kan kalau nggak suka ya udah, nggak perlu dipaksa cuma gara-gara takut dibilang cupu.

Sekarang juga banyak yang sedih soalnya musik rock dan konco-koncone dibilang nggak berkualitas dan berjaya kayak dulu lagi, diganti sama lagu-lagu elektronik. Gue mah santai aja, masih banyak kok lagu rock/punk/alternatif yang bagus-bagus, tapi emang harus ngobel-ngobel sampe ke dalem dulu, baru ketemu. Ini adalah sebuah siklus, ntar lama-lama lagu begituan sering nongol lagi di tv dan radio.

Sebenernya juga gue nggak tau-tau amat soal dunia industri dan bisnis musik. tapi setidaknya dengan menonton/membaca wawancara mereka, pelan-pelan akan ketahuan apa yang bikin mereka semangat bermusik, serta visi, dan misi kedepannya *kayak kandidat ketua OSIS*. Karena itulah daya tarik dari sebuah karya musik, nggak cuma serta-merta ngeluarin album gara-gara harus atau nyari duit belaka. Duit emang penting, tapi untuk nyari duit banyak pasti musisi harus ngikutin tren, sedangkan tren selalu berubah-ubah, di sini lah pentingnya idealisme mereka. Ngikutin tren boleh asal jangan menghilangkan jati diri.

Gue pun juga dulu sering banget ngehakimin orang berdasarkan musik yang mereka dengerin dan gue kotak-kotakkan di dalam arsip otak. "Oh si inu alay dengerinnya inuan", "si ina otaknya cetek dengerinnya lagu mainstream dan Top 40", atau yang paling parah "si anu nih keren soalnya selera musiknya sama kayak gue". Untungnya itu pas terjadi pas masih SMA dan udah nggak lagi sekarang. Gue sudah berhenti mendefinisikan kepribadian atau latar belakang orang hanya karena musik yang mereka dengerin. Gue hanya akan melihat itu sebagai idealisme masing-masing individu, terutama pas ketemu sama orang-orang baru. Kalau mainstream yasudah.. kalo sama kayak gue ya Alhamdulillah.

Jadi kalau misalnya hanya berasumsi musik dangdut itu norak, musik keroncong itu kampungan, musik metal pemuja setan, dan yang lain sebagainya; berarti selamat pikiran anda sempit, semoga kuburannya nggak ya. Liat aja tuh festival musik metal, pas azan mereka langsung berhenti dan segera ambil wudhu buat menegakkan tiang agama.

Ada orang yang dengerin musik cuma sekedar nemenin pas lagi nyetir mobil, melepas stres, buat hepi-hepi ,atau kayak gue emang pada dasarnya suka dan udah menjadi bagian dari hidup yang nggak bisa dilepas gitu aja. Sekali lagi, semuanya kembali ke diri masing-masing. Kalau misalnya sopir truk seneng dengerin dangdut pantura, siapa eloh berani-berani ngehakimin mereka? Emang eloh tuhan haaah?? *berkacak pinggang* Siapa tau mereka stres dan butuh melepaskan puyeng karena asep knalpot serta panas yang bikin ketek meradang.

Ini gue juga nggak tau sebenernya nulis apaan, cuma pengen nulis unek-unek yang udah lama dipendem. Intinya, musik yang baik dan bagus itu yang NIAT dibarengi proses dan idealisme para musisi, bukan genrenya yah. Camkan itu.

Sumber Foto

You Might Also Like

0 comments